ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Bedanya Infinix Note 30 Pro dan Infinix GT 10 Pro, Lebih Unggul Mana?

Infinix Note 30 Pro vs Infinix GT 10 Pro

Gadgetren – Bersaing pada segmen kelas menengah di harga Rp3 jutaan, Infinix punya dua ponsel andalan yang telah hadir Indonesia, yakni Infinix Note 30 Pro dan GTĀ  10 Pro.

Kedua ponsel ini mempunyai layar penuh 6,67 inci dengan teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan terang serta jernih.

Apalagi terdapat refresh rate hingga 120Hz yang mampu menampilkan gerakan transisi antar menu dan animasi game dengan halus. Terdapat juga punch hole pada kedua perangkat ini yang digunakan untuk menyimpan kamera depan beresolusi 32 MP.

Semua perangkat ini juga memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, makro 2 MP, dan depth 2 MP. Dengan resolusi yang sangat besar, kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus.

Fitur NFC (Near Field Communication) pun turut dihadirkan pada kedua produk ini sehingga memudahkan kamu untuk mengecek atau mengisi saldo kartu e-money. Keduanya pun sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu bertahan lama dalam pemakaian normal maupun menjalankan game.

Dukungan WiFi, Bluetooth, port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan XOS 13 berbasiskan Android 13 telah disematkan pada Infinix Note 30 Pro maupun GT 10 Pro.

Kedua produk ini juga telah dilengkapi teknologi Bypass Charge yang dapat mengubah pengisian daya dari baterai ponsel langsung ke mainboard sehingga secara efektif mengontrol temperatur ponsel dan membuatnya lebih awet.

Beda Infinix Note 30 Pro Vs Infinix GT 10 Pro

Dari sisi bentuk, Infinix GT 10 Pro memiliki desain bodi belakang yang terlihat futuristik layaknya seperti ponsel gaming. Sedangkan Infinix Note 30 Pro mempunyai bodi belakang dengan warna gradasi yang lebih polos.

Dapur pacu Infinix GT 10 Pro menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8050 (6nm) Octa-Core dengan komposisi Mono-Core 3 GHz Cortex-A78 + Tri-Core 2,6 GHz Cortex-A78 + Quad-Core 2 GHz Cortex-A55.

Infinix GT 10 Pro

Sementara Infinix Note 30 Pro diotaki chipset MediaTek Helio G99 (6nm) Octa-Core dengan kombinasi Dual-Core 2,2 GHz Cortex-A76 + Hexa-Core 2 GHz Cortex-A55.

Terlihat bahwa Dimensity 8050 menggunakan Cortex-A78 untuk menangani performa tertinggi dan bertenaganya. Sementara Helio G99 masih memakai Cortex-A78 untuk menangani kerja berat.

Terlihat juga Helio G99 lebih banyak memiliki inti Cortex-A55 untuk menangani efisien energi. Hal ini tentunya membuat Dimensity 8050 memiliki kinerja yang lebih bertenaga dibandingkan dengan Helio G99.

Selain itu, MediaTek Dimensity 8050 membuat Infinix GT 10 Pro dapat mendukung jaringan 5G. Namun Helio G99 pada Infinix Note 30 Pro hanya mendukung hingga jaringan 4G-LTE saja.

Infinix Note 30 Pro hadir dengan fitur 65W FastCharge yang diklaim mampu mengisi daya baterai dari 1% ke 80% hanya 30 menit sedangkan 45W FastCharge pada Infinix GT 10 Pro dapat mengisi daya dari 1% ke 75% mencapai 50 menit.

Infinix-Note-30-Pro-Gold.

Uniknya justru Infinix Note 30 Pro mendukung pengisian daya nirkabel dengan wireless charger yang sudah dipaketkan pada dus penjualannya. Terdapat juga fitur Reverse Wireless Charging yang memungkinkan perangkat ini bisa menjadi powerbank secara nirkabel ketika perangkat atau ponsel lain ditempelkan pada bagian belakangnya.

Apabila Infinix Note 30 Pro menggunakan sensor fingerprint di bagian pinggir, berbeda dengan Infinix GT 10 Pro yang memiliki sensor fingerprint di bawah layar. Di antara keduanya, Infinix Note 30 Pro sudah dilengkapi dengan sertifikasi IP53 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan cipratan air.

Meskipun kedua ponsel sama-sama menggunakan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, namun harganya berbeda dimana Infinix Note 30 Pro dijual Rp3.099.000 dan Infinix GT 10 Pro dibanderol Rp3.499.000.

Harga yang lebih mahal menjadi hal yang wajar karena Infinix GT 10 Pro memiliki fitur yang lebih unggul performa yang lebih cepat, dukungan jaringan 5G, dan sensor fingerprint di bawah layar.

Namun apabila kamu tidak membutuhkanjaringan 5G, mungkin Infinix Note 30 Pro masih bisa menjadi pilihan. Apalagi perangkat ini telah mendukung fitur Wireless Charging dan harga lebih terjangkau.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar