ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis ROG Ally X, Zephyrus G16, dan TUF Gaming A14 di Indonesia, Ini Harga dan Keunggulannya

ASUS Rilis ROG Ally X, Zephyrus G16, dan TUF Gaming A14 di Indonesia, Ini Harga dan Keunggulannya

Gadgetren – ASUS Republic of Gamers (ROG) Indonesia secara resmi telah memboyong dua laptop terbarunya yaitu ROG Zephyrus G16 (GA605), dan TUF Gaming A14 (FA401) serta gaming handheld  ROG Ally X.

Ketiganya sudah bisa dibeli di Indonesia melalui kanal penjualan ASUS Store secara online maupun toko resmi ASUS ROG terdekat. Adapun ROG Zephyrus G16 dibanderol seharga Rp41.999.000, sedangkan TUF Gaming A14 dilepas seharga Rp22.999.000. Kemudian gaming handheld ROG Ally X dihargai Rp13.999.000.

Setiap pembelian ketiga produk terbaru ASUS ROG ini menyediakan garansi 1 tahun lokal dan 2 tahun global. Sebagai penawaran menarik hingga tanggal 30 September 2024, pembeli akan mendapatkan ROG Ally Premium Travel Case yang berlaku untuk ketiga produk. Adapun untuk keunggulan masing-masing produk bisa kamu simak di bawah ini.

Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14

ROG Zephyrus G16 tampil dengan desain chasis alumunium yang dibuat presisi dengan mesin CNC. Bagian penutup laptop terdapat lampu LED berupa Slash Lighting yang bisa sebagai ornamen pencahayaan maupun menawarkan fungsi yang bisa diprogram hingga 15 animasi termasuk mode pemberitahuan dan mode pertandingan Sonic.

ROG Zephyrus G16 memiliki bobot sekitar 1,85 kg dengan ketebalan 1,49cm yang menawarkan dua varian warna mencakup Eclipse Grey dan Platinum White. Sedangkan TUF Gaming A14 mengusung bobot 1,46kg dengan ketebalan 1,69 cm.

Keduanya telah mengantongi sertifikasi durabilitas berstandar US Military Grade sehingga membuatnya tangguh digunakan dalam situasi pekerjaan dengan mobilitas tinggi.

Selain itu, keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series yang dilengkapi Neural Processing Unit (NPU) hingga 50 TOPS yang menawarkan akselerasi AI pada aplikasi yang berbasis AI.

Prosesor Ryzen AI 300 Series dibangun dengan arsitektur Zen 5 dan teknologi 4nm. Prosesor ini menawarkan CPU hingga 12 core yang dipadukan dengan prosesor grafis AMD RDNA 3.5.

Dibandingkan generasi sebelumnya Ryzen AI 300 Series disebut mampu memberikan performa kinerja yang lebih baik sekaligus lebih efisien.

 ASUS-Zephyrus-G16

Prosesor ROG Zephyrus G16 ditemani prosesor grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 sehingga direkomendasikan sangat cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari gaming, rendering, hingga AI experimentation.

Sedangkan prosesor TUF Gaming A14 dipadukan dengan prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 4060 yang diklaim dapat menangani game-game modern dan kebutuhan komputasi intensif lainnya. Keduanya sama-sama dibekali RAM LPDDR4X berkapasitas 32GB dan SSD NVMe PCle M.2 4.0 2TB.

Pada sektor tampilan layar ROG Zephyrus G16 mengusung ukuran 16? yang dibekali ROG Nebula Display dengan panel OLED serta mendukung teknologi Variable Refresh Rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC sehingga disebut dapat menampilkan pergerakan konten game yang mulus.

Layar ROG Zephyrus G16 juga menawarkan akurasi warna tinggi dengan 100% DCI-P3, waktu respon 0.2 ms, dan HDR. Konten pada layar akan didukung sertifikasi audio dari Dolby Atmos dan speaker yang lebih besar untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan kuat.

 ASUS-TUF-Gaming-A14-1.

Sementara layar TUF Gaming A14 hadir dengan layar berukuran 14? yang mendukung refresh rate tinggi dan Adaptive-Sync untuk menampilkan konten yang mulus baik pada sesi gaming, produktivitas, maupun hiburan.

ROG Ally X

Perangkat gaming handheld ini menjalankan sistem operasi Windows 11 yang dapat melahap game-game pada PC dari platform game seperti Steam, Xbox, dan masih banyak lagi.

Tampil dengan warna hitam yang berbeda dari generasi sebelumnya, perangkat yang satu ini menawarkan pembaruan baik dari segi hardware maupun desain.

Performa pacu ROG Ally X ditenagai oleh Ryzen Z1 Extreme yang dipadukan oleh prosesor grafis AMD Radeon. Prosesornya tersebut dilengkapi memori LPDDR5X-7500 berkapasitas 24GB yang dapat memberikan kecepatan dan kapasitas yang lebih besar sehingga akan mengoptimalkan performa gaming.

 ASUS-ROG-Ally-X-hand

Kemudian penyimpanannya memiliki kapasitas dua kali lipat dari kapasitas model sebelumnya yaitu SSD PCle M.2 Gen4 2280 dengan kapasitas 1TB.

Baterai ROG Ally X menggunakan kapasitas 80Wh yang lebih besar dari model sebelumnya. Dengan kapasitas baterai yang besar bobotnya pun bertambah sekitar 70 gram menjadi 678 gram.

Pada sektor desain, ROG Ally X memiliki tombol M1 dan M2 yang ukurannya lebih kecil dengan posisi yang diperbaiki agar tidak mudah tertekan. Lalu tombol D-Pad di ROG Ally X memiliki desain anyar yang disesuaikan dengan kebutuhan kontrol game retro serta gaming.

Tak lupa tombol dan joystick didesain ulang dan diganti dengan komponen lebih tangguh. Di bagian hand grip-nya, ROG Ally X kini dibuat dengan sudut lebih tajam. Soal konektivitas ROG Ally X dibekali dua port USB Type-C yang mendukung penggunaan perangkat berbasis Thunderbolt untuk transfer data lebih cepat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.