ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot Panjang di HP itel Agar Banyak Tersimpan

Gadetren – itel merupakan salah satu merek ponsel yang menawarkan produk harga terjangkau dengan spesifikasi menarik.

Hampir mirip dengan ponsel berbasis Android lainnya, kamu juga dapat melakukan screenshot panjang pada ponsel buatan itel untuk mengabadikan halaman dokumen atau situs yang diperlukan.

Bahkan kamu pun bisa mendapatkan banyak data hingga berhalaman-halaman ketika menggunakan screenshot panjang. Untuk itulah, kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini untuk melakukan screenshot panjang di ponsel itel.

Cara Screenshot Panjang di HP itel

  1. Cari dan tentukan area yang ingin kamu screenshot.
  2. Tekan kombinasi tombol fisik Volume Bawah dan Power secara bersamaan.
  3. Screenshot akan diambil.
  4. Lalu akan muncul gambar melayang dari screenshot.
  5. Tekan tombol Scroll Screenshot yang berikon dua panah ke bawah di sebelah kirinya.
  6. Halaman akan digulir ke bawah otomatis.
  7. Tekan tombol Selesai atau Finish di bagian bawah untuk selesai mengambil screenshot panjang.
  8. Hasil screenshot dapat dilihat melalui aplikasi Gallery maupun File Manager.

Perlu dicatat apabila kamu membagikan gambar hasil screenshot panjang ke aplikasi chat seperti WhatsApp akan membuat gambarnya menjadi kurang jelas karena akan mengalami kompresi untuk mengecilkan ukurannya.

Dengan begitu, sebaiknya kamu mengirim gambar hasil screenshot panjang menggunakan mode HD atau dalam bentuk file agar kualitasnya tetap terjaga.

Sementara itu, fitur screenshot panjang hanya bisa aktif ketika kamu mengabadikan konten yang dapat digulir seperti dokumen maupun halaman web. Jika hanya ada satu halaman saja, maka fitur screenshot akan mengambil gambar seperti biasa saja.

Selain kombinasi tombol, kamu juga dapat mengambil screenshot di ponsel itel melalui metode alternatif yang telah disediakan seperti gesture 3 jari atau tombol screenshot di Quick Settings untuk menjaga tombol Power dalam kondisi prima.

Selain itu kamu juga bisa mengecek halaman Settings untuk mengatur opsi screenshot yang disediakan pada ponsel itel. Screenshot pasalnya berguna untuk berbagai kebutuhan sehingga akan lebih baik jika kamu sudah mengaturnya sesuai kebutuhan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar