ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Update iOS 18 Biar Dapat Fitur Baru!

Gadgetren – Pembaruan iOS 18 kini sudah tersedia secara resmi. Kita pun dapat mengunduh dan memasangnya pada perangkat iPhone yang dimiliki apabila tertarik dengan berbagai fitur barunya.

Bagi kamu yang belum tahu, iOS 18 meluncur dengan memperkenalkan sistem cerdas bernama Apple Intelligence sebagai unggulan. Terdapat juga dukungan mutakhir seperti aplikasi Photos baru, tampilan yang lebih mudah dipersonalisasi, hingga fungsi RCS untuk Messages.

Untuk mengunduh dan memasang iOS 18, kita bisa melakukannya seperti sistem iOS sebelum-sebelumnya. Kita dalam hal ini juga dapat memanfaatkan opsi pembaruan OTA (Over-the-Air) yang mudah untuk digunakan.

Cara Update iOS 18

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Buka bagian General.
  • Pilih menu Software Update.
  • Tunggu beberapa saat sampai halaman menyegarkan daftar pembaruan.
  • Jika sudah, ketuk opsi Upgrade to iOS 18.
  • Ketuk tombol Update now untuk memasang pembaruan iOS 18.

Mengunduh dan memasang pembaruan sistem iOS 18 tentu akan memakan waktu yang berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas jaringan internet yang digunakan.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyiapkan waktu khusus untuk mengunduh dan memasangnya. Pastikan baterai perangkat masih terisi lebih dari 70 persen supaya tidak tiba-tiba mati saat proses pembaruan.

Penting untuk diingat, gagalnya proses pemasangan pembaruan iOS 18 dapat memicu berbagai masalah pada iPhone. Bahkan dapat menyebabkan perangkat menjadi rusak dan tidak bisa digunakan.

Sebelum melakukan pembaruan, kita juga perlu mencadangkan perangkat iPhone. Langkah ini diperlukan untuk mengantisipasi berbagai masalah yang timbul setelah iOS 18 terpasang.

Selama proses pemasangan iOS 18, perangkat kemungkinan akan melakukan pemuatan ulang sistem beberapa kali. Tunggu iPhone sampai menyala normal dan masuk ke halaman utama sebelum menggunakannya.

Yang paling penting, pastikan perangkat yang digunakan memang mendukung pemasangan iOS 18. Tidak semua model iPhone mendukung pembaruan sistem terbaru tersebut.

Berdasarkan keterangan dari Pihak Apple, pembaruan iOS 18 hanya tersedia untuk iPhone SE 2, iPhone XR, seri iPhone XS, atau generasi yang lebih baru. Kita tidak dapat memasangnya pada model yang lebih lama.

Pembaruan melalui OTA memang dapat menjadi pilihan yang paling mudah untuk memasang iOS 18. Hanya saja saat mengalami kendala, kita kemungkinan perlu melakukannya dengan bantuan komputer.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar