ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Ini Resolusi Ukuran Konten Instagram Untuk Feed, Story, dan Reel

Cara Download Instagram Story - Header

Gadgetren – Mengunggah konten di Instagram dapat menjadi cara efektif untuk berbagi foto, video, atau cerita dengan audiens. Khususnya bagi kamu Instagram yang memiliki profil akun publik.

Setiap konten tentunya perlu dibuat menarik agar audiens dapat berinteraksi sehingga menambah pengikut dan tentunya mendongkrak popularitas. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan tawaran-tawaran kerja sama seperti endorse atau kolaborasi dengan brand ternama.

Membuat konten di Instagram juga harus memperhatikan ukuran dan resolusi konten yang dibuat agar sesuai dengan media yang digunakan dan memaksimalkan tampilannya.

1. Resolusi dan Rasio Untuk Feed (Post)

Feed menjadi tempat untuk membagikan konten yang lebih permanen seperti foto dan video. Konten yang diunggah ke Feed akan muncul di profil dan dapat dilihat oleh pengikut kapan saja.

Konten Feed yang tampil pada bersifat permanen yang mana berarti tidak akan hilang kecuali dihapus secara manual. Setiap postingan bisa disertai dengan caption dan hashtag untuk memberikan konteks hingga membantu dalam pencarian.

Pengikut nantinya bisa menyukai, mengomentari, atau membagikan postingan. Untuk menghasilkan estetika atau branding tertentu di Feed, kamu bisa menggunakan rasio mencakup ukuran 1:1 (persegi), 4:5 (potret), 1.91:1 (lanskap).

Kemudian resolusi Feed sebaiknya untuk berbentuk Persegi berukuran 1080 x 1080 piksel, bentuk Potret berukuran 1080 x 1350 piksel, dan bentuk lanskap beresolusi 1080 x 608 piksel.

2. Resolusi dan Rasio Untuk Story

Story biasanya digunakan untuk berbagi momen atau konten yang bersifat sementara. Story akan hilang setelah 24 jam, kecuali jika disimpan sebagai highlight.

Kamu bisa menambahkan stiker, polling, pertanyaan, dan fitur interaktif lainnya. Story muncul di bagian atas Feed utama sehingga menjadikannya salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan perhatian pengikut.

Story juga sering digunakan untuk konten yang lebih kasual, spontan, atau di balik layar. Untuk rasio aspek yang digunakan Story berukuran potret penuh, yaitu 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

3. Resolusi dan Rasio Untuk Reel

Reel adalah fitur untuk membuat dan berbagi video pendek dengan durasi hingga 90 detik. Reel sangat efektif untuk menarik perhatian audiens melalui konten yang kreatif, informatif, atau menghibur.

Reel biasanya berupa video pendek yang sering kali diiringi musik, efek, dan teks menarik sehingga berpotensi untuk menjangkau audiens lebih luas melalui halaman Explore.

Reel pun kerap digunakan untuk mengikuti atau membuat tren baru. Adapun Reel menggunakan rasio aspek potret penuh berukuran 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Baik Feed, Story, dan Reel memiliki peran masing-masing yang bisa digunakan dalam menciptakan branding di Instagram. Mengombinasikan seluruhnya sesuai dengan kebutuhan tentu menjadi jalan yang lebih baik.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.