Berita

Google Chrome Akan Punya Fitur Tab Group, Mengelola Tab Bisa Jadi Lebih Sederhana

Chrome Tab Group Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Peramban buatan Google, Chrome, akan memperoleh sebuah fitur baru bernama tab group yang memungkinkan para pengguna mengelompokkan tab berdasarkan label yang diinginkan.

Edward Jung selaku UX Engineer untuk Chrome bahkan sudah mengumumkan ketersediaan fitur tersebut pada versi terbaru dari Chrome Beta melalui sebuah unggahan di halaman blog resminya.

Pengguna dapat mengelola tab yang terbuka dan mengelompokkannya dengan menambahkan label khusus yang bisa diberi nama dan warna berbeda-beda sehingga dapat membuat banyak tab terlihat sederhana.

Tidak ada ketentuan pasti mengenai penggunaan fitur baru Chrome tersebut. Para pengguna bisa mengelompokkan tab semaunya seperti berdasarkan topik, urgensi, progres, hingga hal-hal yang lucu sekalipun.

Setelah berhasil mengelompokkan tab, pengguna Chrome pun tetap diizinkan untuk memindahkan dan menyusun ulang pengelompokan tersebut di tab strip yang terdapat pada bagian atas peramban.

Edward Jung mengungkapkan bahwa Google telah menguji fitur tab group selama beberapa bulan belakangan ini sehingga mereka menemukan cara baru agar tab-tab yang terbuka di Chrome dapat tetap teratur.

Berdasarkan penggunaan Chrome oleh Google sendiri dan penelitian pada pengguna awal, mereka menemukan fakta bahwa beberapa pengguna suka mengelompokkan tab berdasarkan topik.

Chrome Tab Group

Hal ini diklaim bisa sangat membantu ketika misalnya penggunaan sedang mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan atau melihat produk di beberapa situs belanja sekaligus membaca ulasan produk itu di sejumlah halaman.

Menariknya, fitur yang bisa dikostumisasi sesuai keinginan pengguna tersebut dapat bekerja selayaknya tab pada umumnya, dimana kelompok tab akan tersimpan saat pengguna menutup peramban sehingga dapat diakses kembali di kemudian hari.

Namun dengan mempertimbangkan stabilitas Chrome, Google baru akan meluncurkan fitur tersebut melalui versi terakhir Chrome Beta ini secara perlahan mulai dari minggu depan. Fitur baru ini akan mendukung versi Chrome selanjutnya pada semua platform komputer mulai dari sistem Google Chrome OS, Microsoft Windows, Mac OS, hingga Linux.

Namun jika ingin mencobanya sekarang, pengguna bisa mengunduh versi terakhir dari Chrome beta melalui https://www.google.com/chrome/beta/. Sebagai sedikit catatan, kamu perlu memuat ulang peramban jika fitur baru tersebut belum muncul.

Tinggalkan Komentar