ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Buat Logo PNG Transparan Biar Bisa Dipakai Lebih Fleksibel!

Gadgetren – Logo memang bisa lebih fleksibel jika dibuat dengan gambar PNG transparan untuk latarnya. Dengan begitu, kita bisa menggunakannya di berbagai media tanpa perlu memedulikan bingkainya.

Sayangnya, kita kadang-kadang bisa lupa sehingga logo dibuat dengan latar berwarna. Kita pun tidak dapat menempelkannya secara asal-asalan karena kemungkinan akan membuat tampilan gambar pada media yang dibuat terlihat kurang menarik.

Membuat logo PNG transparan dari gambar yang sudah ada untungnya sangat mudah dilakukan di masa sekarang. Ada berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.

Cara Buat Logo PNG Transparan

  • Siapkan logo yang ingin dibuat transparan.
  • Pasang aplikasi Background Eraser – Remove BG dari Play Store.
  • Buka aplikasi lalu lakukan pengaturan awal seperti mengatur izin akses yang diperlukan.
  • Setelah masuk ke halaman utama, ketuk tombol + Create.
    Cara Buat Logo PNG Transparan 1
  • Ketuk menu dropdown di pojok kiri atas.
    Cara Buat Logo PNG Transparan 2
  • Pilih album tempat menyimpan logo yang ingin diubah.
  • Cari dan pilih logo dari album yang terbuka.
  • Aplikasi akan membuka gambar lalu menghapus latarnya secara otomatis.
  • Jika ada beberapa bagian yang kurang sesuai, kita dapat menggunakan Eraser atau Repair untuk memperbaikinya.
    Cara Buat Logo PNG Transparan 3
  • Jika sudah, ketuk tombol Centang di pojok kanan atas.
    Cara Buat Logo PNG Transparan 4
  • Selanjutnya, ketuk Save untuk menyimpan logo PNG transparan yang berhasil dibuat.
    Cara Buat Logo PNG Transparan 5
  • Ketuk Home (ikon rumah) untuk kembali ke halaman utama aplikasi.

Salah satu di antaranya, kita dapat menggunakan aplikasi bernama Background Eraser – Remove BG. Kita dalam hal ini dapat mengunduhnya secara gratis melalui halaman Google Play Store.

Aplikasi ini menjadi salah satu andalan saya dalam menghapus latar dari sebuah gambar saat membuat konten tulisan. Dari pengalaman saya, Background Eraser – Remove BG menawarkan kemampuan yang lebih baik dari beberapa aplikasi dengan fungsi serupa.

Selain itu, aplikasi gratis ini juga dilengkapi dengan sejumlah fungsi pendukung yang dapat digunakan untuk menyesuaikan bagian-bagian yang salah saat penghapusan otomatis. Kita pun bisa memakainya untuk menghasilkan gambar dengan latar transparan sesuai keinginan.

Namun perlu diingat, Background Eraser – Remove BG tentu bukan satu-satunya aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat logo PNG transparan. Kita juga dapat memakai aplikasi editor foto yang lebih kompleks seperti Picsart, Photoroom, hingga Retouch.

Hanya saja, pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber resmi dan terpercaya. Kita kadang-kadang juga perlu mengecek ulasan dan rating dari pengguna lain untuk memastikan keandalannya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar