ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengecek O-Guard di HP OPPO Untuk Memastikan Status Kredit

Cara Mengecek O-Guard di HP OPPO Header

Gadgetren – Mulai banyak orang perlu mengecek O-Guard pada ponsel OPPO akibat berbagai alasan, namun paling sering ketika ingin membeli ponsel baru.

O-Guard pada ponsel OPPO sendiri adalah fitur keamanan yang biasanya diaktifkan oleh penjual ketika dibeli melalui pembayaran kredit.

Saat fitur O-Guard aktif, kamu akan diberitahu bahwa ponsel OPPO tersebut merupakan ponsel kontrak serta tanggal ponsel pertama kali diaktifkan. Untuk mengecek O-Guard pada ponsel OPPO pun mudah karena bisa langsung melalui aplikasi Settings.

Cara Mengecek O-Guard di HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu About device atau About Phone.
  3. Gulir ke bawah dan pilih menu Version.
  4. Pilih menu O-Guard.
  5. Kamu akan melihat informasi mengenai operator, ponsel kontrak, dan tanggal aktivasi.

Jika ponsel OPPO yang ingin kamu beli muncul fitur O-Guard, maka itu menandakan bahwa barang cicilan atau kredit. Cicilan pun harus dilunasi hingga selesai agar O-Guard hilang.

Dengan fitur O-Guard, pihak toko atau penyedia kredit dapat secara otomatis mengunci perangkat OPPO jika pembayaran tidak dilakukan tepat waktu.

Misalnya jika kamu melewatkan pembayaran bulan ini, O-Guard akan mengunci ponsel dan menampilkan pesan yang meminta pelunasan tunggakan sebelum perangkat dapat digunakan kembali.

Jika kamu mencoba melakukan Factory Reset, fitur O-Guard akan tetap aktif hingga cicilan selesai dilunasi sehingga hanya melunasi cicilan saja yang dapat mematikannya.

Oleh karena itu kamu harus berhati-hati terhadap ponsel bekas yang ingin dibeli dan pastikan tidak ada proses cicilan yang masih berjalan agar kamu tidak kerepotan di kemudian hari akibat fitur O-Guard.

Apalagi kini banyak kabar yang menyebutkan penjual tidak bertanggung jawab sulit dihubungi setelah menjual ponsel OPPO yang masih memiliki fitur O-Guard.

Dengan sudah mengetahui langkah untuk mengeceknya, kini kamu dapat memastikan sendiri mengenai kehadiran O-Guard pada ponsel yang ingin dibeli. Jika kamu menemukan fitur ini masih aktif, maka sebaiknya hindari untuk membeli ponsel tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar