ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Aplikasi Berita

Sediakan Produk Original dan Gratis Pengembalian, Tokopedia Hadirkan ShopTokopedia Mall

Sediakan Produk Original dan Gratis Pengembalian, Tokopedia Hadirkan ShopTokopedia Mall

Gadgetren – Tokopedia secara resmi telah memperkenalkan fitur terbarunya yang bernama ShopTokopedia Mall untuk membantu pelaku usaha memperluas penjualan dan bagi pengguna dapat meningkatkan pengalaman belanja secara online.

ShopTokopedia Mall sendiri hadir dari kelanjutan kerjasama TikTok dan Tokopedia melalui TikTok Shop untuk memberikan produk yang original atau kini disebut  ShopTokopedia.

ShopTokopedia bekerjasama dengan sederet toko resmi untuk menghadirkan label ‘Mall’ pada setiap brand guna mempermudah masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan.

Tak hanya mendapatkan jaminan 100% produk asli, melalui ShopTokopedia Mall pengguna juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan setiap membeli beragam produk yang diinginkan maupun kebutuhan sehari-hari seperti gratis ongkos kirim (ongkir) dan gratis 15 hari pengembalian.

Adapun untuk mengakses ShopTokopedia Mall caranya sangat mudah. Pengguna dapat membuka aplikasi TikTok dan ketuk TikTok Shop atau ShopTokopedia. Kemudian ketuk ikon atau menu Mall. Pengguna akan menemukan beragam produk dengan label ‘Mall’ yang menandakan produk dari brand terpercaya dan sudah bekerjasama dengan Tokopedia.

Mengenai syarat brand dapat bergabung di ShopTokopedia Mall, Stephanie Susilo selaku Senior Director of Ecommerce Shop | Tokopedia menyampaikan bahwa pelaku usaha harus bisa memberikan sertifikasi bahwa memegang lisensi brand.

Kemudian Stephanie melanjutkan brand yang ingin mendapatkan label Mall harus menjual produk yang asli dan resmi. Ketiga brand harus memberikan gratis ongkos kirim dan bersedia memberikan pelayanan pengembalian.

 ShopTokopedia-Mall-

Menurut Stephanie mengapa ShopTokopedia Mall baru hadir sekarang, baginya merupakan waktu yang tepat. Diketahui sebelumnya Tokopedia telah menggandeng TikTok untuk menghadirkan kembali TikTok Shop pada platform video singkat tersebut setelah dihentikan oleh pemerintah karena dikritik banyak memasarkan produk impor.

Namun begitu tanda centang resmi toko di Tokopedia dan ikon ‘Mall’ sama saja. Perbedaan hanya pada pemberian layanannya saja seperti gratis ongkir dan pengembalian. Sedangkan keduanya sama-sama menawarkan produk asli tetapi tidak semua toko yang mendapatkan centang menyediakan promo ongkir dan pengembalian.

Stephanie menambahkan penjual di ShopTokopedia yang berstatus ‘Mall’ bisa meningkatkan kepercayaan pembeli dan visibilitas toko atau produk lewat sederet keuntungan berupa badge label ‘Mall’ yang bisa menaikkan kepercayaan pembeli, pengelolaan toko/produk yang lebih eksklusif, dan voucher pengiriman spesial.

Penjual juga bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih lengkap untuk mendapatkan eksposur yang lebih tinggi dengan hadir di berbagai posisi strategis pada consumer purchase journey seperti di banner utama atau mengikuti berbagai kampanye eksklusif salah satunya promo tanggal kembar.

 ShopTokopedia-Mall-4

“Data internal ShopTokopedia menunjukkan bahwa sepanjang semester I 2024, penjual berstatus ‘Mall’ mengalami pertumbuhan bisnis hingga 3 kali lipat lebih tinggi,” ujarnya.

ShopTokopedia Mall sendiri sudah memiliki banyak brand yang bergabung seperti Somethinc, Aerostreet, in.the.box, BIOAQUA, TCL, Huawei, ERIGO, ADVAN, NIVEA, realme, Scarlett, Zinus, 3 Second, LocknLock, Wardah, Maybeline, Skintific, Kintakun,  Infinix, dan masih banyak lagi.

 ShopTokopedia-Mall

Sebagai tambahan informasi, hingga kini kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia  disebut mendapatkan kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform. Di Tokopedia, jumlah penjual naik lebih dari 2 juta, dari lebih dari 12 juta pada tahun 2022 menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023.

Sedangkan di ShopTokopedia atau TikTok Shop, jumlah penjual pada tahun 2023 naik hampir 20% menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024. Sampai sekarang terdapat lebih dari 21 juta penjual baik di Tokopedia maupun di ShopTokopedia.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.