ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Perangkat Pintar

Mengulik Kemampuan Cerdas Prosesor NQ8 AI Gen3 di Neo QLED 8K 2024

Samsung Neo QLED 8K AI Picture

Era AI TV sudah mulai di depan mata dengan banyaknya TV yang membawa fitur bertenaga AI untuk memberikan pengalaman audio visual yang lebih canggih.

Sebagai salah satu pemimpin dalam segmen TV, Samsung terus menghadirkan inovasi-inovasi yang dilengkapi teknologi terkini untuk memastikan penggunanya selalu mendapatkan pengalaman terbaik.

Samsung sendiri telah memperkenalkan jajaran TV premium generasi baru mereka untuk tahun 2024 seperti Neo QLED 8K TV, Neo QLED 4K TV, maupun OLED TV 2024 yang mana masing-masing telah dilengkapi oleh teknologi AI.

Sebagai teknologi yang terbilang masih baru di mainstream, pemrosesan AI membutuhkan daya kinerja yang tidak sedikit sehingga kecanggihan TV generasi baru Samsung tidak lepas dari prosesor mutakhir baru yang menjadi pusat kinerjanya. Misalnya saja pada Neo QLED 8K TV tertanam prosesor NQ8 AI Gen3 yang dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Samsung Neo QLED 8K NQ4 AI Gen3 Processor

Prosesor yang memiliki 512 neural network tersebut mampu mengoptimalkan konten secara realtime agar kualitas gambar dan suara menjadi lebih baik. Dengan begitu pengalaman menonton yang akan dirasakan pun menjadi lebih imersif.

AI TV di Samsung TV, yang digerakkan oleh teknologi AI on-device, dirancang untuk menjadi pusat yang menghubungkan semua perangkat di rumah pengguna, yang kompatibel untuk menawarkan gaya hidup yang lebih fleksibel dan beragam kepada pengguna.

AI Picture Hadirkan Gambar Lebih Hidup dan Kaya

Samsung Neo QLED 8K AI Picture 2

Berkat kehadiran NQ8 AI Gen3 pada Samsung Neo QLED 8K TV, gambar yang dihasilkan akan terlihat tajam dan lebih hidup apapun jenis konten yang ditampilkan. Teknologi AI yang dibawanya mampu meningkatkan kualitas gambar dari agar lebih nyaman untuk ditonton.

Salah satunya AI Motion Enhancer Pro yang mampu membuat teks dan objek bergerak menjadi lebih jelas dan tidak buram. Kamu pun jadi lebih mudah dan jelas melihat running text yang kini selalu ada di bagian bawah saluran TV untuk informasi terkini.

Selain itu untuk konten yang punya gerak cepat seperti balapan F1, kamu bisa melihat lika-liku pergerakan mobil secara detail. Lalu pada pertandingan sepak bola misalnya, setiap tendangan bola maupun pergerakan pemain dapat terlihat lebih akurat.

Lalu ada juga Real Depth Enhancer Pro yang memungkinkan AI mengontrol mini LED pada TV secara presisi untuk memberikan efek seperti 3D dengan mendeteksi mana latar maupun objek lainnya sambil meningkatkan kontras di antara keduanya.

Fitur ini akan sangat terasa ketika kamu misalnya menikmati konten traveling yang memperlihatkan alam maupun lanskap perkotaan dimana gedung hingga bebatuan dapat lebih tersorot layaknya seperti melihat dengan mata langsung di lokasi.

Samsung Neo QLED 8K AI Real Depth Enhancer

Yang tidak kalah penting, NQ8 AI Gen3 dapat melakukan upscaling konten-konten beresolusi SD menjadi resolusi tinggi setara 8K. Saat ini masih banyak sekali konten yang tersedia dalam resolusi rendah sehingga fitur 8K AI Upscaling Pro akan konten-konten tersebut terasa baru.

Misalnya saja kamu punya rekaman video dari momen penting sekali seumur hidup yang mungkin masih hanya berkualitas Full HD seperti kolase pernikahan atau perjalanan naik haji. Pada Neo QLED 8K TV, rekaman tersebut dapat seperti dibuat hidup kembali dengan gambar yang lebih tajam dan jelas.

AI Sound Bikin Suara Selalu Jelas dan Semakin Imersif

Samsung Neo QLED 8K AI Sound 2

Bersamaan dengan pengalaman visual yang ditingkatkan, NQ8 AI Gen3 juga mampu menghadirkan pengalaman audio yang lebih kaya. Dengan begitu kamu dapat menikmati konten dengan imersif secara menyeluruh.

Saat menonton film atau mendengarkan berita misalnya, fitur Active Voice Amplifier Pro dapat membuat suara dialog lebih terdengar jelas karena AI akan memisahkannya dari suara latar. Jadi kamu tidak akan ketinggalan informasi dari apa yang tengah dibicarakan.

Menonton film juga akan semakin memukau berkat adanya Object Tracking Sound yang akan mengikuti suara asal suatu objek. Jadi saat menonton film aksi yang penuh ledakan, kamu bisa merasakan dari mana suara ledakan itu berasal baik dari samping, belakang, maupun sisi lain.

Lalu untuk menjamin pengalaman audio yang didapat selalu optimal di mana pun TV terpasang, fitur Adaptive Sound Pro akan menyesuaikan suara dengan karakteristik ruangan. Kamu bakal mendapatkan kualitas suara yang sama jernih dan jelas baik itu TV dipasang di ruang tamu atau kamar tidur.

AI Optimization Untuk Segala Jenis Konten

Samsung Neo QLED 8K AI Optimization

Kebutuhan setiap orang dalam menggunakan TV tentunya berbeda-beda. Ada yang akan menggunakannya menonton film, bermain game, maupun menyaksikan konten streaming. Belum lagi ada juga yang suka tampilan gambar dengan temperatur warna warm atau cool.

Untuk memudahkan pengaturan gambar sesuai dengan preferensi, AI Customization Mode yang mana nantinya kamu akan diberikan beberapa contoh gambar untuk dipilih memastikan gambar mana yang lebih cocok.

Ketika kamu sedang menonton berita lalu berganti ke saluran olah raga atau dari nonton film ke konten lainnya, kamu akan mendapatkan gambar sesuai dengan keinginan apakah itu terlihat cerah atau sinematis.

Samsung Neo QLED 8K AI Picture

Jadi apapun konten yang kamu nikmati, gambar yang kamu lihat akan selalu optimal sesuai preferensi berkat AI Customization Mode yang akan secara otomatis mengaturnya.

Sementara kamu yang suka bermain game, Samsung juga membenamkan AI Auto Game Mode yang dapat mendeteksi genre game secara otomatis untuk memberikan pengalaman bermain secara optimal.

Misalnya saja saat bermain game FPS yang memprioritaskan gerakan, kamu akan mendapatkan gerakan yang lebih mulus serta diberikan titik bidikan virtual untuk membantu arah tembakan.

Berbeda ketika bermain petualangan aksi yang mana AI dapat memperbesar peta mini yang biasanya ada di pojok layar agar lebih terlihat serta mendapatkan kualitas gambar sebaik mungkin.

Samsung Neo QLED 8K AI Auto Game Mode

Tak ketinggalan untuk kamu yang suka menyetel TV dalam waktu lama, tersedia pula fitur AI Energy Mode untuk menghemat daya yang dikonsumsi. Dengan begitu penggunaan listrik jadi lebih sedikit dan TV pun lebih awet jika ingin menyetel saluran berita sepanjang hari tanpa pernah dimatikan.

AI Energy Mode juga mampu mendeteksi cahaya sekitar agar kecerahan layar TV disesuaikan secara otomatis sambil menganalisis kebiasaan penggunaan. Jadinya konsumsi daya dapat ditekan kapan pun kamu menggunakan TV baik itu siang maupun malam hari.

Tinggalkan Komentar