ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Smartphone

OPPO Reno12 Series Lolos TKDN, Segera Rilis di Indonesia

OPPO Reno12 Series Lolos TKD, Segera Rilis di Indonesia

Gadgetren – Setelah hadir lebih dulu di pasar Tiongkok dan Eropa, akhirnya ponsel anyar dari OPPO lini seri Reno akan segera hadir di Indonesia melalui seri OPPO Reno12 yang terdiri dari OPPO Reno12 dan Reno12 Pro.

Keduanya diyakini memiliki nomor model CPH2629 untuk OPPO Reno12 Pro dan CPH2625 untuk OPPO Reno12. Nomor model keduanya telah tercatat dalam halaman resmi TKDN dari Kementerian Perindustrian dan situs Postel SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dengan demikian dapat dipastikan seri OPPO Reno12 akan segera meramaikan pasar Indonesia dalam waktu dekat. Namun begitu hingga berita ini dibuat, pihak OPPO Indonesia belum memberikan keterangan resminya mengenai kapan jadwal peluncuran ponsel kelas menengah ini di Tanah Air.

Di situs resmi TKDN, baik OPPO Reno12 dan Reno12 Pro 5G sama-sama telah mendapatkan nilai TKDN sebesar 36,35% sebagai syarat kelayakan ponsel dapat dipasarkan di Indonesia.

Menurut sertifikasi TKDN, seri OPPO Reno12 akan dibekali jaringan 5G. Selain di situs TKDN, seri OPPO Reno12 juga telah tercatat pada situs Postel SDPPI Kominfo yang terbit sejak tanggal 7 Mei 2024 untuk OPPO Reno12 Pro dan tanggal 17 Mei 2024 untuk OPPO Reno12.

Seri OPPO Reno12 sendiri membawa spesifikasi yang tak sama baik di pasar Eropa dan Tiongkok. Untuk pasar Eropa, seri Reno OPPO Reno12 secara umum memiliki perbedaan pada dukungan fitur-fitur fotografi, anti gores, dan kapasitas penyimpanan.

Kedua model hadir di pasar Eropa dengan konfigurasi tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal di dalam modulnya. Keduanya menawarkan tiga varian warna yaitu Cokelat Angkasa, Emas Matahari Terbenam, dan Nebula Perak untuk versi Pro.

Postel SDPPI Seri Reno12

Sementara versi standar menawarkan warna Coklat Matte, Merah Muda Matahari Terbenam, dan Perak Astro. Kamera belakang OPPO Reno12 Pro menggunakan lensa utama beresolusi 50MP dengan aperture f/1.8 yang didukung Optical Image Stabilization (OIS), lensa sudut lebar 8MP dengan aperture f/2.2, dan lensa telefoto 50MP dengan aperture f/2.0.

Sedangkan OPPO Reno12 dibekali tanpa lensa telefoto namun memiliki konfigurasi yang sama seperti kakaknya. Lensa telefoto diganti dengan lensa makro 2MP dengan aperture f/2.4.

Sementara kamera depan menyediakan resolusi yang berbeda pada seri OPPO Reno12 ini. Yang mana versi Pro menggunakan lensa depan beresolusi 50MP dengan aperture f/2.0 dan versi standar mempunyai resolusi lensa depan 32MP dengan aperture f/2.0.

Kamera belakang dapat merekam video dengan kualitas hingga 4K pada 30fps. Kedua model dapat mengambil gambar dengan bokeh lembut dan mendukung fitur AI Portrait Retouching.

Kamera OPPO Reno12 Pro

Performa pacunya menggunakan chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy Octa-Core (4nm) yang dioptimalkan oleh MediaTek dan OPPO untuk memberikan performa kencang sekaligus efisiensi daya.

Chipset tersebut dilengkapi dengan RAM LPDDR4X 12GB dan penyimpanan UFS 3.1 256GB untuk versi standar atau penyimpanan 512GB untuk versi Pro. Terdapat fitur ekspansi RAM yang memungkinkan RAM memiliki total hingga 24GB dan tersedia kapasitas penyimpanan tambahan microSD hingga 1TB.

Layar seri OPPO Reno12 di pasar Eropa sama-sama mengusung ukuran 6,7″ berpanel AMOLED yang memiliki resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel) serta mendukung refresh rate hingga 120Hz, warna gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan hingga 1200nit di bawah matahari.

Untuk versi Pro menggunakan lapisan pelindung anti gores Corning Gorilla Victus 2. Sedangkan versi standar  menggunakan anti gores Corning Gorilla 7i. Baterainya sama-sama berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi pengisian daya cepat 80W.

Selain itu didukung IP65 yang tahan terhadap cipratan air dan debu serta mendukung fitur NFC untuk top up e-money dan transaksi non tunai. Sistem antarmuka menjalankan ColorOS 14.1 berbasis Android 14.

Di pasar Eropa, OPPO Reno12 Pro dibanderol €600 atau setara Rp12,5 jutaan. Sedangkan OPPO Reno12 dilepas dengan €500 atau sekitar Rp10,4 jutaan. Pihak OPPO Indonesia menyebutkan bahwa lini OPPO Reno sejak pertama kali hadir membawa DNA dengan kemampuan fotografi, mengunggulkan desain yang stylish, dan performa yang dapat diandalkan.

Seri OPPO Reno12 di Indonesia kabarnya akan menghadirkan teknologi AI Generatif dengan dukungan performa dalam desain terbaru yang akan memberikan pengalaman dengan AI untuk pengguna beraktivitas.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.