ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

Ini Sejumlah Pengujian Ketat yang Dilalui Laptop ExpertBook B1 Untuk Dapatkan TKDN Lebih dari 40% 

Ini Sejumlah Pengujian Ketat yang Dilalui Laptop ExpertBook B1 Untuk Dapatkan TKDN Lebih dari 40% 

Gadgetren – ASUS kembali memperkenalkan seri laptop komersial ExpertBook B1 di Indonesia yang telah berhasil memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan nilai Beban Manfaat Produksi (BMP) yang mencapai lebih dari 40%.

Sebelumnya, ExpertBook B1 (BG1408CVA) dengan prosesor Intel Gen 13 Core i3 diperkenalkan di Batam, kini ASUS memamerkan saudaranya yaitu ExpertBook B1 (B1402CBA) yang ditenagai Intel Gen 12 Core i7.

Dalam acara yang digelar di Ashley Hotel Jakarta, Aldy Ramadiansyah mengungkapkan bahwa fokus utama seri laptop komersial dengan TKDN lebih dari 40% mencakup tiga hal yaitu durability, security, dan service.

Soal durabiltias, seri komersial berbeda dari laptop seri consumer. Adapun seri komersial ExpertBook B1 telah melalui serangkaian pengujian jauh lebih banyak hingga 28 item oleh MIL-STD 810H dibandingkan dengan pengujian laptop lainnya yang hanya 25 item.

Tak hanya itu, secara internal ASUS juga telah melakukan pengujian mandiri untuk seri laptop komersial ExpertBook B1 yaitu lebih dari 100 item pengujian sudah dilakukan untuk memastikan kembali ketahanannya dan aspek lainnya.

Hal tersebut karena laptop seri komersial biasanya digunakan di area yang ekstrim seperti tengah laut, mudah jatuh di lapangan dengan tingkat mobilitas tinggi, dan sebagainya.

Kemudian pihak ASUS  juga menyebutkan desain menjadi bagian kualitas produk yang membuat laptop seri komersial menggunakan desain konstruksi yang solid, 100% solid capacitos,  I/O port yang lengkap, dan dukungan fitur kesehatan baterai untuk penggunaan lebih lama.

 ASUS-EXPERTBOOK-B1402CBA

Soal security,  laptop seri komersial menyediakan sistem keamanan menyeluruh yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti untuk laptop yang kemalingan maka data tidak akan keluar atau tidak bisa diambil karena dilindungi oleh Trusted Platform Module (TPM).

Selain itu untuk dukungan keamanan lebih tersedia pemindai sidik jari, Kensington Security Slot & Padlock, BIOS/ HDD Password, AI Security, Webcam Privacy Shield, IR camera, dan ASUS Control Center untuk IT manajemen software yang mendukung autentikasi Windows Active Directory untuk pengaturan keamanan lebih jauh.

Untuk services atau layanan, laptop seri komersial mendukung after sale yang berbeda dengan consumer. Tentunya menyediakan garansi yang bisa diperpanjang dari 3 hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection untuk memberikan jaminan laptop yang rusak akibat kecelakan yang tidak disengaja seperti jatuh, kelistrikan, dan kena tumpahan air, semua bisa diatasi.

Selanjutnya laptop seri komersial juga menyediakan layanan VIP Priority Line yang membuat pelanggan dapat menghubungi service center kapan pun untuk mendapatkan dukungan teknis kapan saja.

 ASUS-Even-Series-AIO.

Bahkan langsung bisa berbicara kepada agen tanpa harus berbicara dengan robot untuk mendapatkan teknisi langsung untuk datang ke lokasi perusahaan. Lalu pelanggan juga dijamin akan mendapatkan dukungan spare part  yang lengkap termasuk baterai dan adapter.

Bersamaan dengan pengenalan produk laptop seri komersial ExpertBook B1, ASUS juga turut mengumumkan produk lolos TKDN dan BMP lebih dari 40% lainnya yaitu ASUS E3 Series (EG3408WVA) yang disebut akan dibuat di Batam di akhir tahun 2024 dan akan mulai dipasarkan pada tahun 2025.

ASUS E3 Series adalah PC AIO yang akan ditenagai oleh prosesor Intel Gen 13 dan dipadukan memori DDR5 16GB dan penyimpanan internal SSD PCle 4.0  berkapasitas hingga 1 TB. PC AIO ini akan menjalankan sistem operasi Windows 11 dan layarnya akan mendukung refresh rate hingga 100Hz.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.