ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tablet

8 Kelebihan dan Kekurangan Redmi Pad Pro, Tidak Hanya Berukuran Besar!

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Pad Pro - Header

Gadgetren – Redmi Pad Pro resmi meluncur ke Indonesia seperti rumor yang beredar sebelumnya. Perangkat tersebut sudah bisa dibeli melalui berbagai saluran penjualan yang disediakan oleh pihak Xiaomi baik itu secara offline maupun online.

Dibanderol dengan harga Rp4.299.000, Redmi Pad Pro pun layak dipertimbangkan saat kita memerlukan tablet dengan harga yang terjangkau. Perangkat tersebut apalagi mempunyai spesifikasi dan dukungan yang tergolong mumpuni untuk harganya.

Tablet baru dari Xiaomi tersebut menawarkan berbagai macam kelebihan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan. Walaupun dalam hal ini, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan supaya kita tidak menyesal meminangnya.

Kelebihan Redmi Pad Pro

1. Layar Berukuran Besar

Redmi Pad Pro merupakan perangkat yang bisa dipertimbangkan saat kita memerlukan tablet berukuran besar untuk bekerja hingga menikmati hiburan. Dengan panel layar yang sangat luas, berbagai konten dapat ditampilkan dengan memuaskan dan kita bisa mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman.

Dengan rasio layar ke bodi hingga 83,6 persen, perangkat tersebut memiliki panel yang membentang sampai 12,1 inci. Konten-konten pun akan ditampilkan dengan sangat jelas dan tajam dengan resolusi maksimal 2,5K (2560 x 1600 piksel) yang mana cukup tinggi untuk tablet di kelas harga ini.

Sebagai penunjang, layar Redmi Pad Pro apalagi sudah mendukung Dolby Vision. Teknologi ini memungkinkan kita menikmati berbagai konten mulai dari video hingga game dengan tampilan gambar yang terlihat lebih natural.

Layar Redmi Pad Pro mendukung pengaturan refresh rate dengan rentang yang panjang. Layarnya scara adaptif dapat berubah mulai dari 30Hz hingga 120Hz menyesuaikan konten yang ditampilkan. Hal ini dapat membuat animasi terlihat halus atau baterai lebih awet sesuai pemakaian sambil tetap menghemat penggunaan daya ketika konten tergolong statis.

Berbagai sertifikasi layar dari TÃœV Rheinland juga turut hadir pada Redmi Pad Pro untuk memastikan mata pengguna bisa menikmati konten dengan nyaman. Setidaknya ada tiga sertifikat yang diusung meliputi Rendah Cahaya Biru, Bebas Kedipan, dan Penyesuaian Ritme Sirkadian untuk memastikan pengalaman penggunaan yang nyaman.

Kita pun bisa menggunakan Redmi Pad Pro dengan nyaman tanpa khawatir layarnya akan mudah tergores oleh benda-benda lain. Perangkat tersebut sudah menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang terbukti keandalannya.

2. Kinerja Bertenaga

Meningkat dari versi standar, Redmi Pad Pro kini memakai chipset yang lebih bertenaga sebagai dapur pacunya. Perangkat tersebut mengandalkan Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2 yang dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam kebutuhan.

Bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 7s Gen 2 merupakan chipset bermanufaktur 4nm yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A78 dan Cortex-A55 berkecepatan hingga 2,4GHz.

Dibandingkan dengan model standar, chipset ini diklaim mampu meningkatkan kinerja pemrosesan data pada Redmi Pad Pro hingga 51 persen. Kemampuan pengolahan grafisnya pun bisa menjadi dua kali lebih mumpuni.

3. RAM dan Penyimpanan Memadai

Untuk menyokong kemampuan dapur pacunya, Redmi Pad Pro apalagi mengemas RAM berkapasitas lumayan besar. Cukup memadai untuk menangani berbagai macam tugas atau melakukan multi-tasking secara lancar.

Tersedia di Indonesia dalam varian tunggal, Redmi Pad Pro mempunyai RAM berkapasitas 8GB yang mana baka cukup untuk menjalankan berbagai aplikasi modern. Perangkat buatan Xiaomi tersebut secara khusus memadukannya bersama media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Penyimpanan yang ditawarkan oleh Redmi Pad Pro seharusnya sudah cukup untuk menampung banyak data dan aplikasi dalam pemakaian di masa sekarang. Namun, perangkat tersebut masih menyediakan slot kartu eksternal hingga 1,5TB apabila dirasa kurang yang mana tentunya penting jika ingin menggunakan tablet ini sebagai perangkat media.

4. Baterai Mumpuni

Mengikuti bodinya yang sangat lebar, Redmi Pad Pro membawa baterai berkapasitas besar. Kita pun tidak perlu khawatir perangkat akan cepat mati saat digunakan untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Pasalnya kita akan bisa memakai tablet tanpa terlalu sering mengisi daya.

Baterai Redmi Pad Pro mempunyai kapasitas sampai 10.000mAh. Dari kondisi penuh, perangkat tersebut diklaim mampu bertahan hingga 33,9 hari dalam mode siaga dan memungkinkan kita menonton video berkualitas HD sampai 12,1 jam.

Apabila terpaksa harus mengisi daya, perangkat tersebut mendukung teknologi 33W fast charging. Memang bukan yang tercepat untuk pemakaian saat ini tetapi sudah lumayan mumpuni untuk mempersingkat durasi waktu pengisian mengingat kapasitas baterainya yang memang juga besar.

5. Fitur Lengkap

Selain berbagai fungsi esensial yang ditawarkan oleh sebuah tablet secara umum, Redmi Pad Pro juga mengemas beberapa fitur tambahan yang membuat dukungannya semakin lengkap. Termasuk di antaranya pada aspek multimedia yang sering dimanfaatkan pada perangkat tablet.

Tidak hanya Dolby Vision yang sudah disebutkan sebelumnya, Redmi Pad Pro juga didukung oleh Dolby Atmos. Teknologi ini memungkinkan keempat speaker stereo pada perangkat tersebut dapat menghasilkan suara sinematik yang mengagumkan dan lantang.

Jika lebih senang mendengarkan lewat headphone atau earphone, kita pun masih dapat memakai perangkat suara berbasis kabel. Redmi Pad Pro masih dilengkapi jack audio 3,5mm di mana bahkan secara khusus sudah mendukung pemutaran Hi-Res Audio.

Berjalan dengan sistem antarmuka baru dari Xiaomi bernama HyperOS yang berbasis Android 14, Redmi Pad Pro juga membawa bermacam fungsi interkonektivitas dengan perangkat Xiaomi lain. Tablet tersebut di antaranya mempunyai Home screen+, Shared clipboard, aplikasi Note lintas perangkat, maupun Network sync untuk memudahkan penggunaan.

Home screen+ berfungsi untuk menampilkan layar ponsel ke tablet, Shared clipboard untuk menyalin teks atau gambar dari perangkat berbeda, aplikasi Note untuk menggunakan kamera ponsel ke dalam catatan, sementara Network sync untuk menghubungkan tablet dengan hotspot ponsel secara praktis.

Kekurangan Redmi Pad Pro

1. Kamera Standar

Sama seperti kebanyakan tablet, Redmi Pad Pro juga tidak terlalu fokus pada fungsi kamera. Perangkat tersebut makanya hanya membawa konfigurasi lensa yang tergolong sangat standar sebagai pelengkap saja.

Kamera depan dan belakang perangkat tersebut mengandalkan lensa beresolusi 8MP dengan dukungan perekaman video sampai 1080p @30fps. Secara teknis, kualitas kameranya memang sudah cukup untuk melakukan konferensi atau panggilan video.

2. Keyboard dan Smart Pen Terpisah

Redmi Pad Pro sebenarnya meluncurkan bersama aksesori Keyboard dan Smart Pen yang memungkinkan kita melakukan berbagai pekerjaan profesional. Sayangnya, kedua aksesoris untuk Redmi Pad Pro tersebut dijual secara terpisah atau kita perlu mengeluarkan uang lebih jika ingin membelinya dalam satu paket.

Keyboard dan Smart Pen untuk Redmi Pad Pro masing-masing dijual dengan harga Rp699.000. Sementara untuk pembelian perangkat dan kedua aksesori dalam satu paket, kita perlu mengeluarkan dana setidaknya Rp5.497.000. Hal ini cukup disayangkan karena ada beberapa kompetitornya yang sudah memasukkan stylus pada paket penjualannya

3. Hanya Tersedia Dalam Model WiFi

Agar bisa terhubung dengan koneksi internet, kita juga hanya bisa mengandalkan jaringan WiFi karena Redmi Pad Pro tidak memiliki model yang mendukung jaringan seluler. Kita jadi perlu memanfaatkan hotspot dari ponsel atau MiFi jika mau lebih fleksibel.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.