ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Melihat Penggunaan Data di Xiaomi MIUI Biar Tidak Kelewatan

Cara Melihat Penggunaan Data di Xiaomi MIUI - Header

Gadgetren – Mengelola pemakaian internet di ponsel memang menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi sebagian orang, terutama mereka yang bergantung pada koneksi seluler dengan sistem kuota.

Adapun salah satu yang bisa dilakukan untuk melakukan pengelolaan adalah melihat penggunaan data dari perangkat tersebut. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah untuk memastikan rata-rata pemakaian internet setiap periode waktu.

Terlebih lagi jika menggunakan ponsel buatan Xiaomi, kita pun tidak perlu bersusah payah untuk melihat penggunaan data. Antarmuka sistem buatan mereka dilengkapi dengan dukungan khusus yang dapat digunakan untuk melakukannya.

Cara Melihat Penggunaan Data di Xiaomi MIUI

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu Connection & sharing.
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 1
  • Gulir ke bawah sampai ke bagian Other.
  • Selanjutnya pilih menu Data usage.
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 2
  • Informasi penggunaan data akan langsung ditampilkan di bawah judul.
  • Ketuk informasi penggunaan data tersebut jika mau mengubah filter waktu pemakaian.
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 3
  • Pilih Yesterday, Today, Last month, atau This month sesuai kebutuhan.
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 4

Dukungan untuk melihat penggunaan data di ponsel Xiaomi menariknya tak hanya berlaku untuk koneksi seluler saja. Kita di sisi lain juga dapat memakainya untuk mengecek pemakaian internet yang dilakukan dengan sambungan WiFi.

Jika ingin mengecek penggunaan data di sambungan WiFi, kita dalam hal ini hanya perlu mengetuk tombol anak panah bolak-balik di pojok kanan atas. Kita nanti selanjutnya dapat mengubah opsi dari Mobile data usage menjadi Wi-Fi usage.

Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 5

Selain langkah-langkah di atas, kita juga dapat melihat penggunaan data di ponsel Xiaomi dengan menggunakan sebuah fitur dari aplikasi Security. Fitur tersebut adalah Data usage di mana sebenarnya merupakan induk dari menu yang ada di halaman pengaturan.

Melalui Halaman Security

  • Buka daftar aplikasi.
  • Cari dan buka aplikasi Security.
  • Ketuk menu Data usage. (Cari di bagian Tools jika tidak langsung terlihat).
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 6
  • Informasi mengenai penggunaan data akan ditampilkan di sebuah kolom.
    Cara Melihat Penggunaan Data Xiaomi - 7

Fitur Data usage di aplikasi Security akan langsung menampilkan informasi penggunaan data untuk bulan maupun hari yang sedang dijalani. Kita pun dapat menggeser kolomnya ke kanan atau kiri untuk melihat statistik dari masing-masing nomor jika perangkat mendukung SIM ganda.

Yang cukup menarik, fitur Data usage aplikasi Security juga mendukung beberapa menu pengelolaan data seluler yang lain. Kita di antaranya dapat menemukan mulai dari Data usage stats untuk menampilkan statistik penggunaan seperti di halaman pengaturan hingga Set data usage limit maupun Restrict data usage untuk membatasi pemakaiannya.

Hanya saja sayangnya, tampilan menu dari setiap perangkat buatan Xiaomi bisa berbeda-beda tergantung submerek maupun modelnya. Kita makanya kemungkinan perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas pada beberapa ponsel.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar