ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Biznet Jadi Provider Internet Paling Kencang Versi OpenSignal

Biznet Jadi Provider Internet Paling Kencang Versi OpenSignal

Gadgetren – Dalam laporan terbaru OpenSignal, layanan broadband Biznet telah mencetak skor tertinggi di Pulau Jawa dalam Kecepatan Unggah dan Kecepatan Unduh Puncak.

Laporan tersebut dirilis OpenSignal pada tanggal 17 Juli 2024 dengan judul “Pengalaman Fixed Broadband Indonesia di Pulau Jawa – Juli 2024” yang dibuat oleh Robert Wyrzykowski.

Melalui laporannya tersebut, Biznet telah berhasil mengalahkan sejumlah penyedia broadband populer di Indonesia. Adapun OpenSignal memilih pulau Jawa dikarenakan pulau tersebut memiliki populasi tertinggi di Indonesia.

Dalam laporannya, OpenSignal mengukur performa 11 ISP di pulau Jawa termasuk Biznet, CBN, First Media, Icon Plus, IndiHome (Telkomsel), Indosat HiFi, MNC Play, MyRepublic, Orbit (merek FWA Telkomsel), Oxygen.id, dan XL.

Hasil analisa OpenSignal menyebutkan bahwa pengguna Biznet dan First media di Jawa mampu menikmati internet dengan Kecepatan Unduh rata-rata di atas 30 Mbps. Selain unggul dalam Kecepatan Unduh, Biznet juga berada di posisi teratas pada Kecepatan Unggah yang memiliki rata-rata 8,6% lebih cepat dibandingkan MyRepublic yang berada urutan kedua.

Tak hanya itu, Biznet juga mendominasi peringkat pertama pada kategori Kecepatan Unggah Puncak dan di posisi kedua ada First Media. Pada Kecepatan Unggah Puncak, Biznet memiliki Kecepatan Unggah 150.3 Mbps sedangkan First Media memiliki Kecepatan Unggah Puncak 126.1 Mbps.

 OpenSignal-Broadband-Experience-by-ISP-di-Jawa.

Dalam hal kategori Pengalaman Video, layanan First Media berhasil unggul di posisi pertama. Layanan ini telah mendapatkan skor Sangat Baik dengan nilai 68-78 untuk kategori tersebut. Kemudian di posisi kedua ada Oxygen.id dengan skor yang tidak jauh berbeda.

Dari temuan Pengalaman Video, OpenSignal menyampaikan responden rata-rata dapat melakukan streaming video dengan kualitas 1080p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan hanya mengalami waktu henti yang sedikit.

Sebagian besar ISP untuk Pengalaman Video disebut mendapat skor Baik dengan nilai 58-68. Sedangkan Pengalaman Video terendah hadir pada layanan Indosat HiFi dan Orbit dengan skor Cukup dengan nilai 48-58.

Sebagai informasi, temuan pengalaman broadband di pulau Jawa dari OpenSignal ini dilakukan berdasarkan pengalaman responden selama 90 hari mulai tanggal 6 Maret 2024.

 OpenSignal-Broadband-Experience-by-ISP-di-Jawab-Peak

Pengukuran performa kinerja broadband di Jawa dilakukan di semua arsitektur jaringan broadband yang mencakup fiber (FTTx), xDSL, kabel, FWA melalui 4G dan 5G, serta satelit.

Lebih jauh, sebagian besar penyedia ISP dalam laporan OpenSignal menggunakan arsitektur jaringan fiber. Selain dengan fiber, Biznet, Indosat HiFi, dan XL juga menggunakan FWA.

Selanjutnya Telkomsel menyediakan arsitektur jaringan xDSL, fiber, dan FWA lewat merek Orbit. Kemudian First Media menjadi satu-satunya ISP besar di Jawa yang menggunakan jaringan kabel.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.