ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Pakai AI Eraser OPPO Reno 12 F 5G Untuk Sempurnakan Foto

Cara Pakai Fitur AI Eraser OPPO Reno 12 F 5G Header

Gadgetren – Kita ketahui bersama bahwa, OPPO Reno 12 F 5G menjadi ponsel kelas menengah OPPO yang didukung beragam fitur AI (Artificial Intelligence) yang dapat membantu aktivitas dan pekerjaan dari penggunanya.

AI Eraser 2.0 merupakan salah satu fitur andalan dari OPPO Reno 12 F 5G yang dapat memudahkan kamu untuk menghapus beragam objek atau subjek yang mengganggu pada hasil foto yang telah diambil.

Dengan begitu, tentunya kamu dapat menghasilkan foto yang lebih bersih dibandingkan dengan hasil foto sebelumnya yang terlalu banyak subjek atau objek. Apalagi AI Eraser 2.0 dapat secara cerdas dalam menghapus beberapa bagian karena terlihat cukup rapi.

Cara Pakai Fitur AI Eraser OPPO Reno 12 F 5G

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Cari dan pilih foto yang ingin kamu edit.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 1
  3. Pada halaman Preview foto, tekan tombol Edit di bagian bawah.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 2
  4. Pilih menu AI Eraser.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 3
  5. Pilih opsi Smart lasso, Paint Over, atau Remove people sesuai kebutuhan.
  6. Misalnya Remove people jika ingin menghapus orang.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 4
  7. Seleksi objek yang diinginkan.
  8. Objek tersebut akan dihapus dan diisi secara otomatis oleh AI.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 5
  9. Tekan tombol Done berikon centang di bagian bawah jika dirasa sudah oke.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 6
  10. Selanjutnya, tekan tombol Save di bagian bawah.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 7
  11. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Save Copy untuk menyimpannya.
    OPPO Reno12 F 5G - AI Eraser 2 - 7

Save Copy akan membuat foto asli yang sebelum diedit oleh AI Eraser tetap ada sehingga nantinya masih bisa diakses kembali sewaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Sementara itu, pada opsi Smart Lasso kamu dapat melingkari sekitar subjek atau objek untuk menandai bagian mana yang akan hapus. Lalu opsi Paint Over memungkinkan kamu dapat menyeleksi subjek atau objek secara manual dengan menggunakan tinta kuas untuk kemudian dihapus secara otomatis oleh AI.

Terakhir, Remove People didukung mampu mengidentifikasi bentuk orang dan kamu cukup menekan Remove All ketika ingin menghapus semua orang lain yang terseleksi oleh AI.

Fitur AI Eraser 2.0 yang hadir pada OPPO Reno 12 F 5G terasa canggih karena dengan bantuan AI dapat secara cerdas menghapus berbagai subjek atau objek yang mengganggu dan membuat area kosong yang terhapus tadi menjadi sebuah gambar yang terhubung dengan rapi.

Sebagai tambahan, OPPO Reno 12 F 5G diotaki chipset MediaTek Dimensity 6300 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz yang mempunyai performa lancar dalam menjalankan aplikasi maupun game. Perangkat ini mempunyai tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP.

Hadir dengan dua varian, OPPO Reno 12 F 5G dijual dengan harga Rp5.299.000 untuk varian RAM 12 GB + penyimpanan internal 256 GB dan Rp6.199.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan internal 512 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.