ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan itel A80, Semakin Menarik!

Gadgetren – Seperti ponsel itel yang sudah diluncurkan sebelum-sebelumnya, itel A80 pun bisa menjadi pilihan pas saat ingin meminang perangkat baru dengan anggaran dana yang terbatas.

Dengan banderol harga yang relatif terjangkau, perangkat tersebut menawarkan spesifikasi dan dukungan yang terbilang cukup menggoda. Sebagian di antaranya bahkan terlihat lebih tinggi dari apa yang seharusnya.

Di Indonesia, itel A80 tersedia dengan harga normal senilai Rp1.299.000. Kita yang belum yakin untuk meminang perangkat entri tersebut dapat mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan itel A80

1. Layar yang Menarik

Sebagai kelebihan, itel A80 mempunyai dukungan layar yang sangat menarik. Banderol harganya yang murah tidak menghalangi perangkat tersebut untuk menggunakan panel beranimasi tinggi.

Secara teknis, layar perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan pengaturan refresh rate hingga 90Hz. Animasi gambar pun dapat terlihat lebih mulus selama konten yang ditayangkan sudah mendukungnya.

Layar itel A80 di sisi lain juga mempunyai ukuran yang sangat luas. Dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel), panel yang digunakan perangkat entri tersebut sudah membentang hingga 6,7 inci.

Yang membuat layarnya semakin menarik, itel A80 kini sudah memakai desain punch hole sebagai tempat kamera depan. Ini membuat perangkat tersebut terlihat lebih modern ketimbang pendahulunya yang masih menggunakan notch atau poni kecil.

2. Konfigurasi Memori Luas

Pada bagian mesinnya, itel A80 memiliki dukungan memori yang sangat baik. Konfigurasi RAM dan media penyimpanan perangkat tersebut bahkan menjadi keunggulan yang tak boleh dilewatkan.

Seperti pendahulunya, itel A80 sudah menyediakan RAM berkapasitas sebesar 4GB. Kita yang masih merasa pemakaian perangkat kurang lancar pun dapat menggunakan fitur MemFusion untuk memperluasnya.

Konfigurasi memorinya semakin menarik karena itel A80 juga dilengkapi dengan media internal berukuran besar. Tersedia dalam satu varian, perangkat tersebut menawarkan ruang penyimpanan bawaan hingga 128GB.

Kita yang memerlukan ruang penyimpanan lebih besar apalagi masih dapat menambahkan MicroSD hingga berkapasitas 2TB. itel A80 di sisi lain juga menggunakan slot kartu terdedikasi yang dapat digunakan untuk memasangnya dengan SIM ganda secara bersamaan.

3. Kamera Beresolusi Tinggi

Untuk perangkat yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, dukungan kamera yang ditawarkan oleh itel A80 juga tergolong sangat baik. Lensa utama maupun depannya sama-sama lebih tinggi jika dibandingkan perangkat sekelasnya.

Bahkan untuk kamera utamanya, itel A80 sudah menggunakan lensa beresolusi 50MP yang dipadukan bersama sensor auxiliary 0,08MP. Kita secara teknis bisa memakainya untuk menghasilkan gambar yang tidak mudah pecah ketika diperbesar.

Sementara pada kamera depannya, itel A80 dilengkapi dengan lensa beresolusi 8MP. Kemampuannya tentu sudah cukup untuk pemakaian sehari-hari mulai dari mengambil gambar selfie hingga melakukan panggilan video.

4. Baterai Besar

Saat memerlukan perangkat dengan dukungan baterai yang baik, itel A80 juga dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Ponsel tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan daya yang sangat besar.

Berkapasitas sampai 5.000mAh, baterai itel A80 memungkinkan kita beraktivitas dengan siklus pemakaian harian berdurasi panjang. Kita tidak perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya.

Berdasarkan klaim dari Pihak itel, baterai itel A80 dapat bertahan hingga selama 35 hari saat dibiarkan menyala dalam mode siaga. Perangkat tersebut pun dapat digunakan untuk mendengarkan musik selama 75 jam, melakukan panggilan telepon 31 jam, atau memutar video 18 jam dari penuh hingga habis.

Pengisian daya pada itel A80 di sisi lain sudah menggunakan USB Type-C. Kecepatannya memang standar, tetapi pemakaian antarmuka mutakhir ini setidaknya memungkinkan kita menggunakan perangkat secara fleksibel.

5. Sudah Bawa Sensor Pemindai Sidik Jari

Melengkapi berbagai keunggulan yang dibawanya, itel A80 juga mempunyai sensor pemindai sidik jari. Fitur tambahan ini tentu dapat membuat pemakaian perangkat menjadi lebih praktis.

Penempatan sensor pemindai sidik jari di itel A80 menariknya sudah mengikuti perangkat-perangkat masa kini. Ponsel tersebut menempatkannya di sisi samping bersama tombol Power.

Kekurangan itel A80

1. Sensor Cahaya Belum Ada

Membawa berbagai keunggulan yang membuatnya cukup layak untuk dipertimbangkan, itel A80 sayangnya masih memiliki beberapa kekurangan. Hal ini cukup wajar jika melihat banderol harganya.

Salah satu di antaranya, itel A80 tercatat belum membawa dukungan sensor cahaya sekitar. Ini mengartikan bahwa perangkat tersebut tidak dapat menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis.

2. Harga Sedikit Lebih Mahal

Beberapa peningkatan yang ditawarkan oleh itel A80 juga harus diganjar dengan banderol harga yang sedikit lebih mahal dari pendahulunya. Terdapat kenaikan sekitar Rp200 ribuan.

Adanya kenaikan harga memang cukup wajar. Akan tetapi perlu diingat bahwa itel A80 mempunyai spesifikasi yang sebagian besar mirip dengan pendahulunya. Perangkat tersebut hanya memiliki desain layar yang lebih baik dan kamera utama lebih tinggi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar