ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

3 Cara Screenshot Itel S23 dan S23 Plus dengan Mudah

Cara Screenshot Itel S23 Header

Gadgetren – Meskipun dijual dengan harga cuma Rp1 jutaan, namun itel S23 dan S23 Plus mempunyai beragam fitur yang dapat mendukung kegiatan maupun pekerjaan dari penggunanya.

Soal urusan screenshot, itel S23 Series didukung dengan metode penggunaan tombol fisik, gesture pada layar, maupun tombol pada layar. Hampir sama dengan ponsel berbasis Android lainnya, kombinasi tombol fisik Power dan Volume Bawah juga hadir pada perangkat buatan itel tersebut.

Bahkan metode dengan kombinasi tombol fisik bisa digunakan langsung sejak itel S23 diaktifkan pertama kali. Dengan begitu, kamu dapat langsung melakukan screenshot dengan metode tersebut tanpa perlu pengaturan terlebih dulu.

Cara Screenshot itel S23

Menggunakan Tombol Fisik

  1. Dari halaman Home Screen, cari area yang akan diambil screenshot.
  2. Tekan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan.
  3. Layar berkedip atau suara shutter berbunyi menandakan bahwa screenshot telah diambil.
  4. Gambar hasil screenshot dapat diakses melalui aplikasi Gallery atau File Manager.

Terlihat bahwa penggunaan metode kombinasi tombol fisik ini memang praktis, namun perlu diketahui bahwa kamu tidak boleh terlalu sering menggunakan tombol Power agar tidak cepat rusak.

Tombol Power sendiri memiliki peranan penting untuk menyalakan atau mematikan perangkat. Tentunya menjadi hal yang merepotkan ketika tombol Power rusak karena akan sulit mengaktifkan ponsel dari kondisi mati.

Menyadari fungsi tombol Power yang sangat penting, fitur gesture 3 jari pun dihadirkan untuk mengambil screenshot melalui sentuhan layar agar tidak melibatkan tombol fisik sama sekali.

Menggunakan Gesture 3 Jari

  1. Buka kunci layar itel S23.
  2. Cari area yang akan kamu screenshot.
  3. Setelah area dipilih, sapu layar dari atas ke bawah dengan tiga jari.
  4. Setelah layar berkedip atau suara shutter terdengar, berarti screenshot telah dilakukan.
  5. Hasil screenshot dapat dilihat di aplikasi Gallery atau File Manager.

Bisa dibilang fitur gesture 3 jari juga sudah aktif secara otomatis ketika itel S23 digunakan untuk pertama kalinya. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan pengaturan terlebih dulu untuk menggunakan metode tersebut.

Sementara apabila fitur gesture 3 jari sedang error atau tidak bisa digunakan, maka sebagai alternatifnya kamu dapat menggunakan tombol Screenshot yang berada di Quick Settings.

Melalui Quick Settings

  1. Cari area yang akan diambil screenshot.
  2. Setelah area ditentukan, sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  3. Pada saat layar berkedip atau suara shutter berbunyi, maka screenshot telah dilakukan.
  4. Kamu dapat melihat gambar hasil screenshot melalui aplikasi Gallery atau File Manager.

Bisa dibilang kamu sebaiknya menggunakan gesture 3 jari maupun tombol virtual screenshot pada Quick Settings agar tombol Power tidak terlalu sering digunakan untuk mengambil screenshot.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar