ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita

Sudah Bawa Koneksi 5G, Chipset Qualcomm Snapdragon 4s Gen2 Diperkenalkan 

Qualcomm-Snapdragon-4s-Gen2

Gadgetren – Qualcomm secara resmi telah mengumumkan chipset kelas entri terbarunya bernama Snapdragon 4s Gen 2 yang membawa sejumlah keunggulan mulai dari jaringan 5G, efektivitas daya untuk masa pakai baterai sepanjang hari, dan kemampuan kameranya.

Menyasar perangkat ponsel segmen pemula yang dibanderol dengan harga terjangkau, chipset dengan dukungan jaringan 5G ini menghadirkan kecepatan download hingga 1Gbps yang mana diklaim 7 kali lebih cepat dibandingkan LTE yang biasa digunakan oleh ponsel di rentang harga  sama.

Chipset Snapdragon 4s Gen 2 dalam waktu dekat akan diadopsi oleh berbagai produsen seperti Xiaomi yang tengah mempersiapkan ponsel terbaru yang diperkirakan rilis sebelum akhir tahun 2024.

Di atas kertas, chipset Snapdragon 4s Gen 2 dibuat melalui fabrikasi 4nm yang memberikan konsumsi daya lebih efisien. Qualcomm Kryo CPU yang dibawanya memberikan kecepatan maksimal hingga 2GHz untuk menunjang aktivitas multitasking dan produktivitas yang lancar.

Chipset ini pun mendukung memori penyimpanan UFS 3.1 yang menawarkan pemrosesan data, penggunaan aplikasi, dan performa lebih cepat. Selain itu dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu hanya 15 menit berkat dukungan teknologi Qualcomm Quick Charge 4+.

Kemudian juga dibekali GPS atau navigasi dual band NavIC L1+L5 untuk memberikan akurasi titik lokasi yang lebih tepat. Di samping bisa mengandalkan koneksi 5G, chipset ini juga menyediakan konektivitas Wi-Fi 5 dan dukungan Bluetooth 5.1.

 Qualcomm-Snapdragon-4S-Gen2

Menariknya lagi chipset ini menawarkan kualitas audio diakselerasi menggunakan kecerdasan buatan (AI), dukungan Qualcomm aptX Adaptive, dan panggilan suara wideband lewat aptX Voice.

Selain itu Codec audio Qualcomm Aqstic dengan Total Harmonic Distortion memungkinkan pengguna bisa menikmati suara yang hidup saat mendengarkan audio musik, bermain game, nonton video streaming, dan berkomunikasi.

Tak ketinggalan teknologi Qualcomm Audio dan Voice Communication Suite mampu menawarkan suara yang lancar dan jelas bahkan di lingkungan yang bising untuk pengalaman gaming dan streaming video lebih baik.

Soal visual, chipset Snapdragon 4s Gen 2 dapat mendukung tampilan Full HD+, refresh rate 90Hz, dan menyediakan Q-Sync yang secara otomatis dapat menyinkronkan tingkat tampilan dan frame rate game.

Terakhir soal kamera menjagokan Qualcomm Spectra 12-bit dual ISP yang mendukung pengambilan foto hingga resolusi 84MP agar dapat menghadirkan gambar yang detail.

Terdapat pula dukungan Stabilisasi Gambar Video untuk mengurangi buram yang disebabkan oleh gerakan kecil selama pengambilan gambar. Selain itu tersedia pengurangan Noise Multi-Frame yang menggabungkan beberapa bidikan untuk pilihan hasil yang paling tajam.

Chris Patrick selaku Senior Vice President & General Manager Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc menyampaikan bahwa Snapdragon 4s Gen 2 merupakan inovasi terkini agar teknologi 5G lebih mudah diakses sehingga lebih banyak orang dapat menjelajahi dunia dengan kecepatan jaringan seluler generasi kelima ini.

“Berkat teknologi mutakhir, kami berhasil menyeimbangkan antara kualitas dan harga yang terjangkau, menawarkan kinerja maksimal dengan masa pakai baterai sepanjang hari, AI terintegrasi, serta akses luas ke jaringan 5G untuk pengalaman seluler yang lebih baik,” terangnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.