ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 30C, Lengkap dan Terjangkau!

Gadgetren – Tecno kembali membuat persaingan di kelas entri semakin menarik karena telah meluncurkan TECNO SPARK 30C yang mempunyai spesifikasi sangat menggoda untuk harganya.

Perangkat baru tersebut hanya dibanderol Rp1.399.000 di Indonesia. Namun, dukungan yang diusungnya seolah-olah melebihi harganya. TECNO SPARK 30C tampak membawa beberapa fitur yang seharusnya hadir untuk kelas di atasnya.

Berbagai fitur ini pun menjadi sebagian keunggulan yang bisa dipertimbangkan saat kita ragu-ragu untuk meminang perangkat tersebut. Terlebih lagi, kekurangannya pun masih bisa dimaklumi.

Kelebihan TECNO SPARK 30C

1. Bodi Tangguh

Meluncur di kelas entri, TECNO SPARK 30C dapat menjadi pilihan tepat saat kita memerlukan sebuah ponsel yang tangguh. Perangkat tersebut mempunyai bodi yang diklaim mempunyai keandalan pemakaian tinggi.

Hal ini salah satunya terbukti dengan hadirnya sertifikasi IP54 pada perangkat tersebut. TECNO SPARK 30C tentu memperolehnya setelah berhasil melewati sejumlah tes ketahanan terhadap percikan air dan debu.

Sertifikasi IP54 pun akan memastikan bahwa kita dapat menggunakan perangkat tersebut secara aman pada lebih banyak kondisi. Termasuk saat basah seperti gerimis atau di pinggiran kolam renang.

Selain sertifikasi IP54, TECNO SPARK 30C juga sudah berhasil lolos pada berbagai uji keandalan. Perangkat tersebut misalnya dapat bertahan setelah dijatuhkan dari ketinggian 1,5 meter sebanyak 22 ribu kali, diputar-putar dalam mesin rol sampai 600 kali, atau dipelintir secara ekstrem hingga 2.000 kali.

2. Layar Menarik

Bersama dengan bodinya yang tangguh, perangkat tersebut juga mempunyai dukungan layar yang sangat menarik. TECNO SPARK 30C membawa panel dengan spesifikasi yang bakal memanjakan mata para pengguna.

Layar perangkat tersebut misalnya sudah mendukung tampilan animasi gambar yang benar-benar terlihat sangat halus. Selama konten yang ditayangkan mempunyai pengaturan serupa, panel tersebut dapat menangani refresh rate hingga 120Hz.

Di sisi lain, layar yang digunakan oleh TECNO SPARK 30C juga tergolong sangat luas. Panelnya sudah membentang hingga 6,67 inci dengan resolusi gambar sampai HD+ (1600 x 720 piksel).

3. Kamera Mumpuni

Bagian kamera dari TECNO SPARK 30C juga menjadi salah satu aspek yang sangat menjanjikan. Perangkat tersebut tidak hanya sekadar menawarkan lensa beresolusi tinggi tetapi dukungan sensornya pun bukan asal-asalan.

Untuk versi yang meluncur di Indonesia, TECNO SPARK 30C sudah dilengkapi dengan sensor SONY IMX582 yang dapat menangani pengambilan gambar sampai 48MP. Tecno memadukannya bersama lensa auxiliary sebagai penunjang.

TECNO-SPARK-30C

Ditunjang dengan kemampuan chipset MediaTek Helio G81, sensor Sony ini tidak hanya mumpuni untuk pengambilan gambar. Kita juga sudah dapat memakainya untuk merekam video dengan resolusi sampai 4K pada 30fps.

Kamera depan yang menjadi andalan TECNO SPARK 30C juga tergolong menarik. Perangkat tersebut sudah memakai sensor beresolusi 8MP yang tergolong lebih tinggi dari sejumlah perangkat di rentang harganya.

4. Baterai dan Pengisian Bisa Diandalkan

Sektor baterai juga menjadi keunggulan yang tak boleh dilewatkan. Perangkat tersebut meluncur dengan kapasitas penyimpanan daya yang besar sehingga secara teknis bakal mampu bertahan lama dalam pemakaian.

Dalam hal ini, TECNO SPARK 30C menawarkan kapasitas penyimpanan daya sampai 5.000mAh. Perangkat dengan kapasitas serupa umumnya sudah mumpuni untuk beraktivitas sehari-hari tanpa melakukan pengisian berulang kali.

Sebagai penunjangnya, TECNO SPARK 30C juga dilengkapi dengan pengisi berdaya 18W. Fitur ini memungkinkan kita mengisi baterai perangkat tersebut dengan durasi yang lebih singkat.

5. Fitur Lengkap

Hadir di pasar entri, TECNO SPARK 30C seharusnya sudah cukup unggul meski hanya membawa sejumlah fitur esensial seperti jack audio 3,5mm, slot kartu MicroSD, hingga SIM ganda.

Namun, TECNO SPARK 30C tidak demikian. Perangkat entri tersebut justru masih dilengkapi dengan beberapa fitur mutakhir yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Termasuk salah satu di antaranya adalah sensor pemindai sidik jari. Perangkat tersebut sudah membawanya di mana secara khusus ditempatkan pada sisi samping bersama tombol Power seperti berbagai ponsel di masa sekarang.

Kita yang gemar mendengarkan musik atau menonton video juga akan dimanjakan dengan Dual Speaker yang menawarkan suara lebih keras. Tecno pun memastikan kualitasnya dengan menggunakan teknologi dari DTS.

Fitur Infrared (IR) Blaster juga ikut hadir pada perangkat tersebut. Kita pun dapat memakai TECNO SPARK 30C sebagai pengganti remote untuk mengontrol mulai dari Televisi, Air Conditioner (AC), hingga Proyektor.

Yang sangat menarik, ponsel yang dijual kurang dari Rp1,5 juta tersebut juga sudah mendukung NFC (Near Field Communication). Fitur ini tentu dapat mempermudah berbagai aktivitas seperti menyelesaikan pembayaran digital atau sekadar mengecek saldo kartu e-money.

Kekurangan TECNO SPARK 30C

1. Varian Memori Terbatas

Berbeda dari versi global yang meluncur dalam beberapa varian memori, TECNO SPARK 30C hanya tersedia secara tunggal di Indonesia. Kita pun harus puas dengan konfigurasi RAM dan penyimpanan yang ditawarkan.

Untungnya, konfigurasi memori yang ditawarkan oleh TECNO SPARK 30C sudah sangat memadai. Perangkat tersebut tercatat membawa RAM berkapasitas 6GB dan penyimpanan sebesar 128GB.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar