ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power HP vivo Supaya Tidak Muncul

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power HP Vivo Header

Bagi pengguna lama yang baru beralih ke ponsel baru vivo, kamu mungkin akan merasa repot ketika menekan tombol Power karena malah memuncul Google Assistant.

Biasanya pada saat menekan tombol Power beberapa saat akan memunculkan menu Power Off, Lock now, Restart, dan Emergency yang bisa dipilih.

Namun pada ponsel vivo generasi baru, secara bawaan tombol Power akan memunculkan Google Assistant sementara opsi Power membutuhkan kombinasi tombol. Untuk mengembalikannya seperti dahulu, kamu bisa mematikannya lewat pengaturan.

Cara Mematikan Google Assistant di Tombol Power HP vivo

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih kolom Search di bagian atas.
  3. Ketik kata kunci button.
  4. Pilih opsi Press & hold Power button.
  5. Pilih kembali Press & hold Power button.
  6. Klik kembali opsi Press & hold Power button (Launch Google Assistant).
  7. Pada menu pop-up yang muncul pilih opsi Enable the Power & Emergency menu.

Setelah perubahan fitur diaktifkan, maka pada saat kamu menekan dan menahan tombol Power selama beberapa saat akan memunculkan menu pop-up yang berisikan Power Off, Lock now, Restart, dan Emergency.

Dengan begitu, kamu dapat kembali menggunakan tombol Power seperti sebelumnya. Fungsi baru seperti kombinasi tombol Power dan Volume Atas juga tetap bisa digunakan untuk menghadirkan menu Restart dan Power Off.

Untuk mengakses Google Assistant, kamu masih bisa menggunakan tombol virtual Home di bawah layar atau cukup mengucapkan “OK Google” pada ponsel Vivo kamu.

Tentu saja penggunaan tombol Power sebaiknya dikurangi sebisa mungkin karena fungsinya yang vital. Pasalnya apabila tombol ini sampai rusak, akan sangat repot sekali ketika kamu ingin menyalakan ponsel dari kondisi mati.

Jadi kamu pun dapat menggunakan fitur Accessibility Menu yang secara bawaan sudah hadir di ponsel vivo untuk memunculkan menu melayang di samping layar dengan ikon tiga titik di dalam kotak.

Di dalam Accessibility Menu nantinya terdapat opsi Power yang pada saat ditekan akan langsung mengarahkan ke halaman Power Off, Lock now, Restart, dan Emergency sebagai metode alternatif dari menggunakan tombol fisik.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.