ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

5 Kelebihan dan Kekurangan vivo Y03t, HP Tangguh Untuk Beraktivitas!

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y03t - Header

Gadgetren – Sudah tersedia secara resmi di Indonesia, perangkat vivo Y03t kini dapat dipinang dari berbagai macam saluran penjualan resmi yang terdapat di Shopee hingga Tokopedia.

Perangkat tersebut meluncur dalam satu varian yang dibanderol dengan harga normal Rp1.399.000. Oleh karena itu, kita dapat mempertimbangkannya saat memerlukan ponsel yang cukup ekonomis.

Terlebih lagi, perangkat besutan vivo tersebut memang mempunyai beberapa kelebihan di balik kekurangan-kekurangan yang dibawanya. Sebagian di antara apa yang ditawarkan bahkan dapat menjadi alasan kuat kenapa kita perlu mempertimbangkannya.

Kelebihan vivo Y03t

1. Bodi Tangguh

Terlepas dari desainnya yang bisa dianggap berbeda-beda tergantung selera, vivo Y03t termasuk salah satu perangkat yang dilengkapi dengan bodi cukup tangguh. Kita dapat mempertimbangkannya jika memerlukan ponsel yang tidak mudah rusak untuk beraktivitas.

Dengan banderol harga kurang dari Rp1,5 juta, perangkat tersebut salah satunya sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu. vivo secara khusus membekalinya dengan sertifikat IP54.

Sertifikat IP54 memang belum cukup mumpuni untuk membuat sebuah perangkat bisa digunakan berenang atau bahkan menyelam. Namun, setidaknya sudah cukup untuk memastikan bahwa vivo Y03t tidak akan mudah rusak saat terkena gerimis atau cipratan air.

Di sisi lain, pihak vivo mengklaim bahwa bodi vivo Y03t menggunakan material yang tangguh. Perangkat tersebut disebut-sebut tidak akan mudah rusak meskipun terjatuh dengan berbagai sudut.

Bodi vivo Y03t juga mempunyai fitur Anti-Scratch yang akan memastikan tampilannya tetap terlihat mulus. Perangkat tersebut tidak akan mudah tergores ketika disaku bersama kunci atau benda lainnya.

Sebelum didistribusikan, perangkat tersebut juga sudah lolos dari berbagai pengujian ekstrem. Termasuk di antaranya meliputi uji jatuh mikro hingga 32.000 kali, tekanan hingga 1.000 kali, pemakaian di suhu -20°C hingga 50 °C, maupun disimpan di -40°C hingga 75 °C.

2. Baterai Berkapasitas Besar

Keunggulan vivo Y03t juga terletak pada dukungan dayanya. Perangkat kelas entri tersebut soalnya sudah dilengkapi dengan baterai yang menjanjikan durasi pemakaian panjang. Jadi, kita nanti tidak perlu melakukan pengisian berulang kali.

Baterai vivo Y03t berkapasitas sebesar 5.000mAh. Berdasarkan hasil uji coba laboratorium, kemampuan penyimpanan dayanya sudah cukup untuk bermain game secara daring hingga kurun waktu selama 7 jam.

Tentu saja, durasi pemakaian perangkat bisa lebih panjang apabila tugas-tugas yang dikerjakan lebih ringan. Ponsel tersebut bahkan bisa bertahan hingga selama 21 hari apabila terus dibiarkan dalam mode siaga.

Menemani baterainya yang sangat besar, vivo Y03t kini juga dilengkapi dengan teknologi 15W FlashCharge. Dukungan ini memang masih kalah jika dibandingkan dengan pengisian dari berbagai perangkat lain tetapi sudah melebihi standar yang berlaku di kelasnya.

Untuk pemakaian jangka panjang, vivo Y03t juga dapat menjadi pilihan di kelas Rp1 jutaan. Perangkat tersebut dilengkapi dengan sistem proteksi yang akan memastikan kemampuan baterainya tidak menurun setelah 1300 siklus pengisian daya penuh atau sekitar 3 tahun.

3. Layar Beranimasi Tinggi

Meskipun masih menggunakan panel LCD dengan resolusi HD+ (1612 × 720 piksel) seperti kebanyakan perangkat di kelasnya, bagian layar juga menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh vivo Y03t.

Layar perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan dukungan refresh rate hingga 90Hz. Jadi secara teknis, kita dapat memakai ponsel tersebut untuk bermain game atau menonton video dengan animasi yang lebih mulus.

Panel LCD yang digunakan oleh vivo Y03t di sisi lain juga tergolong cukup besar. Jika diukur melintang secara diagonal, perangkat tersebut sudah mempunyai layar berukuran hingga 6,56 inci.

Kekurangan vivo Y03t

1. Kamera Depan Bisa Lebih Baik

Sayangnya, apa yang ditawarkan oleh vivo Y03t selaras dengan banderol harganya. Perangkat tersebut mempunyai beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan di balik berbagai keunggulan-keunggulannya.

Salah satu di antaranya termasuk sektor fotografi. Dibandingkan dengan berbagai perangkat yang dijual dengan harga serupa, dukungan kamera vivo Y03t kalah mumpuni. Khususnya untuk lensa depan.

Lensa depan perangkat tersebut masih menggunakan resolusi 5MP. Sebenarnya sudah cukup untuk melakukan panggilan video atau sekadar mengabadikan momen penting, tetapi kualitasnya tentu tidak sebaik ponsel dengan dukungan yang lebih tinggi.

2. Belum Membawa Sensor Sidik Jari

Pemindai sidik jari dari perangkat tersebut juga menjadi catatan tersendiri. Saat berbagai perangkat di kelasnya sudah mulai menggunakan sensor yang terintegrasi pada tombol Power, vivo Y03t justru menghilangkan dukungan ini.

Sebagai gantinya, kita dapat menggunakan fungsi pemindai wajah apabila ingin membuka layar kunci secara lebih praktis. Kita juga dapat memanfaatkan PIN atau Pola jika hanya ingin sekadar mengamankan data.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar