ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan realme Note 60, HP Murah Tahan Banting!

Gadgetren – realme Note 60 merupakan ponsel baru yang cukup menarik. Perangkat entri tersebut mempunyai berbagai keunggulan meskipun dijual dengan banderol harga yang sangat terjangkau.

Bagi kamu yang belum tahu, realme Note 60 tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp1.399.000. Perangkat tersebut hadir dalam tiga konfigurasi memori yang bisa dipertimbangkan sesuai kebutuhan.

Dengan banderol harga yang relatif terjangkau, perangkat tersebut menariknya dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. realme Note 60 pun dapat menjadi pilihan ekonomis buat kita yang sedang memerlukan sebuah ponsel baru.

Kelebihan realme Note 60

1. Bodi Tangguh

Mengusung jargon “Kualitas Jempolan Sejutaan”, realme Note 60 meluncur dengan bodi yang tangguh. Perangkat tersebut dirancang dengan perlindungan maksimal untuk berbagai skenario penggunaan.

Dalam hal ini, perangkat tersebut dilengkapi dengan ArmorShell Protection yang menawarkan kombinasi dari delapan jenis sistem perlindungan untuk mencegah berbagai kerusakan fisik dalam pemakaian.

Salah satu di antaranya, ArmorShell Protection menawarkan aluminium die-cast berkekuatan tinggi sebagai rangka. Material khusus ini diklaim mempunyai tingkat kekakuan hingga 20 persen lebih unggul dari aluminium konvensional yang dipakai kebanyakan ponsel di level entri.

ArmorShell Protection juga menawarkan empat rusuk penguat yang kokoh di kedua sisi dan di bagian tengah. Struktur ini dapat memberikan ketahanan terhadap tekukan hingga 123 persen lebih tinggi dibandingkan perangkat lain.

Pemakaian kaca yang diperkuat pun menjadi bagian dari sistem ArmorShell Protection. Dengan lapisan tambahan ini, layar realme Note 60 tak hanya tahan terhadap goresan melainkan juga benturan. Bahkan sudah terbukti dalam uji jatuh dari ketinggian 1,5 meter ke permukaan marmer.

Sebagai tambahan, ArmorShell Protection juga menghadirkan bezel yang dibuat sedikit lebih tinggi untuk melindungi layar. Desain ini akan mengurangi risiko benturan saat ponsel terjatuh dengan posisi menghadap ke bawah yang mana tentunya lebih rentan untuk layar.

Penutup belakang bodi realme Note 60 pun menggunakan lapisan resin yang diawetkan dengan cahaya polimer tinggi. Bagian ArmorShell Protection ini akan memastikan perangkat mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap gesekan maupun perubahan akibat reaksi kimia.

Di bagian internal, ArmorShell Protection juga hadir dalam bentuk cincin silikon yang dipasang pada semua konektor. Ini akan membuat kabel tidak mudah terlepas sekaligus memberikan ketahanan lebih baik terhadap perembesan air.

Kelebihan dan Kekurangan realme Note 60 - ArmorShell Protection

Sambungan pada berbagai komponen penting seperti chipset, RAM, maupun media penyimpanan juga menggunakan proses perekatan yang akan memastikan koneksi tidak mudah terusik atau bahkan terlepas.

Selain itu, teknologi ArmorShell Protection juga akan melindungi bagian-bagian yang terbuka pada realme Note 60 dengan memakai InSeal. Bantalan silikon dan busanya akan menjaga bagian dalam perangkat supaya tidak mudah kemasukan air.

Berkaitan dengan perlindungan terhadap air ini, realme Note 60 di sisi lain juga sudah mengemas sertifikasi IP64. Perangkat tersebut secara teknis sudah dapat digunakan saat gerimis atau tangan basah tanpa khawatir ada kendala fungsional.

Untuk memastikan ketangguhannya, realme Note 60 juga sudah membawa sertifikasi High Reliability dari TÜV Rheinland. Sertifikasi ini diperoleh setelah perangkat tersebut berhasil lolos dari tujuh jenis uji penggunaan sehari-hari, enam jenis uji keandalan komponen, dan tujuh skenario pengujian ekstrem.

2. Pilihan Memori Bervariasi

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, realme Note 60 hadir dalam tiga konfigurasi memori. Kita pun dapat memilihnya secara lebih leluasa dengan mempertimbangkan aktivitas atau kebutuhan yang mana terkadang bisa berbeda-beda untuk setiap orang.

Varian yang paling terjangkau menawarkan konfigurasi RAM dan penyimpanan sebesar 4GB + 64GB. Sementara jika memerlukan dukungan yang lebih baik, terdapat opsi 6GB + 128GB atau 8GB + 256GB yang notabene tergolong sangat besar di kelasnya.

Yang tak kalah menarik, realme Note 60 di sisi lain masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu MicroSD meskipun sudah memiliki media internal yang besar. Slot yang diberikan pun sudah terdedikasi sehingga kita bisa memakainya bersama dua nomor secara bersamaan.

3. Layar Beranimasi Tinggi

Bagian layar dari realme Note 60 juga menjadi keunggulan yang tak boleh dilewatkan. Selain menjanjikan keandalan pemakaian tinggi, spesifikasi panel yang digunakan oleh perangkat tersebut juga cukup menarik.

Layar realme Note 60 di antaranya sudah mendukung pengaturan refresh rate yang lebih tinggi daripada perangkat pada umumnya. Secara teknis, realme note 60 dapat menayangkan berbagai konten dengan setelan animasi yang lebih mulus di mana bahkan bisa sampai 90Hz.

Panel LCD yang digunakan realme Note 60 juga mempunyai tingkat kecerahan sampai 560 nits. Jadi, kita tidak perlu khawatir saat menggunakan perangkat di bawah terik matahari karena tampilan layarnya akan tetap terlihat dengan jelas.

Di sisi lain, layar realme Note 60 juga tergolong sangat luas walaupun resolusi gambarnya hanya sampai HD+ (1600 x 720 piksel). Perangkat tersebut sudah mengadopsi panel LCD yang membentang hingga 6,74 inci.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Beraktivitas dengan menggunakan realme Note 60 juga bisa dilakukan dengan sangat nyaman. Kita bisa memakai perangkat tersebut seharian penuh tanpa khawatir baterainya akan cepat habis di tengah-tengah aktivitas.

Perangkat tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh. Berdasarkan klaim dari Pihak realme, kita bahkan sudah bisa memakai realme Note 60 untuk melakukan panggilan telepon hingga selama 30 jam dalam satu kali pengisian daya.

Berdasarkan sektor ini, realme Note 60 juga akan cocok buat kita yang memerlukan perangkat untuk pemakaian jangka panjang. Ponsel entri tersebut diklaim mampu mempertahankan kesehatan baterainya tetap di atas 80 persen bahkan setelah 1.000 siklus pengisian daya.

5. Kamera Beresolusi Tinggi

Sebagaimana ponsel realme yang lain, sektor kamera pada realme Note 60 juga menjadi salah satu keunggulan yang menjanjikan. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan lensa utama beresolusi sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan mobile photography.

Lensa utama pada realme Note 60 dapat mengakomodasi pengambilan gambar hingga resolusi 32MP. Dukungan ini setidaknya memungkinkan kita menghasilkan foto berukuran tinggi yang tidak mudah pecah ketika diperbesar.

Saat digunakan dalam mode pengambilan standar, lensa beresolusi tinggi juga dapat membuat pengambilan gambar atau perekaman video menjadi lebih jernih. Sensor soalnya dapat menggabungkan beberapa piksel menjadi satu untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Kekurangan realme Note 60

1. Kamera Depan Standar

Meskipun menawarkan lensa utama beresolusi tinggi, realme Note 60 sayangnya hanya dilengkapi dengan kamera depan yang sangat standar. Konfigurasinya bahkan akan kalah jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya.

Kamera depan realme Note 60 hanya beresolusi 5MP. Secara teknis, memang sudah cukup untuk sekadar mengabadikan momen atau video konferensi tetapi hasilnya terlihat kurang maksimal jika dibandingkan dengan ponsel yang mempunyai lensa lebih tinggi.

2. Pengisian Daya Lambat

Menemani baterainya yang besar, realme Note 60 juga masih mengandalkan teknologi pengisian daya yang cukup rendah. Perangkat tersebut hanya dilengkapi dengan dukungan pengisian 10W saja.

Mengingat harganya, penggunaan teknologi pengisian ini terbilang masih wajar. Hanya saja dengan baterainya yang besar, kita perlu menyiapkan waktu khusus untuk mengisi daya karena akan memakan waktu yang sangat lama.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar