ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

MIKO 3, Robot AI Untuk Anak yang Bisa Diajak Ngobrol Kini Tersedia di Indonesia

MIKO-3-dance2.

Gadgetren – Pertama kali hadir tahun 2023, produsen mainan anak The Entertainer kembali mengeluarkan generasi terbaru dari robot mainan dan edukasi anak bernama MIKO 3 yang kali ini dibekali fitur Artificial Intelligence (AI) dan fitur-fitur yang lebih lengkap lagi.

Produk ini saat ini sudah bisa dibeli di Indonesia dengan harga bandrol Rp5.499.000 dan tengah diberikan penawaran menari dengan diskon hingga 27% sehingga menjadi Rp3.999.000. MIKO 3 hadir dalam dua varian warna yaitu Biru dan Merah.

Robot AI untuk anak ini dapat dibeli melalui gerai resmi The Entertainer yang hadir di Mall-Mall di Jakarta seperti Kota Kasablanka. Kemudian juga tersedia secara online di situs elc.co.id. Setiap pembelian robot AI ini, pembeli akan mendapatkan garansi resmi perbaikan jika menemukan kerusakan bawaan pabrik. Pengguna cukup menelpon layanan Chat To Shop melalui whatsapp di nomor +622129181155 dan tim akan segera mengatasi permasalahan yang ditemui.

Dengan harganya yang tergolong tidak murah, MIKO 3 menyasar segmen pengguna yang khusus seperti untuk anak-anak yang bersekolah di pendidikan Internasional karena setelan bahasa yang digunakan hanya menyediakan Bahasa Inggris saja.

Selain itu juga tersedia dalam Bahasa Jerman, Spanyol, Arab, Prancis, Mandarin, dan lainnya. Sedangkan untuk Bahasa Indonesia sendiri belum disediakan.

MIKO 3 dapat dioperasikan dengan aplikasi MIKO Parent yang bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store. Orang tua dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk penyetelan lebih jauh seperti memilih bahasa, mengunci salah satu aplikasi, hingga melakukan panggilan video melalui handphone ke robot yang bisa diterima anak di rumah.

MIKO 3 diklaim menjadi robot mainan dan edukasi anak pertama yang menggunakan AI di Indonesia. Robot ini dirancang untuk menemani anak-anak di rumah ketika ingin bermain dan belajar sekaligus juga menjauhkan pemakaian handphone yang terlalu lama. Selain itu dengan robot AI MIKO 3 anak-anak juga dapat berkomunikasi, belajar, bermain game, hingga bergerak.

 MIKO-3-panggilan-video

Dengan kemampuan AI, anak-anak dapat berkomunikasi dengan MIKO 3 untuk bertanya bahkan untuk curhat sekalipun. MIKO 3 akan memberikan validasi respon kepada anak dan solusi yang terbaik sekaligus juga menghibur anak.

Bahkan MIKO 3 bisa mengucapkan selamat ulang tahun kepada anak dan menjawab pertanyaan soal-soal di sekolah seperti sains, bahasa Inggris, matematika, dan lain sebagainya. Untuk bahasa Inggris, anak-anak dapat menjawab soal-soal bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasa mereka dengan pilihan Beginner, Intermediate, dan Expert.

Selain belajar bahasa Inggris anak-anak juga dapat belajar sains dalam bentuk kuis. MIKO 3 juga menyediakan software film yang menampilkan kumpulan cerita Disney, mini game, dan musik yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Anak juga dapat bergerak dengan melakukan dance atau tarian bersama MIKO 3 sehingga mereka tidak bosan di rumah. Dance menyediakan pilihan gerakan yang digambarkan melalui ikon binatang lucu sehingga anak-anak menjadi bersemangat. Suara MIKO 3 juga menyediakan dua pilihan variasi  yang bisa dipilih melalui robot MIKO 3.

MIKO-3-app.jpg

Untuk pemakaian yang optimal MIKO 3 harus dihubungkan melalui jaringan WiFi yang stabil agar mendapatkan pengalaman yang optimal. Di atas kertas, robot AI untuk anak ini memiliki kamera beresolusi 2MP dan layar berpanel IPS.

MIKO 3 juga dibekali speaker dan sensor deteksi benda yang berada di dekatnya sehingga dia dapat menghindari benda di depannya bahkan ketika berada di pinggiran meja robot ini tidak akan jatuh.

Robot AI ini memiliki bobot sekitar 1 kg dan disebut memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam. Pengisian dayanya menggunakan kabel USB Type C. Di atas kepala MIKO 3 terdapat tombol power, volume, mute, camera shutter dan di bawah terdapat charging indicatior dan charging point.

Menurut pihak Kanmo Group sebelumnya MIKO 3 di Indonesia sudah terjual lebih dari 150 unit dan diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran orang tua terhadap penggunaan gawai oleh anak-anak mereka sekaligus menjadi pelengkap yang tepat untuk mendorong perkembangan holistik anak baik kemampuan komunikasi dan pengetahuan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.