ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya POCO M6 Pro Vs Infinix Note 40, Punya Keunggulan Sendiri-sendiri!

POCO M6 Pro Vs Infinix Note 40 - Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga yang mirip, POCO M6 Pro dan Infinix Note 40 sama-sama menarik untuk dipertimbangkan. Keduanya bisa menjadi pilihan pas bagi kita yang memiliki anggaran terbatas.

Meskipun begitu, kedua perangkat tersebut sebenarnya mempunyai spesifikasi yang sangat berbeda. POCO M6 Pro dan Infinix Note 40 di antaranya memiliki perbedaan dapur pacu, konfigurasi kamera, hingga pengisian daya.

Dalam hal ini, POCO M6 Pro dan Infinix Note 40 mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri. Kita pun dapat mempertimbangkannya untuk menentukan ponsel mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan POCO M6 Pro Vs Infinix Note 40

Pada bagian dapur pacu, POCO M6 Pro dan Infinix Note 40 sebenarnya sama-sama memakai keluarga chipset MediaTek Helio G99. Hanya saja menawarkan pengoptimalan yang berbeda dari masing-masing perusahaan.

Secara khusus, POCO M6 Pro menggunakan Helio G99-Ultra sementara Infinix Note 40 memakai Helio G99 Ultimate. Pengoptimalan yang ditawarkan oleh keduanya terlihat menghasilkan kinerja yang sedikit berbeda.

Berdasarkan klaim dari masing-masing perusahaan, Helio G99-Ultra pada POCO M6 Pro dapat menghasilkan skor AnTuTu hingga 450ribuan. Hal ini jauh lebih tinggi daripada Helio G99 Ultimate yang disebut hanya sampai 390ribuan.

POCO M6 Pro Vs Infinix Note 40 - 1

POCO M6 Pro

Sama-sama menggunakan panel AMOLED dengan kecerahan maksimal 1.300nits dan refresh rate hingga 120Hz, layar dari kedua ponsel tersebut juga menjadi pembeda selanjutnya. Ukuran dan resolusinya cukup berbeda.

Layar POCO M6 Pro hanya berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel). Sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Infinix Note 40 yang mempunyai panel Full HD+ (2436 x 1080 piksel) seluas 6,78 inci.

Proteksi layar dari keduanya memang sudah sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass. Hanya saja, POCO M6 Pro memakai versi 5 sementara Infinix Note 40 tidak menunjukkannya secara pasti.

Seperti apa yang sudah disinggung di bagian atas, kedua ponsel menengah tersebut juga mempunyai perbedaan pada konfigurasi kamera. Infinix Note 40 mempunyai dukungan lensa yang lebih tinggi daripada POCO M6 Pro.

Infinix Note 40 sudah menggunakan kamera utama 108MP dan depan 32MP. Sementara pada POCO M6 Pro, kita secara berturut-turut hanya akan menemukan lensa beresolusi 64MP dan 16MP.

Sebagai ganti, POCO M6 Pro untungnya membawa dukungan lensa yang lebih lengkap. Perangkat tersebut dilengkapi dengan lensa ultrawide 8MP dan makro 2MP saat Infinix Note 40 hanya membawa kamera penunjang beresolusi 2MP.

POCO M6 Pro Vs Infinix Note 40 - 2

Infinix Note 40

Di sisi lain, pengisian daya yang ditawarkan oleh POCO M6 Pro juga lebih tinggi. Perangkat tersebut menggunakan teknologi 67W Turbo Charge sedang Infinix Note 40 memakai 45W Multi-Speed FastCharge.

Teknologi 67W Turbo Charge pada POCO M6 Pro mampu bekerja lebih cepat di mana hanya memerlukan waktu sekitar 44 menit untuk mengisi penuh. Sementara dengan 45W Multi-Speed FastCharge, Infinix Note 40 hanya bisa mengisi hingga 50 persen selama 26 menit.

Menariknya, Infinix Note 40 sudah dilengkapi dengan teknologi 20W Wireless MagCharge yang memungkinkan pengisian dilakukan secara nirkabel. Fitur ini sayangnya belum tersedia pada POCO M6 Pro.

Namun jika dilihat-lihat, absennya dukungan pengisian nirkabel ini cukup wajar. POCO M6 Pro soalnya masih membawa beberapa fitur khas ponsel menengah seperti Jack Audio 3,5mm dan dukungan memasang kartu MicroSD yang sudah hilang dari Infinix Note 40.

Selain itu, POCO M6 Pro juga dilengkapi dengan fitur IR Blaster seperti kebanyakan perangkat buatan Xiaomi lainnya. Kita pun dapat menggunakan ponsel tersebut untuk mengontrol peralatan elektronik lain seperti televisi dan AC.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.