ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Screen Time HP vivo Untuk Tahu Berapa Lama Penggunaan Aplikasi

Cara Melihat Screen Time HP vivo Header

Gadgetren – Screen Time memperlihatkan waktu yang tercatat ketika menggunakan berbagai aplikasi di ponsel vivo sehingga kamu bisa mengetahui berapa lama kamu menghabiskan waktu di aplikasi setiap harinya.

Hadirnya fitur Digital Wellbeing & parental control membuat Screen Time dapat dilihat secara rinci. Berkat dapat dilihatnya Screen Time, kamu dapat mengetahui seberapa banyak waktu yang dihabiskan saat memakai suatu aplikasi setiap harinya di ponsel vivo.

Dengan memperhatikan Screen Time secara seksama melalui aplikasi Digital Wellbeing & parental control, maka kamu dapat meningkatkan produktivitas dalam penggunaan ponsel agar bisa membagi waktu saat bekerja, belajar, maupun hiburan dalam sehari-hari.

Cara Melihat Screen Time HP vivo Lewat Digital Wellbeing

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Digital Wellbeing & parental controls.
  3. Selanjutnya, kamu akan diperlihatkan grafik lingkaran Screen Time dari aplikasi yang digunakan pada hari tersebut.
  4. Apabila ingin melihat lebih rinci, tekan grafik lingkaran tersebut.
  5. Kamu akan diperlihatkan halaman Dashboard yang berisikan grafik bar waktu penggunaan ditambah seberapa lama Screen Time per aplikasi.
  6. Apabila ingin melihat hari sebelumnya, maka kamu dapat menekan grafik bar pada hari yang diinginkan.
  7. Biasanya akan dirangkum per minggu dari hari Senin hingga Minggu.
  8. Kamu dapat menggeser dari kiri ke kanan untuk minggu sebelumnya.

Data yang ditampilkan oleh Dashboard terdiri dari waktu Screen Time, durasi dalam grafik bar, tanggal yang dipilih, hingga waktu per aplikasi. Bahkan pada saat kamu menekan salah satu aplikasi dari daftar, maka kamu juga akan diberikan grafik bar mengenai Screen Time yang tercatat dari waktu ke waktu.

Apabila penggunaan Screen Time aplikasi dirasa terlalu tinggi, maka kamu dapat mengatur batas waktu agar dapat bisa membuka aplikasinya dalam durasi tertentu saja. Dengan begitu aplikasi tidak akan dapat digunakan lagi hingga keesokan harinya ketika sudah melewati batas waktu.

Mengatur Durasi Penggunaan Aplikasi

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Digital Wellbeing & parental controls.
  3. Pilih grafik lingkaran Screen Time.
  4. Pada halaman Dashboard, tekan tombol jam pasir di sebelah kiri aplikasi yang ingin diatur durasi penggunaannya.
  5. Atur durasi pemakaian aplikasi.
  6. Tekan OK.

Durasi penggunaan aplikasi dapat diatur dengan pilihan 5 menit hingga 23 jam 55 menit tergantung dari kebutuhan. Misalnya kamu mengatur durasi aplikasi Instagram selama 3 jam 30 menit saja, nantinya secara otomatis aplikasi tidak akan bisa digunakan lagi setelah durasi terlewat. Waktu penggunaan akan direset pada tengah malam ketika berganti hari.

Menariknya lagi, Digital Wellbeing & parental controls juga menghadirkan fitur Focus mode yang memudahkan kamu untuk tetap fokus saat melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa terganggu aplikasi media sosial atau game yang membuat terlena.

Dengan Focus Mode, kamu dapat mengatur aplikasi apa saja yang tidak bisa dibuka sementara waktu selama periode tertentu. Misalnya saat sedang bekerja atau belajar, aplikasi yang kamu pilih akan dinonaktifkan dengan ikon yang berubah menjadi warna abu-abu baik itu pada Home Screen maupun App Drawer.

Cara Melihat Screen Time HP vivo Melalui Settings

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Battery.
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan Screen time dari suatu aplikasi.
  4. Kamu juga bisa melihat grafis Screen Time setiap harinya.

Melalui menu pengaturan ini, kamu juga akan diperlihatkan Screen time dari suatu aplikasi setiap harinya agar mengetahui aplikasi apa yang paling banyak digunakan. Tidak hanya itu saja, waktu dari aplikasi saat berjalan di latar pun akan diperlihatkan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.