ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan itel P65, Tampak Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan itel P65 - Header

Gadgetren – Bukan itel namanya kalau ponsel baru buatan mereka tidak menggebrak pasar ketika diperkenalkan. itel P65 yang meluncur ke Indonesia belum lama menjadi salah satu contohnya.

Bagi kita yang berencana untuk membeli sebuah ponsel, itel P65 bahkan bisa menjadi pilihan tepat. Perangkat tersebut dilengkapi dengan spesifikasi dan dukungan yang mempunyai nilai lebih dari banderol harganya.

Perangkat tersebut di banderol dengan harga Rp1.499.000 saat diluncurkan. Kita bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari itel P65 terlebih dahulu jika masih ragu-ragu untuk meminangnya.

Kelebihan itel P65

1. Desain Futuristik

Menyasar kawula muda yang gemar bermain game, itel P65 tampil dengan desain yang terlihat futuristik. Perangkat tersebut memakai bodi dengan aksen mecha yang akan mengingatkan kita kepada sejumlah ponsel dari keluarga Transsion Holdings lainnya.

Pihak itel menyebutnya dengan Stylish Cyber Design. Bodinya sebenarnya berbahan polikarbonat tetapi dibuat menyerupai tekstur metal dengan pilihan warna antara Cyber Black dan Cyber Titanium.

Yang tak kalah menarik, Stylish Cyber Design juga membawa lampu LED berbentuk melingkar yang disebut dengan Sleek Ring Light. Kita dapat memakainya sebagai indikator untuk notifikasi, pengisian daya, hingga mode bermain game.

2. Layar Menarik

Di bagian depan, layar itel P65 juga terlihat menawan. Perangkat tersebut sudah menggunakan desain lubang kamera berbentuk punch hole alih-alih notch kecil seperti beberapa ponsel di kelasnya.

Bingkainya memang bisa dibilang masih kurang tipis. Namun dilihat dari banderol harganya, penggunaan desain punch hole sudah tergolong sangat mewah karena masih banyak perangkat lain yang dijual lebih mahal justru belum membawanya.

Layar itel P65 di sisi lain juga sudah dilengkapi dengan pengaturan refresh rate sangat tinggi. Bahkan maksimal bukan hanya 90Hz seperti kebanyakan perangkat di kelasnya, melainkan hingga 120Hz.

Ukuran layar itel P65 juga termasuk sangat luas karena sudah membentang hingga 6,7 inci. Hanya saja, resolusi yang didukung hanya HD+ (1600 x 720 piksel) atau masih sangat standar untuk ponsel di kisaran harga Rp1 jutaan.

3. Memori Berkapasitas Besar

Menemani chipset Unisoc T615 (12nm) berkecepatan hingga 1,8GHz yang dipercaya sebagai dapur pacu, itel P65 dilengkapi dengan kapasitas RAM dan media penyimpanan yang sangat besar. Konfigurasi memorinya sudah cukup untuk beraktivitas di masa sekarang.

Untuk memberikan kelancaran dalam mengerjakan berbagai macam tugas, Unisoc T615 pada itel P65 dipadukan bersama RAM berkapasitas 8GB. Kita yang masih memerlukan dukungan lebih baik pun dapat memperluasnya dengan mengaktifkan memori virtual hingga sebesar 8GB.

Memasang banyak aplikasi atau menyimpan berkas-berkas berukuran besar juga bisa dilakukan dengan tenang. Perangkat tersebut dilengkapi dengan media internal berkapasitas 128GB.

Media penyimpanan yang digunakan pada itel P65 tergolong sangat mumpuni. Alih-alih menggunakan eMMC yang menjadi andalan berbagai perangkat di rentang harganya, ponsel tersebut sudah memakai UFS yang mempunyai kecepatan baca-tulis data lebih mumpuni.

Jika masih merasa kurang besar, penyimpanan itel P65 juga dapat diperluas dengan menggunakan MicroSD. Slot yang digunakan pun sudah terdedikasi atau mendukung pemakaian dua nomor maupun kartu eksternal secara bersamaan.

4. Baterai Menjanjikan

Sebagai penunjang dalam beraktivitas, itel P65 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Perangkat tersebut tercatat mempunyai kemampuan penyimpanan daya hingga 5.000mAh.

Baterai yang besar ini diklaim mampu bertahan hingga selama tiga hari untuk pemakaian ringan atau satu hingga dua hari untuk aktivitas berat. Bahkan dalam data uji laboratorium itel, kita bisa menggunakannya untuk bermain game selama 7,5 jam, melakukan panggilan telepon 31 jam, atau memutar musik 105 jam.

Apabila masih diperlukan, paket penjualan itel P65 juga menyertakan Charging Case dengan kapasitas sebesar 2.400mAh. Aksesori ini bisa difungsikan sebagai powerbank ketika kita kehabisan daya.

Bermain game dengan Charging Case ini tentu tetap bisa dilakukan dengan nyaman. Kita tidak perlu khawatir perangkat akan mengalami peningkatan suhu berlebihan atau kesehatan baterai perangkat cepat menurun karena itel P65 sudah mendukung teknologi bypass charging.

Teknologi bypass charging memungkinkan perangkat meneruskan arus dari adaptor langsung ke mesin utama. Jadi dapat mengurangi panas yang ditimbulkan oleh pengisian baterai.

Membahas pengisian dayanya, itel P65 di sisi lain juga mempunyai dukungan yang cukup baik. Perangkat tersebut dilengkapi teknologi 18W PowerCharge yang dapat mengisi hingga 40 persen selama 30 menit atau 100 persen selama 85 menit.

5. Fitur Terbilang Lengkap

Selain berbagai fitur yang sudah disebutkan, itel P65 masih mempunyai beberapa dukungan menarik lainnya. Kita dalam hal ini bukan hanya akan menemukan fitur esensial seperti jack audio 3,5mm, USB Type-C, hingga face unlock.

Ponsel yang dijual dengan harga promo kurang dari Rp1,5 juta tersebut di antaranya sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. itel bahkan sudah menempatkannya di sisi samping bersama tombol Power alih-alih di bodi belakang.

Tak cukup sampai di situ, itel P65 juga mengusung sebuah tombol tambahan yang disebut dengan FlexButton. Kita dapat memfungsikannya sebagai pintasan untuk mengakses kamera, mode senyap, senter, hingga perekam suara.

Kekurangan itel P65

1. Pembaruan Terbatas

Meluncur dengan antarmuka itelOS 14 yang dikembangkan berdasarkan Android 14, pembaruan yang dijanjikan oleh itel untuk perangkat kelas entri tersebut sayangnya terbilang sangat singkat.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Tim Gadgetren, itel P65 kabarnya hanya akan memperoleh pembaruan selama 1,5 tahun. Ini pun hanya mencakup perbaikan bug, peningkatan keamanan, maupun pengembangan fitur.

Bahkan dalam hal ini, belum bisa dipastikan apakah perangkat tersebut akan memperoleh Android 15 atau tidak. Pihak itel belum mengungkapkan informasi pembaruannya secara pasti.

2. Varian NFC Tidak Masuk Indonesia

Di Indonesia, itel P65 hanya meluncur dalam satu varian memori. Perangkat tersebut tersedia dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB seperti apa yang sudah dibahas di bagian atas.

Sayangnya, varian memori dari itel P65 tersebut merupakan model yang tidak didukung oleh NFC (Near Field Communication). Fitur ini hanya tersedia pada varian RAM 6GB dan penyimpanan 256GB yang meluncur di wilayah lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.