ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

5 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3x, Ponsel Murah Tahan Banting!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3x - Header

Gadgetren – Mencari ponsel dengan banderol harga Rp1 jutaan kini semakin mudah dengan banyaknya opsi yang tersedia. Kita salah satunya bisa mempertimbangkan OPPO A3x yang telah diluncurkan.

Meskipun terlihat kurang menjanjikan jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat dengan banderol harga serupa, OPPO A3x tetap bisa menjadi pilihan menarik bagi sebagian orang. Terutama mereka yang memerlukan ponsel baru yang tahan banting.

Di balik kekurangan yang dibawanya, perangkat kelas entri tersebut bahkan mempunyai sejumlah keunggulan yang tak boleh dilewatkan saat kita sedang mencari ponsel baru. Kita pun dapat memakainya untuk menentukan apakah OPPO A3x layak untuk dibeli atau tidak.

Kelebihan OPPO A3x

1. Bodi Tangguh

Jika melihat sejumlah model ponsel yang diluncurkan selama beberapa waktu belakangan, OPPO tampaknya sedang fokus mengembangkan ponsel yang tahan banting. OPPO A3x yang meluncur di kelas entri bahkan juga termasuk di dalamnya.

Perangkat OPPO tersebut tercatat membawa bodi yang sangat tangguh. Ketangguhannya bahkan sudah teruji lewat standar militer MIL- STD 810H untuk ketahanan terhadap guncangan.

Selain standar militer MIL- STD 810H, OPPO A3x di sisi lain juga tercatat mengemas sertifikat bintang lima dari SGS untuk uji ketahanan jatuh. Ini menunjukkan bahwa perangkat tersebut secara teknis masih bisa bertahan saat tidak sengaja terjatuh.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3x - 1

Di bagian layarnya, perangkat tersebut dilengkapi dengan lapisan pelindung China Southern Glass dan Panda Glass yang mana keduanya sudah dikeraskan hingga sebanyak dua kali.

Tidak cukup sampai di situ, perangkat tersebut diklaim akan bertahan tanpa kerusakan fungsional saat terkena berbagai cairan seperti hujan, sup, dan teh. Ini dibuktikan lewat sertifikasi tahan debu dan cipratan air IP54.

2. Baterai Besar yang Tahan Lama

Keunggulan kedua dari OPPO A3x terletak pada dukungan dayanya. Perangkat tersebut dilengkapi dengan baterai berkapasitas sangat besar. Bahkan sedikit lebih besar dari kebanyakan ponsel entri secara umum.

Baterai perangkat tersebut secara teknis berkapasitas sebesar 5.100mAh atau 100mAh lebih besar ketimbang kebanyakan ponsel entri di masa sekarang. Dengan tambahan ini, OPPO A3x tentu mempunyai ketahanan daya yang sangat baik.

Dengan baterai 5.100mAh, OPPO A3x setidaknya dapat bertahan lebih lama saat digunakan sehari-hari. Kita tidak perlu khawatir menggunakan perangkat tersebut tanpa mengisi daya berulang kali.

Yang tak kalah menggoda, baterai OPPO A3x tidak hanya besar melainkan juga mempunyai umur pemakaian panjang. Kesehatannya diklaim tidak akan berkurang dari 80 persen setelah pemakaian selama empat tahun.

3. Pengisi Daya Mumpuni

Meskipun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, pengisian daya yang digunakan oleh OPPO A3x terbilang sangat mumpuni. Perangkat tersebut sudah menggunakan teknologi 45W SuperVOOC.

Dibandingkan dengan ponsel-ponsel di kelasnya, teknologi milik OPPO A3x terbilang sangat tinggi. Perangkat-perangkat lain umumnya hanya menggunakan pengisi daya kurang dari 18W.

Teknologi 45W SuperVOOC pada perangkat tersebut secara teknis dapat mengisi daya baterai hingga kapasitas 50 persen hanya dalam waktu 30 menit atau 100 persen dalam waktu 75 menit.

Keamanan penggunaan pengisian daya ini juga dijamin. Teknologi SuperVOOC OPPO A3x akan secara otomatis mendeteksi kompatibilitas kabel dan adaptor sehingga kita dapat mengisi daya tanpa khawatir.

4. Layar Menarik

Layar OPPO A3x memang masih menggunakan panel LCD. Meskipun begitu, tingkat kecerahan yang ditawarkan sangat tinggi di mana bisa menangani sampai 1.000nits saat dipakai di bawah terik matahari.

Panel LCD yang tersemat pada OPPO A3x mendukung pengaturan refresh rate tinggi. Saat digunakan untuk memutar konten yang sesuai, layar perangkat tersebut dapat menangani animasi gambar sampai 90Hz.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3x - 2

Ukuran layar OPPO A3x juga tergolong sangat luas. Panel yang digunakannya sudah membentang hingga 6,67 inci sehingga akan mampu menampilkan berbagai konten dengan lebih lega.

Ditambah lagi, layar OPPO A3x sudah menggunakan tempat kamera depan berbentuk punch hole. Tampilannya terlihat lebih mutakhir daripada desain notch kecil yang sampai kini masih digunakan oleh sejumlah perangkat dengan harga lebih mahal.

Sebagai penunjang, OPPO A3x dilengkapi dengan Splash Touch. Fitur ini memungkinkan layar perangkat tetap mampu merespon jari dengan responsif meskipun kondisi basah sehingga kita dapat mengoperasikannya dengan nyaman.

Kekurangan OPPO A3x

1. Kamera Bisa Lebih Baik

Unggul di berbagai aspek, OPPO A3x sayangnya bukan perangkat yang benar-benar sempurna. Ponsel entri tersebut di sisi lain mempunyai sebuah kekurangan yang perlu diperhatikan yang mana adalah bagian kamera.

Kamera yang dipasangkan pada perangkat OPPO A3x terbilang sangat standar. Ponsel entri tersebut soalnya masih menggunakan lensa utama beresolusi 8MP dengan sensor flicker sebagai penunjang dan lensa depan 5MP.

Konfigurasi lensa yang digunakan oleh OPPO A3x memang sudah cukup untuk kebutuhan dasar seperti mengabadikan momen atau video konferensi. Namun di rentang harganya, sudah ada beberapa perangkat yang menawarkan resolusi kamera lebih tinggi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.