ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - Header

Gadgetren – Meskipun tersedia khusus untuk membantu pengembangan aplikasi, developer options atau opsi pengembang memuat sejumlah peralatan yang kadang-kadang diperlukan untuk pemakaian sehari-hari.

Dukungan bawaan sistem Android tersebut di antaranya memuat fitur Android Debug Bridge (ADB) yang kadang-kadang diperlukan saat kita ingin menghapus bloatware atau mengonfigurasi game controller.

Mengaktifkan opsi pengembang untungnya sangat mudah untuk dilakukan, walaupun berbeda-beda untuk setiap model perangkat. Kita yang menggunakan ponsel buatan Samsung secara khusus dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Samsung

  • Masuk ke halaman Settings.
  • Cari dan buka bagian About phone.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 1
  • Buka menu Software information.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 2
  • Cari opsi Build number.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 3
  • Ketuk tombol tersebut hingga sebanyak tujuh kali.
  • Masukkan PIN yang digunakan di ponsel.
  • Jika berhasil, nanti akan muncul keterangan “Developer mode has been turned on”.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 4

Setelah berhasil diaktifkan, menu pengaturan baru bernama Developer options akan muncul di aplikasi Settings. Menu tersebut biasanya akan terletak di bagian paling bawah halaman utama.

Kita pun hanya perlu membuka menu baru tersebut untuk mengakses berbagai dukungan dari opsi pengembang yang ingin digunakan. Namun perlu diingat, kita perlu berhati-hati saat mengotak-atik fungsi di dalamnya.

Opsi developer berisi berbagai peralatan yang memungkinkan kita mengonfigurasi perilaku sistem atau membuat profil khusus untuk pengujian aplikasi. Jika keliru saat mengotak-atiknya, maka ada risiko membuat ponsel menjadi bermasalah.

Di sisi lain, mengaktifkan opsi pengembang di berbagai ponsel Android sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Beberapa peranti lunak berbahaya seperti virus atau malware soalnya dapat menyerang memanfaatkan dukungan di dalamnya.

Jika sudah selesai menggunakan fungsi di opsi pengembang, kita perlu segera mematikannya. Kita yang memakai ponsel buatan Samsung dapat melakukan hal ini dengan cara sebagai berikut.

Cara Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung

  • Buka halaman Settings.
  • Cari dan buka menu Developer options.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 5
  • Matikan tombol sakelar di samping keterangan On.
    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Opsi Pengembang HP Samsung - 6
  • Tutup pengaturan setelah sakelar dimatikan.

Perlu diingat bahwa menu Developer options nanti akan ikut menghilang dari halaman Settings apabila pengaturannya sudah dimatikan. Selain itu, fitur pengembang yang kita gunakan juga akan otomatis dinonaktifkan.

Seperti apa yang dijelaskan di bagian atas, mengotak-atik setelan yang tersedia di opsi pengembang cukup berisiko tinggi. Ada baiknya kita meminta bantuan dari orang yang lebih paham supaya perangkat tidak kenapa-napa.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar