ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluwarsa Agar Bisa Digunakan Lagi

Aplikasi Whatsapp

Gadgetren – WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi chat yang digunakan oleh banyak orang karena beragam fitur yang ditawarkan, termasuk bertukar pesan secara real time.

WhatsApp pun menghadirkan update setiap periodenya, namun tidak jarang juga sebagian pengguna yang mengabaikannya sehingga membuat aplikasi WhatsApp menjadi kadaluwarsa.

Dengan begitu WhatsApp tidak dapat dibuka karena versinya sudah tidak lagi didukung. Kamu pun tidak perlu khawatir jika itu terjadi karena kamu hanya perlu memperbarui versi aplikasi saja agar bisa digunakan kembali secara normal.

Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluwarsa

  1. Buka aplikasi Google Play Store di ponsel.
  2. Cari aplikasi WhatsApp.
  3. Tekan tombol Update atau Perbarui.
  4. Tunggu proses pembaruan selesai.
  5. Coba buka kembali aplikasi WhatsApp

Apabila aplikasi WhatsApp sudah masuk ke versi terbaru, maka kamu seharusnya sudah dapat membukanya kembali secara normal. Peringatan kadaluwarsa muncul karena WhatsApp yang lama terdeteksi belum memiliki fitur dan keamanan baru yang membuat rentan terhadap serangan peretas.

Pihak WhatsApp selalu ingin aplikasi yang digunakan oleh pengguna sudah versi terbaru agar seluruh pengguna mendapatkan fitur dan keamanan yang serupa.

Selain menggunakan Google Play Store, kamu juga dapat melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp melalui toko aplikasi dari vendor ponsel seperti OPPO Store, vivo Store, Galaxy Store, Mi Store, dan lainnya.

Jika kamu sedang tidak bisa mengakses Google Play Store, alternatifnya kamu dapat memanfaatkan toko aplikasi dari pihak ketiga  seperti APKPure untuk mengunduh APK.

Unduh dari APKPure

  1. Kunjungi halaman https://apkpure.net/id/whatsapp-android/com.whatsapp dengan browser.
  2. Tekan tombol Download atau Unduh.
  3. Klik tombol Download APK atau Unduh APK.
  4. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Download Anyway.
  5. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  6. Buka APK dari WhatsApp yang telah diunduh.
  7. Izinkan akses yang diminta.
  8. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Install.

Penggunaan Google Play Store dan toko aplikasi pihak ketiga dapat dilakukan ketika kamu menggunakan ponsel berbasis Android. Sementara kamu yang menggunakan iPhone maupun iPad perlu melakukan update lewat App Store.

Untuk Perangkat Apple

  1. Buka aplikasi App Store di iPhone atau iPad.
  2. Cari aplikasi WhatsApp.
  3. Tekan tombol Update atau Perbarui.
  4. Tunggu hingga pembaruan selesai.

Tentunya aplikasi WhatsApp yang sudah kamu update akan membawa fitur dan keamanan baru sehingga tidak akan memunculkan pesan kadaluwarsa lagi. Dengan begitu, kamu juga dapat mencoba fitur-fitur untuk bertukar pesan dengan pengguna lain yang biasanya terdapat pada WhatsApp versi terbaru.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.