ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengajukan Banding Instagram Jika Akun Diblokir

Gadgetren – Akun Instagram bisa diblokir karena ditemukannya pelanggaran terhadap Pedoman Komunitas atau Ketentuan Layanan Instagram.

Namun jika kamu merasa pemblokiran ini merupakan kesalahan, kamu bisa mengajukan banding untuk memulihkan akun kamu sehingga bisa digunakan lagi.

Ada berbagai saluran untuk melakukan banding baik itu mulai aplikasi, email, Pusat Bantuan Instagram, menghubungi Instagram, hingga media sosial.

Cara Mengajukan Banding Instagram

  • Buka Aplikasi Instagram.
  • Masuk ke akun kamu.
  • Kamu akan melihat pesan yang mengatakan bahwa akun telah diblokir.
  • Ketuk opsi Banding.
  • Pada pesan yang muncul, pilih opsi untuk mengajukan banding.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Isi Formulir Banding dengan informasi nama, alamat email, dan alasan mengapa akun seharusnya tidak diblokir.
  • Kirim banding kamu dan tunggu tanggapan dari tim Instagram.

Selain melalui fitur yang telah disajikan, kamu juga dapat melakukan banding melalui Pusat Bantuan Instagram melalui link https://help.instagram.com/ pada browser.

Di bagian pencarian, ketik “Akun yang Dinonaktifkan” atau “Ajukan Banding.” Nantinya kamu akan menemukan artikel yang relevan dengan judul seperti “Akun Instagram Saya Dinonaktifkan.”

Dalam artikel tersebut, kamu akan menemukan tautan ke formulir banding yang dapat diisi secara jujur untuk kemudian dikirimkan ke tim Instagram.

Kadang-kadang jika akun diblokir, kamu akan menerima email dari Instagram yang memberi tahu kamu tentang pemblokiran tersebut yang mana bisa balas untuk dan meminta dikaji ulang.

Namun sebelum mengajukan banding, periksa kembali apakah akun kamu melanggar Pedoman Komunitas atau Ketentuan Layanan Instagram atau tidak karena tidak akan memungkinkan jika akun kamu memang melanggar seesuatu.

Pelanggaran bisa mencakup kamu mengunggah video yang tidak pantas, pornografi, kekerasan, menebar kebohongan dan menghasut, berisi pencemaran nama baik, hingga berkomentar menggunakan kata-kata kasar.

banding mungkin memakan waktu beberapa hari hingga minggu tergantung pada kasus dan volume permintaan yang ditangani Instagram. Setelah kamu mengajukan banding, tim Instagram akan meninjau kasus kamu dan memberi tahu  tentang keputusan mereka melalui email, apakah banding diterima atau ditolak.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar