ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

PlayStation Portal Segera Rilis di Indonesia, Bisa Main Game PS5 Jarak Jauh

PlayStation Portal

Gadgetren – Sony resmi mengumumkan kehadiran PlayStation Portal Remote Player untuk pasar Indonesia. Sebelumnya, perangkat ini hanya tersedia untuk wilayah tertentu saja

Di Indonesia, PlayStation Portal Remote Player akan dirilis pada tanggal 9 Oktober 2024 mendatang dan dibanderol dengan harga Rp3.599.000. Perangkat ini akan dijual melalui mitra ritel resmi Sony PlayStation di Indonesia.

Tertera pada halaman toko ritel, PlayStation Portal akan dijual ditoko baik Blibli fisik maupun online, DIGI, GS Shop, Electronic City, Toko GS, Kids Station, Toys Kingdom, Sony Center, dan masih banyak lagi yang tersebar di seluruh Indonesia. Pra pemesanan akan dimulai pada tanggal 5 Agustus 2024 pekan depan.

Sesuai namanya, PlayStation Portal merupakan perangkat mesin remote play PlayStation 5 sehingga pengguna harus sudah memiliki PlayStation 5 sebelum membeli aksesoris ini.

Dengan PlayStation Portal, pengguna yang hanya memiliki satu televisi  di rumah tidak akan perlu berebut menggunakan televisi untuk memainkan PS 5 karena dapat memainkannya melalui PlayStation Portal.

 PlayStation-Remote-Player

Meskipun bentuknya seperti gaming handheld yang kini belakangan ramai menjadi tren, bisa dibilang Sony menghadirkan PlayStation Portal menargetkan pasar spesifik untuk pemain yang ingin memiliki akses ke game di PS5 selain di TV.

PlayStation Portal bisa streaming game dari PS 5 yang tersambung melalui Wi-Fi rumah maupun koneksi internet. Namun begitu Sony menyarankan koneksi yang kencang dan stabil untuk bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih optimal dengan kecepatan tinggi minimal 15Mbps.

Sementara untuk penggunaan WiFi publik tidak disarankan karena kualitas koneksi internet mungkin berada di luar kendali dan dapat memengaruhi kualitas pengalaman bermain.

PlayStation Portal Remote Player dapat memainkan game kompatibel yang telah kamu instal di konsol PS 5 dan juga memainkan game-game PS4. Mesin streaming ini bekerja mengandalkan fitur pengontrol nirkabel DualSense.

 PlayStation-Portal-Remote-Player-2

Perangkat ini juga menyediakan haptic feedback dan adaptive trigger sehingga permainan sama serunya di layar televisi dengan stik PS 5. Terdapat layar LCD berukuran 8″ yang memiliki resolusi 1080p dan refresh rate hingga 60fps.

Untuk menghubungkan PlayStation Portal ke PS 5 tersedia tombol khusus sehingga perangkat ini dapat terhubung ke konsol PS 5 dengan cepat dan pengguna dapat  langsung bermain.

Perangkat ini juga dilengkapi jack audio 3,5mm untuk audio berkabel. Tak ketinggalan pengguna juga dapat menghubungkan PlayStation Portal ke perangkat audio yang dibekali teknologi nirkabel PlayStation Link seperti earbud nirkabel PULSE Explore dan headset nirkabel PULSE Elite untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang memuaskan dengan latensi rendah.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.