ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix Biar Pengoperasian Lebih Praktis!

Cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix - Header

Gadgetren – Menjalankan antarmuka sistem XOS, berbagai model ponsel buatan Infinix dilengkapi dengan sejumlah fitur penunjang yang dapat memudahkan para pengguna dalam beraktivitas.

Antarmuka sistem tersebut salah satunya mempunyai sebuah fitur bernama Smart Panel. Fungsinya sangat mirip dengan Edge Panel milik Samsung atau Smart Sidebar milik Xiaomi, yakni untuk mengakses sejumlah pintasan aplikasi atau dukungan di ponsel Infinix dengan lebih praktis.

Fitur ini dapat ditemukan secara khusus pada berbagai perangkat Infinix generasi baru. Namun jika belum muncul, kita biasanya hanya perlu mengaktifkan setelannya melalui halaman pengaturan.

Cara Mengaktifkan Smart Panel Infinix

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Special function.
  • Pilih menu Smart Panel.
  • Aktifkan tombol sakelar pada opsi Smart Panel.
  • Aktifkan Vibration switch untuk memperoleh umpan balik getaran ketika membuka Smart Panel.
  • Aktifkan Virtual volume slider untuk menampilkan pengaturan volume di Smart Panel.

Perlu diingat bahwa setiap model ponsel terkadang memerlukan langkah yang berbeda-beda untuk mengaktifkan fitur Smart Panel. Secara umum, kita dapat menemukan setelannya dengan mudah pada menu Special Function.

Jika merasa kesulitan untuk menemukan setelan Smart Panel di halaman pengaturan, kita pun hanya perlu memanfaatkan fungsi penelusuran dengan mengetikkan kata kunci yang sesuai.

Meskipun sudah bisa langsung diakses setelah diaktifkan, Smart Panel kadang-kadang masih perlu disesuaikan. Berbagai pintasan menu dan aplikasi perlu diatur agar pas dengan aktivitas yang sering dilakukan.

Mengatur Pintasan Smart Panel Infinix

  • Buka Smart Panel dengan gesture mengusap layar dari sisi samping ke dalam dan menahannya hingga muncul huruf S.
  • Setelah muncul, gulirkan menu Smart Panel hingga sampai ke bagian bawah.
  • Ketuk tombol Edit.
  • Pilih aplikasi atau menu yang ingin ditambahkan ke Smart Panel.
  • Ketuk tombol minus pada aplikasi atau menu Smart Panel yang ingin dihapus.
  • Ketuk Done jika sudah selesai.

Secara khusus, kita dalam hal ini umumnya dapat mengubah Smart Panel dengan menambahkan aplikasi yang mendukung fungsi multi-jendela maupun berbagai peralatan seperti fungsi screenshot, merekam layar, hingga membersihkan berkas sampah.

Walaupun menarik, dukungan Smart Panel sayangnya tidak tersedia untuk semua model ponsel buatan Infinix. Beberapa perangkat yang tergolong baru seperti Infinix SMART 8 bahkan belum memilikinya.

Ketika demikian, sebagian orang mungkin akan menyarankan kita memasang aplikasi tambahan supaya bisa menggunakan fitur ini. Namun, saya pribadi tidak menyarankannya karena mengunduh aplikasi dari sumber ilegal cenderung berbahaya untuk keamanan data maupun perangkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar