ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Restore Tab Google Chrome Supaya Sesi Dipulihkan!

Cara Pasang Ekstensi IDM di Chrome - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Saat menelusuri informasi dengan peramban Google Chrome, kita kadang-kadang bisa tanpa sengaja menutup tab penting yang masih dibutuhkan dalam mengerjakan sejumlah rutinitas.

Pencarian ulang tab tersebut padahal bisa memakan waktu yang lama apabila sebelumnya kita sudah sempat mengunjungi banyak situs. Bahkan terkadang, kita tidak bisa menemukannya sama sekali.

Seperti aplikasi peramban yang lain, Chrome untungnya dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan kita mengembalikan tab yang tertutup. Dukungan ini tersedia baik untuk aplikasi versi seluler maupun desktop.

Cara Restore Tab Google Chrome di HP

  • Di halaman utama Chrome, ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
    Cara Restore Tab Google Chrome 1
  • Pilih menu Recent tabs.
    Cara Restore Tab Google Chrome 2
  • Cari tab yang dimaksud.
  • Ketuk menu Show full history jika tab yang diinginkan belum muncul.
    Cara Restore Tab Google Chrome 3
  • Ketuk tab tersebut jika sudah ketemu.
    Cara Restore Tab Google Chrome 4

Secara khusus, kita dapat memulihkan tab dengan memakai menu Recent tabs jika menggunakan Chrome versi seluler. Menu ini bisa menjadi solusi cepat terutama untuk membuka halaman-halaman yang baru saja tertutup.

Selain menggunakan menu Recent tabs, kita juga dapat memanfaatkan fitur histori dari peramban Chrome. Kita dapat membukanya dengan mengetuk opsi Show full history seperti ulasan di atas atau secara terpisah mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Menggunakan Histori Google Chrome

  • Jalankan aplikasi Chrome.
  • Ketuk More options.
  • Pilih menu History.
    Cara Restore Tab Google Chrome 5
  • Cari lalu ketuk halaman yang ingin dipulihkan.
    Cara Restore Tab Google Chrome 6

Fungsi histori di peramban Chrome umumnya akan menampilkan seluruh tab yang pernah dikunjungi, kecuali halaman-halaman yang dijelajahi dengan menggunakan mode incognito atau samaran.

Cara Restore Tab Google Chrome di Komputer

  • Buka Chrome di laptop atau komputer.
  • Klik kanan pada area kosong yang terletak di sebelah menu New tab (ikon plus) di menu bar atas.
  • Pilih opsi Reopen closed tab atau Reopen closed window sesuai apa yang tersedia.
    Cara Restore Tab Google Chrome 7

Berbeda dari versi seluler, kita tidak akan menjumpai fitur Recent tabs di Chrome versi desktop. Pemulihan tab pun secara khusus dapat dilakukan dengan menggunakan menu Reopen closed tab atau Reopen closed window sebagai gantinya.

Menu Reopen closed tab atau Reopen closed window dapat diakses dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Namun jika ingin lebih praktis, kita dapat memanfaatkan pintasan tombol keyboard.

Untuk membuka menu tersebut dengan pintasan tombol keyboard, kita hanya perlu menekan Ctrl + Shift + T untuk komputer berbasis Windows atau Command + Shift + T untuk MacOS.

Sayangnya, fungsi Reopen closed tab atau Reopen closed window hanya berfungsi untuk membuka halaman yang terakhir tertutup. Kita yang ingin memulihkan tab lebih lama perlu menggunakan fungsi histori seperti pada versi seluler.

Menggunakan Histori Google Chrome

  • Ketuk More options di peramban Chrome.
    Cara Restore Tab Google Chrome 8
  • Pilih menu History.
    Cara Restore Tab Google Chrome 9
  • Cari tab yang ingin dipulihkan.
  • Apabila belum muncul, pilih menu History.
    Cara Restore Tab Google Chrome 10
  • Pulihkan tab dengan mengetuknya.

Hampir sama dengan versi seluler, fungsi histori Chrome versi desktop juga dapat ditemukan pada menu More Options. Dukungan yang ditawarkan hanya saja jauh lebih lengkap dan mutakhir.

Pada Chrome versi desktop, fungsi histori misalnya dapat digunakan untuk memulihkan beberapa tab sekaligus. Kita dalam hal ini hanya perlu menekan tombol CTRL di keyboard sembari memilih beberapa tab yang diinginkan.

Kita selain itu juga dapat membuka menu histori di Chrome versi desktop dengan memakai tombol pintasan. Dalam hal ini, kita hanya perlu menekan Ctrl + H di Windows atau Command + H di MacOs.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.