ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghilangkan Rekomendasi Aplikasi HP OPPO

Gadgetren – Ponsel OPPO memiliki berbagai fitur termasuk rekomendasi aplikasi sebagai salah satu bentuk untuk membantu pengguna dalam beraktivitas.

Fitur tersebut akan memunculkan berbagai aplikasi untuk dipasang pada ponsel yang disarankan berkat popularitas, aplikasi berkaitan, maupun lainnya.

Tentunya ada sebagian dari kamu yang tidak membutuhkan rekomendasi aplikasi karena merasa aplikasi yang digunakan sudah cukup maupun tidak terlalu peduli dengan aplikasi-aplikasi baru. Untungnya kamu dapat menghilangkan fitur ini dengan mudah.

Pada Versi ColorOS 13 Atau Lebih Baru

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih opsi Home screen & Lock screen.
  3. Pilih menu Home screen mode.
  4. Tekan tombol Show app suggestions ke posisi mati.

Perlu dicatat bahwa untuk tata letak untuk opsi fitur rekomendasi aplikasi di ColorOS 13 akan sedikit berbeda dibandingkan dengan ColorOS 12 atau versi di sebelumnya sehingga kamu bisa mencoba keduanya jika tidak muncul di salah satu langkah.

Pada ColorOS 12 Atau Lebih Lama

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Klik menu Home screen & Lock screen.
  3. Tekan tombol Show app suggestions ke posisi mati.
  4. Rekomendasi aplikasi pun harusnya tidak akan muncul lagi.

Terlihat bahwa untuk mencari fitur Show app suggestions di ColorOS 13 agak lebih ke dalam dibandingkan dengan ColorOS 12. Sebagai alternatifnya, kamu juga dapat mengetikkan kata App Suggestion pada kolom Search di Settings.

Dengan begitu kamu akan diarahkan secara langsung ke opsi pengaturannya ketika menggunakan Search sehingga lebih cepat dalam menemukannya dibandingkan harus mencari-sendiri menunya.

Dengan menonaktifkan fitur Show app suggestions, nantinya kamu tidak akan menerima lagi rekomendasi aplikasi yang muncul secara tiba-tiba di ponsel OPPO.

Sementara jika kamu memang menginginkan kembali rekomendasi muncul di ponsel OPPO, maka dapat mengikuti langkah yang sama mengaktifkan kembali fiturnya.

Kamu yang suka mencari-cari aplikasi unik mungkin sebaiknya tetap mengaktifkan fitur ini sementara kamu yang tidak peduli memang lebih baik mematikannya saja agar tidak terlalu banyak hal yang bermunculan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar