ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Apple Intelligence Segera Hadir Bulan Oktober 2024, Ini Fitur-Fiturnya

Apple Intelligence Segera Hadir Bulan Oktober 2024, Ini Fitur-Fiturnya

Gadgetren – Dalam ajang Apple Event semalam, Apple tak hanya memamerkan perangkat teknologi terbarunya seperti seri iPhone 16, AirPods 16, dan Watch seri 10 tetapi juga turut memperkenalkan kehadiran fitur kecerdasan buatannya yang dikenal Apple Intelligence.

Apple Intelligence sendiri akan tersedia sebagai pembaruan perangkat lunak gratis. Rangkaian fitur Apple Intelligence pertama akan tersedia bulan depan sebagai bagian dari iOS 18.1, iPadOS 18.1, dan macOS Sequoia 15.1.

Apple Intelligence juga akan hadir dengan lebih banyak fitur yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Fitur ini tak hanya tersedia di seri iPhone 16 tetapi juga di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPad dan Mac dengan M1 dan lebih baru. Semua tersedia dengan dukungan Siri dan bahasa perangkat yang diatur ke bahasa Inggris Amerika Serikat.

Ke depannya Apple Intelligence akan segera diperluas ke dalam bahasa Inggris di Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Britania Raya di bulan Desember 2024, serta dukungan bahasa tambahan seperti bahasa Mandarin, Prancis, Jepang, dan Spanyol di tahun depan.

Ada beragam fitur yang ditawarkan dalam Apple Intelligence mencakup Alat Menulis, fitur Memori, Alat Bersihkan, meringkas audio, Fokus, dukungan Siri dengan Apple Intelligence dan masih banyak lagi.

Melalui fitur Alat Menulis memungkinkan pengguna bisa menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di semua tempat mereka menulis, termasuk Mail, Catatan, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Kemudian pengguna juga dapat mencari foto dan video lama dengan lebih mudah. Selanjutnya fitur Alat Bersihkan yang baru dapat mengidentifikasi dan menghapus objek yang tidak diinginkan di latar belakang foto tanpa mengubah subjek secara tidak sengaja.

 Writing-Tools-Apple-Intelligence

Selain itu pengguna juga dapat merekam, membuat transkrip, dan meringkas audio. Ketika rekaman dimulai saat sedang melakukan panggilan di aplikasi Telepon, peserta akan secara otomatis diberi tahu, dan setelah panggilan berakhir, Apple Intelligence dapat membuat ringkasan berisi poin-poin penting.

Sementara fitur Fokus, Apple Intelligence dapat membantu pengguna memprioritaskan dan fokus di momen saat itu dengan rangkuman pemberitahuan lintas aplikasi. Dengan fitur Fokus, Apple Intelligence akan memunculkan notifikasi yang mungkin butuh perhatian segera dan Pesan Prioritas di Mail.

Tak hanya itu, Siri dengan dukungan Apple Intelligence akan menjadi lebih natural, fleksibel, dan terintegrasi lebih menyeluruh ke dalam pengalaman sistem. Siri juga akan menampilkan desain baru dengan cahaya yang mengelilingi tepi layar saat aktif di iPhone, iPad, atau CarPlay.

 Image-Apple-Intelligence.Selanjutnya pada perangkat Mac, pengguna akan bisa meletakkan Siri di mana saja di desktop mereka untuk kemudahan akses selagi bekerja. Siri turut didukung kemampuan pemahaman bahasa yang lebih kaya sehingga disebut dapat memahami ketika pengguna terbata-bata atau salah ucap dan dapat mengikuti konteks dari satu permintaan ke permintaan berikutnya.

Fitur-fitur Apple Intelligence lainnya akan diluncurkan tahun ini dan dalam beberapa bulan ke depan. Salah satunya ialah Image Playground yang akan memungkinkan pengguna dapat membuat gambar dalam waktu singkat.

Fitur baru lainnya yang akan diberikan beberapa bulan depan ialah Image Wand yang akan membuat catatan lebih menarik secara visual dengan mengubah sketsa kasar menjadi gambar yang hidup.

 Wand-Apple-Intelligence

Apple Intelligence juga akan menghadirkan Emoji yang menjadi lebih canggih dengan kemampuan untuk membuat Genmoji sendiri hanya dengan mengetikkan deskripsi, atau dengan memilih foto teman atau anggota keluarga.

Ke depannya, Siri akan menawarkan kemampuan konteks pribadi pengguna untuk memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Siri juga akan memiliki kesadaran di layar dan dapat melakukan ratusan tindakan baru di dalam maupun di berbagai aplikasi Apple dan pihak ketiga.

Dengan Siri, pengguna akan memiliki opsi untuk mengakses ChatGPT lebih luas di dalam iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar