ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menghapus Cache dan Data di HP vivo Jika Sudah Terlalu Banyak

cara hapus cache data vivo header

Gadgetren – Pada saat kamu membuka dan menjalankan aplikasi, tentunya cache akan langsung dibuat oleh sistem ponsel vivo.

Cache berfungsi untuk membantu aplikasi agar terbuka lebih cepat ketika diakses kembali. Selain itu, berbagai riwayat yang dibuat oleh aplikasi juga menambah besaran cache.

Untuk menghapus cache dan data dari aplikasi yang terpasang di ponsel vivo, kamu dapat langsung melakukannya melalui pengaturan.

Cara Menghapus Cache dan Data HP vivo

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Klik menu Apps.
  3. Tekan tombol See all.
  4. Cari dan pilih aplikasi yang memiliki cache berukuran besar.
  5. Klik menu Storage & cache.
  6. Tekan tombol Clear cache untuk menghapus cache saja.
  7. Atau tekan tombol Clear storage apabila ingin menghapus seluruh data aplikasi.
  8. Apabila berhasil, maka User data dan Cache akan menjadi 0 MB

Kamu pun harus mengulangi langkah tersebut satu per satu pada setiap aplikasi yang ingin kamu hapus data dan cache yang ada.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyortir daftar aplikasi dari ukuran yang paling besar sehingga kamu bisa langsung mengetahui aplikasi mana saja yang akan punya pengaruh besar ke penyimpanan jika cache dihapus.

Tentunya apabila data dan cache dari aplikasi tersebut dihapus, maka akan berpengaruh pada kapasitas penyimpanan internal dari handphone vivo akan kembali bertambah dibandingkan sebelumnya.

Namun perlu dicatat bahwa data dan cache akan bertambah kembali ketika kamu menjalankan aplikasi tersebut secara otomatis dikarenakan sudah mekanisme sistem untuk meningkatkan pengalaman penggunaan.

Dengan begitu, kamu pun harus menghapus data dan cache secara berkala jika suatu saat dirasa sudah terlalu banyak maupun ketika membutuhkan ruang penyimpanan.

Sebenarnya tidak hanya vivo saja yang memiliki fitur ini karena hampir berbagai ponsel berbasis Android pun memiliki opsi yang serupa untuk menghapus cache serta data yang akan selalu menumpuk seiring penggunaan.

Tentunya kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain seperti iManager untuk bisa menghapus secara otomatis, namun ada baiknya kamu yang punya kendali sendiri karena hal ini berhubungan dengan aplikasi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.