ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya Redmi 14C dan Redmi 13C, Banyak Peningkatannya!

Gadgetren – Xiaomi secara diam-diam merilis ponsel baru yang diberi nama Redmi 14C. Perangkat tersebut bakal menjadi penerus dari Redmi 13C yang sebelumnya meluncur untuk menyasar pasar entri.

Dengan banderol harga yang relatif mirip, Redmi 14C pun membawa beberapa peningkatan dari Redmi 13C. Perangkat tersebut di antaranya mempunyai dukungan layar, konektivitas, baterai, hingga kamera depan lebih baik.

Sebagai ganti, Redmi 14C sayangnya mengalami sejumlah penyesuaian. Kita pun perlu mempertimbangkannya secara matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli perangkat tersebut.

Perbedaan Redmi 14C Vs Redmi 13C

Seperti apa yang sudah disinggung, Redmi 14C membawa peningkatan di bagian layar. Perangkat tersebut kini menawarkan panel dengan ukuran yang lebih luas ketimbang pendahulunya.

Perangkat tersebut menggunakan panel IPS LCD yang membentang hingga seluas 6,88 inci. Sementara sebelumnya, Redmi 13C hanya mempunyai ukuran 6,74 inci meski sudah memakai teknologi serupa.

Dengan ukuran yang berbeda, resolusi layar dari keduanya pun sedikit berlainan. Redmi 14C kini mendukung tampilan gambar hingga 1640 x 720 piksel saat Redmi 13C sebelumnya hanya 1600 x 720 piksel.

Redmi 14C Vs Redmi 13C - 1

Redmi 14C

Yang sangat menarik, berbagai peningkatan pada bagian layar ini juga diikuti oleh dukungan refresh rate-nya. Panel yang digunakan pada Redmi 14C kini mendukung pengaturan animasi hingga 120Hz sementara pendahulunya hanya 90Hz.

Berbagai peningkatan layar di atas sayangnya berbanding terbalik dengan lapisan pelindung yang digunakan. Jika Redmi 13C sudah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass, Redmi 14C tidak lagi membawanya.

Di samping layar, Redmi 14C kini mengandalkan chipset yang sedikit berbeda. Xiaomi kini menggunakan MediaTek Helio G81 Ultra pada perangkat tersebut dari sebelumnya MediaTek Helio G85.

Sebenarnya, Helio G81 Ultra menawarkan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Chipset ini soalnya masih menggunakan kombinasi ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55 berkecepatan 2GHz maupun GPU ARM Mali-G52 MP2 seperti Helio G85.

Redmi 14C Vs Redmi 13C - 2

Redmi 13C

Hanya saja, chipset ini memang membawa beberapa penyesuaian. Termasuk di antaranya menawarkan dukungan konektivitas lebih mutakhir di mana bisa dilihat dari Redmi 14C yang sudah memakai teknologi Bluetooth 5.4 saat Redmi 13C masih Bluetooth 5.3.

Penyesuaian yang diterapkan oleh Xiaomi juga terletak pada bagian kamera utama. Sama-sama mendukung lensa beresolusi 50MP, Redmi 14C menghapus lensa makro 2MP yang sebelumnya menjadi andalan Redmi 13C.

Xiaomi untung menggantinya dengan kamera selfie yang lebih bisa diandalkan. Redmi 14C dalam hal ini tidak lagi menggunakan lensa depan dengan dukungan pengambilan gambar hanya sampai 8MP seperti Redmi 13C, melainkan sudah 13MP.

Mengikuti berbagai peningkatan yang dibawanya, Redmi 14C kini juga mempunyai baterai yang sedikit lebih besar. Perangkat tersebut mampu menampung daya hingga berkapasitas Baterai 5.160mAh sedangkan Redmi 13C hanya 5.000mAh.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar