ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya iPhone 16 Pro Vs iPhone 15 Pro, Semakin Mumpuni!

Gadgetren – Tidak seperti versi reguler yang kini memakai desain baru, iPhone 16 Pro masih terlihat serupa dengan pendahulunya. Perangkat tersebut masih memakai bentuk kamera seperti iPhone 15 Pro.

Meskipun begitu, spesifikasi yang ditawarkan oleh iPhone 16 Pro tentu saja sangat berbeda. Perangkat tersebut mengemas berbagai macam peningkatan dan fitur baru yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan.

Dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 16 Pro kini setidaknya menawarkan layar yang lebih besar, dapur pacu lebih kuat, dan dukungan yang semakin lengkap. Kita dapat melihat berbagai peningkatan ini lewat perbedaan dari kedua perangkat tersebut.

Perbedaan iPhone 16 Pro Vs iPhone 15 Pro

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, peningkatan yang diusung oleh iPhone 16 Pro salah satunya terdapat pada bagian layar. Perangkat tersebut kini memakai panel yang berukuran lebih besar.

Masih menggunakan panel Super Retina XDR, layar iPhone 16 Pro kini membentang seluas 6,3 inci. Naik 0,2 inci jika dibandingkan dengan iPhone 15 Pro yang sebelumnya hanya berukuran 6,1 inci.

Dengan ukuran yang lebih besar, resolusi layar iPhone 16 Pro juga sedikit lebih tinggi. Perangkat tersebut mampu menangani gambar maksimal sampai 2622 x 1206 piksel saat iPhone 15 Pro hanya 2556 x 1179 piksel.

iPhone 16 Pro Vs iPhone 15 Pro - 1

iPhone 16 Pro

Di balik ukurannya yang terlihat semakin besar, kemampuan pemrosesan data iPhone 16 Pro juga semakin kuat. Perangkat tersebut memakai chipset Apple A18 Pro yang merupakan penerus dari Apple A17 Pro milik iPhone 15 Pro.

Dalam keterangan Apple, Apple A18 Pro mempunyai pemrosesan data 15 persen lebih cepat dari Apple A17 Pro. Kemampuan pemrosesan grafisnya 20 persen lebih mumpuni. Dukungan ray tracing pun dua kali lebih baik.

Tak hanya kinerjanya, dukungan konektivitas pada iPhone 16 Pro juga semakin mumpuni dengan penggunaan Apple A18 Pro. Perangkat tersebut kini dilengkapi dengan teknologi WiFi 7 yang notabene lebih mutakhir daripada WiFi 6E milik iPhone 15 Pro.

Untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam menggunakan fungsi kamera, iPhone 16 Pro juga menghadirkan sebuah tombol baru bernama Camera Control yang disematkan di sisi samping bodinya.

Camera Control memungkinkan kita mengakses kamera secara lebih cepat. Kita juga dapat menggunakannya untuk mengatur zoom, eksposur, atau depth of field saat memfoto dan merekam video.

iPhone 16 Pro Vs iPhone 15 Pro - 2

iPhone 15 Pro

Pada bagian kameranya, iPhone 16 Pro juga membawa dukungan lensa yang lebih mumpuni. Perangkat tersebut di antaranya sudah menggunakan lensa ultrawide 48MP saat iPhone 16 Pro sebelumnya hanya 12MP.

Selain itu, kamera iPhone 16 Pro kini dilengkapi dengan lapisan anti-reflective yang dapat mengurangi pantulan cahaya serta dukungan untuk mengambil foto dalam format JPEG-XL.

Fitur perekaman suara di iPhone 16 Pro juga semakin mumpuni. Kita kini dapat menemukan fitur baru seperti Perekaman Audio Spasial, Wind Noise Reduction, hingga Audio Mix.

Selaras dengan peningkatan kemampuannya, iPhone 16 Pro menawarkan siklus pemakaian harian yang lebih panjang. Perangkat tersebut bahkan diklaim mampu bertahan hingga 27 jam untuk pemutaran video atau lebih lama dari iPhone 15 Pro yang hanya sampai 23 jam.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar