ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Hilangkan Tombol Navigasi HP OPPO dan Ganti Jadi Gesture

OPPO-Reno7-DiagonalDisplay

Gadgetren – Biasanya ColorOS pada saat ponsel OPPO diaktifkan pertama kali akan memberikan pilihan untuk menggunakan sistem navigasi dengan tombol virtual atau gesture.

Apabila kamu memilih tombol virtual, tentunya kamu akan melihat tiga tombol di bagian bawah layar yang terdiri dari Back, Home, dan Recent. Jika sebelumnya kamu memilih tombol virtual dan kini ingin mengikuti tren saat ini, kamu bisa mengaktifkan gesture supaya tombol navigasi di bagian bawah hilang.

Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk menghilangkan tombol navigasi di ponsel OPPO yang mana tersedia di pengaturan.

Cara Menghilangkan Tombol Navigasi HP OPPO

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih kolom Search.
  3. Ketika kata kunci Navigation.
  4. Masuk ke menu System navigation.
  5. Pilih Gesture.
  6. Tombol navigasi pun akan menghilang.

Pada saat fitur Gesture aktif, kamu perlu melakukan gerakan sapu layar dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya ketika ingin kembali ke halaman sebelumnya. Apabila ingin langsung menuju halaman Home Screen, maka dapat melakukan sapu layar dari bagian paling bawah ke atas.

Selain itu, kamu juga dapat masuk ke halaman Recent App dengan sapu layar dari bagian paling bawah ke atas dan jari tetap menahan di layar hingga pratinjau dari aplikasi yang telah dibuka muncul.

Selain itu, kamu juga sebenarnya dapat menukar lokasi untuk tombol Kembali (Back) di kiri dan Recent App di kanan atau sebaliknya pada halaman System Navigation jika dirasa penempatan sebelumnya kurang cocok.

Hal ini dapat memudahkan kamu dalam menyesuaikan kebiasaan dari tata letak tombol Back atau Recent App sesuai dengan penggunaan ponsel sebelumnya.

Secara bawaan, ponsel OPPO juga akan memberikan ketika tombol-tombol disentuh oleh jari. Jika kamu merasa terganggu akan hal tersebut dapat mematikan getaran pada halaman keyboard yang tersedia di aplikasi Settings.

Sementara pada ponsel OPPO generasi baru, tentunya pada saat menekan tombol Power tidak akan lagi memunculkan menu Power Off dan Restart karena digantikan dengan munculnya Google Assistant.

Kamu yang terbiasa memunculkan menu Power Off dan Restart dengan hanya menahan tombol Power ditahan pun bisa mematikan Google Assistant dan mengganti fungsi seperti ponsel OPPO generasi sebelumnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar