ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini Bedanya iPhone 16 Vs iPhone 15, Sedikit Tapi Signifikan!

Gadgetren – Dibalut desain yang lebih segar, iPhone 16 meluncur dengan sejumlah peningkatan. Perangkat tersebut menawarkan berbagai dukungan yang lebih mutakhir ketimbang iPhone 15.

Secara umum, perangkat tersebut kini mempunyai dapur pacu yang lebih kuat. Kemampuan perekaman suaranya semakin lengkap. Beberapa fitur baru juga turut hadir melengkapi peningkatannya.

Dengan berbagai peningkatan yang dibawanya, iPhone 16 pun bisa menjadi pilihan yang lebih menarik. Perangkat tersebut tetap layak untuk dipertimbangkan oleh kamu yang sebelumnya menggunakan iPhone 15.

Perbedaan iPhone 16 Vs iPhone 15

Peningkatan utama dari iPhone 16 terletak pada chipset yang digunakan. Perangkat baru Apple tersebut kini menggunakan Apple A18, menggantikan Apple A17 Bionic yang menjadi andalan seri iPhone 15.

Berdasarkan klaim dari Apple, chipset baru mereka mempunyai kemampuan pemrosesan data 30 persen lebih cepat dan pemrosesan gambar 40 persen lebih unggul ketimbang Apple A16 Bionic.

Kemampuan Neural Engine dari Apple A18 juga dua kali lebih mumpuni untuk menjalankan pembelajaran mesin. Padahal di sisi lain, chipset ini justru 30 persen lebih hemat daya dibanding generasi sebelumnya.

iPhone 16 Vs iPhone 15 - 1

iPhone 16

Yang tak kalah menarik, Apple A18 kini menawarkan dukungan ray tracing berbasis peranti keras. Teknologi ini mampu menghasilkan frame rate lima kali lebih tinggi ketimbang ray tracing dengan peranti lunak.

Berbekal Apple A18, iPhone 16 juga mendukung Apple Intelligence yang diluncurkan bersama iOS 18.1. Sistem kecerdasan buatan ini sementara akan tersedia terbatas untuk perangkat dengan chipset Apple A17 Pro ke atas.

Sedikit informasi, Apple Intelligence merupakan sistem kecerdasan buatan dengan model generatif. Kita di dalamnya dapat menemukan berbagai fitur cerdas seperti Writing Tools untuk membantu kita membuat tulisan, Clean Up untuk menghapus obyek di dalam foto, atau Smart Reply untuk membalas pesan e-mail.

Hadir dengan desain baru, iPhone 16 kini dilengkapi dengan tombol khusus yang disebut Camera Control. Fungsinya untuk mengoperasikan kamera secara lebih praktis mulai dari membuka hingga memakai fitur-fitur di dalamnya.

Camera Control bukan hanya sekadar tombol biasa. Apple menggunakan sensor gaya presisi tinggi yang memungkinkan gesture tekan ringan dan sensor kapasitif untuk pengoperasian dengan sentuhan.

iPhone 16 Vs iPhone 15 - 2

iPhone 15

Membahas kamera, Apple memang masih menggunakan lensa dengan resolusi yang sama. Hanya saja kamera utamanya kini dilengkapi dengan lapisan anti-reflective yang akan mengurangi pemantulan cahaya.

Sistem kamera iPhone 16 kini juga lebih mumpuni. Perangkat tersebut mendukung beberapa mode pengambilan gambar dan perekaman video baru seperti Macro photography, Spatial photos, atau Spatial videos.

Sebagai penunjangnya, kemampuan perekaman suara dari iPhone 16 juga semakin baik. Terdapat beberapa fungsi baru seperti Perekaman Audio Spasial, Wind Noise Reduction, maupun Audio Mix.

Selain beberapa peningkatan di atas, dukungan konektivitas pada iPhone 16 juga semakin mutakhir. Perangkat tersebut kini dilengkapi dengan WiFi 7 yang mana tentunya mempunyai kemampuan lebih unggul jika dibandingkan WiFi 6 pada iPhone 15.

Ditunjang dengan komponen yang semakin hemat daya, siklus pemakaian harian iPhone 16 juga akan lebih panjang. Perangkat tersebut bahkan diklaim dapat menghasilkan sesi pemutaran video hingga 22 jam padahal iPhone 15 sebelumnya hanya 20 jam.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar