ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara HP OPPO Pakai Mode Kamera 0,5x Untuk Foto Ultrawide

Cara HP OPPO Pakai Mode Kamera 0,5x Header

Gadgetren – Beberapa ponsel OPPO masa kini sudah banyak yang mengusung mode 0,5x pada aplikasi kamera bawaannya.

Mode 0,5x mengartikan bahwa kamera ultrawide yang tersedia di ponsel akan digunakan sehingga area yang dapat diambil menjadi lebih luas dibandingkan dengan 1x Zoom yang menggunakan merupakan kamera utama.

Dengan menggunakan kamera ultrawide atau mode 0,5x Zoom, kamu dapat menghasilkan foto dengan area yang luas dengan lebih mudah. Tentunya kamu pun perlu mengaktifkan mode ini terlebih dahulu

Cara HP OPPO ke Mode Kamera 0,5x

  1. Buka aplikasi Camera bawaan.
  2. Pada halaman Photo, kamu akan langsung diperlihatkan mode 1x Zoom.
  3. Selanjutnya, pilih opsi 0,5x Zoom atau 0,6x Zoom yang merupakan kamera ultrawide.
    OPPO - Ultrawide - 1
  4. Selanjutnya, tekan tombol Shutter Virtual berikon lingkaran putih di bawah layar.
    OPPO - Ultrawide - 2
  5. Hasil foto dapat langsung dilihat di aplikasi Photos atau File Manager.

Seharusnya pada saat melihat Preview di aplikasi Camera, kamu akan melihat perbedaan area yang tertangkap dimana 0,5x Zoom tentunya lebih luas dibandingkan 1x Zoom.

Namun perlu dicatat, ada juga ponsel OPPO juga menuliskan kamera ultrawide sebagai 0,6x Zoom. Dengan begitu, 0,5x dan 0,6xsama-sama mengisyaratkan kamera ultrawide.

Kamera ultrawide bakal terasa bermanfaat ketika kamu ingin mengabadikan momen di perkotaan, pemandangan alam, maupun tempat yang membutuhkan sudut pandang luas.

Sayangnya kamera ultrawide tidak dihadirkan pada beberapa ponsel OPPO dengan harga yang murah sehingga kamu tidak akan melihat 0,5x atau 0,6x di aplikasi Camera melainkan hanya tulisan 1x saja.

Apabila handphone OPPO yang kamu gunakan tidak mempunyai kamera ultrawide, maka kamu dapat memanfaatkan mode Panorama untuk bisa menghasilkan foto dengan area luas menggunakan teknik menggeser tangkapan kamera dari kiri ke kanan atau sebaliknya secara perlahan.

Sementara itu kamu yang ingin punya ponsel OPPO dengan kamera ultrawide bisa memilih OPPO Reno12 5G, Reno12 Pro 5G, Find N3, Find X7 Flip, dan masih banyak lagi.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.