ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 14C, Semakin Menarik!

Gadgetren – Di tengah-tengah gempuran berbagai ponsel baru di kelas entri, Xiaomi secara diam-diam meluncurkan sebuah perangkat bernama Redmi 14C untuk menyegarkan lini produk buatan mereka.

Perangkat baru tersebut kini pun sudah bisa dibeli di Indonesia. Tersedia dalam dua varian memori, kita dapat meminangnya hanya dengan mengeluarkan dana Rp1.499.000 atau Rp1.799.000.

Sebagai pendatang baru, Redmi 14C tentu dapat menjadi salah satu pilihan saat kita memerlukan sebuah ponsel di masa sekarang. Kita hanya saja perlu menimbang-nimbang kelebihan dan kekurangannya terlebih dulu sebelum meminang perangkat tersebut.

Kelebihan Redmi 14C

1. Layar Semakin Menarik

Meningkat dari pendahulunya, Redmi 14C hadir dengan layar yang semakin menarik. Kita pun dapat melihat peningkatannya sebagai salah satu keunggulan dari perangkat terjangkau tersebut.

Dalam hal ini, layar Redmi 14C di antaranya mempunyai ukuran yang semakin besar dari sebelumnya. Xiaomi kini menggunakan panel IPS yang membentang hingga seluas 6,88 inci untuk mempersenjatainya.

Peningkatan ukuran panel ini pun membuat Redmi 14C menjadi ponsel dengan layar terbesar dalam sejarah seri Redmi. Di samping itu, kita sebagai pengguna juga bisa menikmati konten dengan semakin leluasa.

Tak cukup sampai di situ, layar Redmi 14C kini juga hadir dengan dukungan animasi yang lebih baik. Pengaturan refresh rate perangkat tersebut meningkat dari pendahulunya yang semula hanya 90Hz menjadi 120Hz.

Refresh rate yang semakin tinggi ini tentu dapat membuat penglihatan kita semakin nyaman. Terlebih lagi, Redmi 14C memang sudah dilengkapi dengan sertifikasi Cahaya Biru Rendah dan Bebas Kedip dari TÃœV Rheinland untuk memastikan kenyamanan pemakaiannya.

2. Konfigurasi Memori Luas

Hadir dalam dua varian berbeda, konfigurasi memori pun menjadi keunggulan Redmi 14C yang selanjutnya. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas RAM dan media penyimpanan yang tergolong besar untuk harganya.

Varian paling rendah dari ponsel baru tersebut sudah menyediakan RAM sebesar 6GB. Apabila masih kurang, kita dapat memilih varian tertingginya yang menawarkan kapasitas hingga 8GB.

Untuk varian RAM 6GB, Redmi 14C secara khusus memadukannya bersama penyimpanan sebesar 128GB. Sementara varian 8GB mempunyai dukungan lebih besar di mana sampai 256GB.

Menariknya, kita nanti masih bisa memperluas kedua dukungan ini jika dirasa masih kurang. Kita dalam hal ini dapat mengekspansi RAM dengan memakai teknologi Memory Extension maupun memasang kartu penyimpanan eksternal.

3. Baterai Besar

Sektor baterai juga menjadi keunggulan dari Redmi 14C. Selaras dengan peningkatan ukuran layarnya, perangkat tersebut kini mengemas dukungan penyimpanan daya dengan kapasitas yang semakin besar.

Perangkat tersebut hadir dengan baterai berkapasitas 5.160mAh. Secara teknis, sudah cukup untuk membuat pemakaian perangkat menjadi lebih panjang tanpa khawatir cepat kehabisan daya.

Baterai perangkat tersebut bahkan diklaim mampu bertahan hingga 21 hari saat dibiarkan dalam mode siaga. Pengguna pun sudah bisa memakainya untuk menonton video secara terus-menerus hingga selama 22 jam atau melakukan panggilan telepon hingga 42 jam.

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, baterai Redmi 14C juga sudah ditemani dengan teknologi pengisian berdaya 18W. Bukan yang tercepat tetapi sudah melebihi kebanyakan perangkat di kelasnya.

Yang cukup menarik, Redmi 14C kini sudah dilengkapi dengan pengisi daya yang mendukung teknologi 18W dalam paket penjualannya. Jadi kita tidak perlu membeli secara terpisah seperti generasi sebelumnya.

4. Fitur Lumayan Komplit

Keunggulan Redmi 14C juga terlihat dari berbagai dukungan yang diusungnya. Perangkat tersebut tidak hanya mempunyai fitur esensial seperti jack audio 3,5mm, SIM ganda, Bluetooth, hingga WiFi layaknya ponsel entri, tetapi juga sejumlah fitur mutakhir sebagai tambahan.

Termasuk di antaranya adalah pemindai sidik jari. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan sensor khusus yang diletakkan di sisi samping bersama tombol Power. Jadi, kita bisa lebih mudah untuk membuka kunci ponsel.

Hadirnya teknologi NFC (Near Field Communication) pada Redmi 14C juga menjadi kabar gembira bagi para pengguna. Dengan fitur ini, kita soalnya bisa lebih mudah untuk melakukan transaksi pembayaran digital atau sekadar mengecek saldo kartu e-money.

Kekurangan Redmi 14C

1. Kembali Mengandalkan eMMC 5.1

Di balik berbagai keunggulannya, Redmi 14C tetap bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Perangkat tersebut bahkan tercatat mempunyai beberapa kekurangan jika dibandingkan pendahulunya.

Salah satu di antaranya termasuk teknologi penyimpanan yang digunakan. Sama seperti Redmi 13C sebelumnya, perangkat Xiaomi tersebut kembali mengandalkan memori berjenis eMMC 5.1.

Pemakaian eMMC 5.1 sebenarnya termasuk hal wajar di rentang harganya. Namun jika mengacu kepada spesifikasi Redmi 10C yang meluncur tiga generasi sebelumnya, terbilang sebagai sebuah penurunan.

Bagi kamu yang sudah lupa, Redmi 10C dulu menggunakan penyimpanan berjenis UFS 2.2. Kecepatan baca-tulis datanya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi eMMC 5.1 milik Redmi 14C.

2. Desain Layar Sudah Mulai Ketinggalan

Mengusung layar yang semakin menarik, desain panel yang digunakan oleh Redmi 14C tidak banyak berubah dari pendahulunya. Ini membuat perangkat tersebut terlihat sedikit lebih ketinggalan dibandingkan ponsel-ponsel sekelasnya.

Sudah mulai banyak ponsel di kisaran harganya mengadopsi desain lubang kamera berbentuk punch hole. Sementara sebaliknya, Redmi 14C justru masih bertahan dengan layar notch atau poni kecil.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar