ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

10 Kelebihan dan Kekurangan realme Note 50, HP Entri Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan realme Note 50 - Header

Gadgetren – realme Indonesia akhirnya resmi memboyong perangkat pertama dari lini Note mereka, yakni realme Note 50. Ponsel tersebut kini sudah bisa dipinang melalui berbagai macam saluran.

Terdiri dari dua varian media penyimpanan, perangkat tersebut dapat dipinang dengan harga mulai dari Rp999.000 selama flash sale atau Rp1.299.000 di saat normal. Sementara varian tertingginya Rp1.399.000 dari aslinya Rp1.499.000.

Dengan banderol harga yang relatif sangat terjangkau bagi kebanyakan orang, realme Note 50 menariknya menawarkan sejumlah kelebihan. Adapun sebagian di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan realme Note 50

1. Layar lebar dengan Animasi Tinggi

Menawarkan panel IPS berukuran luas, layar realme Note 50 menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan. Kita nanti makanya dapat menikmati berbagai macam konten mulai dari video hingga game secara lebih leluasa.

Layar realme Note 50 bahkan tercatat mencapai angka 6,74 inci ketika diukur secara diagonal dari ujung ke ujung. Hanya saja resolusi cukup standar untuk kelas entri di mana maksimal mampu menampilkan gambar HD+ (1600 x 720 piksel).

Yang tak kalah menarik dari layar realme Note 50, panelnya mendukung pengaturan refresh rate yang lumayan tinggi. Video atau game dapat dijalankan dengan animasi sampai 90Hz selama setelan konten mendukung hal ini.

2. Penyimpanan Cukup Untuk Masa Sekarang

Perangkat realme Note 50 dapat dipilih berdasarkan media internal yang diinginkan di mana antara 64GB atau 128GB. Untuk pemakaian kasual, kapasitas sebesar ini sudah cukup mumpuni. Kita sudah dapat memakainya untuk menangani berbagai macam data maupun aplikasi.

Ditambah lagi, realme Note 50 masih dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu media eksternal. Kita pun dapat mengekspansi penyimpanannya dengan menambahkan Micro SD dengan kapasitas hingga 2TB apabila masih dirasa kurang.

3. Kinerja Mumpuni

Sebagai ponsel kelas entri, kemampuan realme Note 50 pun tak boleh dipandang sebelah mata. Perangkat tersebut sudah ditenagai dengan chipset Unisoc T612 (12nm) yang dapat bekerja dengan frekuensi maksimal hingga 1,8Ghz.

Chipset kelas entri ini memungkinkan kita mengerjakan berbagai macam tugas dengan lancar di mana termasuk untuk bermain game sekalipun. Bahkan dalam uji internal yang dilakukan realme, Unisoc T612 sudah mampu menembus skor 245.343 poin di AnTuTu versi 10.

Pihak realme memadukan chipset ini bersama RAM LPDDR4x berkapasitas 4GB yang dapat diekspansi lagi dengan memanfaatkan tambahan memori virtual sebesar 4GB. Terdapat juga jaminan kelancaran pemakaian hingga 48 bulan melalui optimalisasi lewat sisi peranti lunak.

4. Bodi Tangguh

Untuk sebuah perangkat yang dibanderol dengan harga kurang dari Rp1,5 juta, hadirnya fitur tahan percikan air dan debu juga menjadi daya tarik tersendiri dari realme Note 50. Perangkat tersebut dalam hal ini sudah mengusung sertifikasi IP54.

Dengan sertifikasi IP54, realme Note 50 memang masih belum diajak untuk berenang apalagi menyelam. Hanya saja kita nanti bisa memakainya secara lebih tenang di berbagai macam kondisi seperti saat hujan atau berada di sekitar kolam renang.

Di sisi lain, realme Note 50 juga mempunyai standar pengembangan yang sangat tinggi. Perangkat tersebut sudah menjalani berbagai macam pengujian mulai dari 10 skenario pemakaian sehari-hari, 7 tes penggunaan ekstrem, hingga 6 keandalan komponen.

Sebelum dipasarkan, realme Note 50 di antaranya harus berhasil melewati pengujian 500.000 kali tekanan tombol daya, 1.000 kali kompresi, 20.000 kali ketahanan konektor USB, hingga 14.000 kali tes jatuh mikro.

5. Baterai Besar

Sektor baterai turut menyokong berbagai macam keunggulan dari realme Note 50. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya sebesar 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan selama seharian penuh.

Bahkan berdasarkan hasil laboratorium realme, perangkat tersebut dapat digunakan secara berturut-turut untuk memutar musik hingga selama 106 jam, melakukan panggilan telepon 32 jam, berjejaring di media sosial 24 jam, menonton YouTube 13 jam, atau merekam video 10,6 jam.

Ditambah lagi, realme juga memastikan bahwa realme Note 50 mempunyai usia pemakaian baterai berjangka panjang. Kapasitas penyimpanan dayanya bahkan diklaim masih bisa di atas 80 persen setelah 1.200 siklus pengisian.

7. Fitur Lengkap

Dibandingkan dengan ponsel-ponsel yang meluncur di rentang harganya, realme Note 50 pun mempunyai dukungan yang terbilang cukup lengkap. Kita setidaknya bisa menjumpai berbagai macam fitur esensial seperti SIM ganda, Bluetooth, WiFi, hingga jack audio.

Selain itu, perangkat murah tersebut juga sudah dilengkapi dengan dukungan pemindaian sidik jari yang memungkinkan kita membuka layar secara lebih praktis. realme Note 50 dalam hal ini pun sudah menyematkannya ke bagian samping bersama tombol daya seperti ponsel-ponsel di masa sekarang.

8. Kamera Lumayan Tinggi

Selaras dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan, realme Note 50 juga dilengkapi dengan sistem kamera yang menarik. Bahkan di atas kertas lebih tinggi ketimbang sebagian ponsel yang meluncur di rentang harga kurang dari 1 juta.

Kamera utama dari realme Note 50 soalnya sudah menggunakan lensa beresolusi 13MP yang dikombinasikan bersama lensa auxiliary sebagai penunjang. Kita sudah dapat memakainya untuk mengabadikan momen-momen penting dengan lebih baik.

Kekurangan realme Note 50

1. Pengisian Daya Lambat

Hadir dengan baterai berkapasitas besar, realme Note 50 sayangnya hanya dilengkapi dengan pengisian daya 10W saja. Ini mengartikan bahwa kita memerlukan durasi waktu lebih lama supaya perangkat bisa terisi penuh dan digunakan kembali.

Supaya tidak mengganggu aktivitas, kita makanya perlu menyiapkan waktu khusus untuk melakukan pengisian daya pada realme Note 50. Kita misalnya dapat memanfaatkan periode malam hari saat kita sedang beristirahat atau tidak menggunakan ponsel.

2. Menggunakan realme UI T Edition

Guna memberikan kelancaran dalam pemakaian, realme Note 50 menggunakan Android 13 yang dibalut dengan realme UI T Edition. Antarmuka sistem khusus ini jauh lebih ringan ketimbang realme UI standar.

Sayangnya, tidak dapat dipungkiri bahwa realme UI T Edition mempunyai dukungan yang lebih terbatas ketimbang versi standar. Beberapa fungsinya sengaja dihilangkan untuk menciptakan sistem yang lebih ringan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar