ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Aktifkan NFC di HP vivo Biar Berbagai Hal Lebih Praktis!

Cara Aktifkan NFC di HP vivo - Header

Gadgetren – Kini semakin banyak ponsel vivo yang dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Sebagian di antaranya dapat dipertimbangkan saat memerlukan koneksi praktis dan mudah.

Fitur NFC memang dapat memudahkan kita mengerjakan beberapa hal. Untuk ponsel vivo, kita bisa memakainya untuk menduplikasi kartu akses, berbagi kontak, mengecek saldo e-money, hingga menyelesaikan transaksi pembayaran digital.

Agar bisa menggunakannya, kita tentu saja perlu mengaktifkan setelan fitur NFC di perangkat terlebih dulu. Kita yang memakai ponsel vivo dalam hal ini dapat melakukannya secara mudah melalui halaman pengaturan.

Cara Aktifkan NFC di HP vivo

  • Buka halaman Settings.
  • Cari dan pilih menu Bluetooth & devices.
  • Masuk ke menu NFC.
  • Ketuk tombol sakelar ke posisi On.
  • Gunakan NFC sesuai kebutuhan.

Fitur NFC dapat digunakan dengan menggunakan layanan baik itu bawaan ponsel vivo maupun dari pihak ketiga. Namun, setiap aplikasi tentunya mempunyai antarmuka tampilan dan cara pemakaian yang berbeda-beda.

Untuk menggunakan salah satu fungsi NFC, kita pun perlu menggunakan layanan yang sesuai. Kita misalnya bisa membagikan kontak secara dari aplikasi Contacts, menyalin kartu akses menggunakan fitur Access Card, atau mengecek saldo e-money lewat Tokopedia.

Selain melalui halaman pengaturan, kita sebenarnya juga dapat mengaktifkan fitur NFC di ponsel vivo lewat pintasan di Control Center. Kita bahkan dapat menggunakan opsi ini jika ingin lebih praktis.

Melalui Pintasan Control Center

  • Tarik status bar ke bawah sampai Control Center perangkat terbuka penuh.
  • Cari tombol pintasan NFC (ikon huruf N).
  • Ketuk tombol tersebut untuk mengaktifkan NFC.
  • Fitur NFC siap untuk digunakan.

Tombol pintasan NFC umumnya akan langsung tersedia di panel Control Center ponsel vivo sejak perangkat dihidupkan pertama kali. Namun jika tidak menemukannya, kita hanya perlu menambahkannya secara manual.

Kita dapat menambah NFC dengan mengetuk tombol Edit (ikon pensil) di pojok kanan atas pada saat panel Control Center ponsel terbuka penuh. Kita selanjutnya dapat mencari kemudian menyeret pintasan tersebut ke bagian atas.

Setelah berhasil ditambahkan di Control Center, kita dapat menggunakan pintasan NFC berulang kali tanpa perlu mengaturnya kembali. Tombol tersebut akan tersedia secara terus-menerus kecuali dihapus.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.