ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP TECNO dengan Fitur Hide Apps

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP TECNO Header

Gadgetren – HiOS 14 berbasiskan Android 14 sudah menghadirkan beragam fitur yang dapat menjaga privasi pengguna ponsel TECNO.

Salah satu fitur privasi yang dapat diandalkan merupakan Hide Apps yang mempunyai fungsi untuk menyembunyikan beragam aplikasi yang telah terpasang di ponsel TECNO sehingga tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Tentunya fitur Hide Apps akan sangat membantu dalam menjaga aplikasi agar tidak bisa diakses tanpa izin karena akan tersembunyi dari Home Screen, App Drawer, maupun App Management.

Cara Menyembunyikan Aplikasi HP TECNO

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Buka opsi Privacy.
  3. Pilih menu Vault.
  4. Masukkan Password, PIN, atau Pattern untuk menjadi kode keamanan jika belum ada.
  5. Tekan tombol Next Step.
  6. Masukkan kembali kode keamanan yang sama sekali lagi.
  7. Tekan tombol OK
  8. Pada halaman Link Account, kamu boleh memasukkan akun TECNO dengan menekan tombol Sign In And Link.
  9. Atau bisa tekan tombol Skip di bagian kanan atas jika tidak ingin menggunakan akun.
  10. Pada halaman Vault, pilih menu Apps.
  11. Lalu tekan tombol Add berikon + di bagian kanan bawah.
  12. Selanjutnya, pilih aplikasi yang akan disembunyikan.
  13. Tekan tombol Confirm.

Aplikasi yang telah disembunyikan dengan menggunakan fitur ini bahkan tidak dapat dilihat melalui menu App management yang terdapat pada aplikasi Settings sehingga aplikasi benar-benar tidak bisa ditemukan.

Berbeda dengan ponsel merek lain yang menyematkan fitur Hide Apps di menu Privacy atau Security, justru TECNO menghadirkan Hide Apps di dalam fitur Vault bersama dengan fitur untuk menyembunyikan berkas suara, dokumen, video, maupun gambar.

Untuk bisa melihat kembali aplikasi yang telah disembunyikan, kamu harus masuk ke dalam folder Vault dengan langkah serupa. Di dalam folder Vault, kamu juga dapat memunculkan kembali aplikasi yang disembunyikan agar dapat dilihat di Home Screen maupun App Drawer.

Apabila kamu tidak ingin menyembunyikan aplikasi dan tetap ingin menjaga privasi dari aplikasi tersebut, mungkin dapat menggunakan fitur App Lock untuk mengunci aplikasi sehingga membutuhkan kode keamanan untuk bisa mengaksesnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.