ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM HP Infinix Pakai MemFusion, Lebih Lancar!

Cara Tambah RAM HP Infinix - Header

Gadgetren – Berbagai ponsel buatan Infinix kini meluncur dengan RAM berkapasitas besar. Karenanya, kita tidak perlu khawatir saat harus menggunakan perangkat untuk menangani tugas yang sangat banyak.

Meskipun membawa RAM yang besar, antarmuka sistem XOS yang digunakan Infinix menariknya masih dilengkapi dengan fitur MemFusion. Fitur ini dapat menjadi salah satu solusi praktis apabila perangkat kehabisan memori.

Dengan fitur MemFusion, kita dapat menambah kapasitas RAM di ponsel Infinix menggunakan memori virtual. Kita nanti hanya perlu mengaktifkan setelannya melalui halaman pengaturan.

Cara Tambah RAM HP Infinix

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan My Phone.
  • Cari dan ketuk bagian RAM.
  • Halaman pengaturan MemFusion akan terbuka.
  • Pastikan sakelar di samping opsi MemFusion sudah diaktifkan.
  • Ketuk Set virtual RAM untuk mengatur kapasitas memori virtual.
  • Pilih kapasitas memori virtual yang ingin ditambahkan.
  • Ketuk tombol Modify and restart.
  • Tunggu perangkat sampai menyala kembali.

Menambah RAM dengan memori virtual sebenarnya bukan hal yang baru di ekosistem Android. Namun dengan fitur bawaan seperti MemFusion, kita tidak perlu lagi melakukan rooting yang cenderung berisiko tinggi untuk menggunakannya.

Perlu diingat, MemFusion pun menggunakan mekanisme yang serupa dengan fitur penambah RAM pada umumnya. Fitur ini juga akan mengambil sebagian ruang kosong di media penyimpanan untuk dijadikan memori virtual.

Semakin besar opsi kapasitas MemFusion yang kita pilih di dalam pengaturan, maka tentu semakin banyak ruang penyimpanan milik ponsel Infinix yang akan dialokasikan sebagai memori virtual.

Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa media internal di dalam ponsel Infinix masih tersisa banyak sebelum menggunakan MemFusion. Fitur ini bahkan tidak akan dapat diaktifkan apabila ruang penyimpanan perangkat menipis.

Di sisi lain, opsi memori virtual yang bisa digunakan akan tersedia secara berbeda-beda untuk setiap perangkat. Ponsel Infinix biasanya hanya akan mendukung kapasitas tambahan hingga maksimal setara dengan RAM aslinya.

MemFusion sayangnya juga tidak tersedia untuk semua model ponsel buatan Infinix. Umumnya, hanya perangkat-perangkat keluaran baru yang dilengkapi dengan fitur menarik ini. Seri ponsel yang lebih lawas kemungkinan tidak akan memilikinya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.