ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Review Aksesoris

Review AGI Portable SSD ED238, Sangat Ringkas dan Sangat Cepat

Review AGI Portable SSD ED238 Header

Review AGI Portable SSD ED238
  • Rating
5

Kesimpulan

AGI Portable SSD ED238 hadir dalam bentuk yang ringkas dan desain premium sambil tetap memberikan transfer data berkecepatan tinggi.

Yang Disukai

  • Transfer data tinggi
  • Desain premium dan berkualitas
  • Sudah termasuk adaptor USB-C to USB-A

Yang Tidak Disukai

Gadgetren – Perusahaan teknologi asal Taiwan, Agile Gear International, telah menghadirkan SSD portable yang sangat ringkas.

Dinamakan AGI Portable SSD ED238, solusi penyimpanan ini diklaim memiliki kecepatan transfer ultra tinggi dalam bentuknya yang ultra kecil.

Dengan harga banderol sekitar Rp1,6 jutaan di e-commerce serta garansi selama 3 tahun, portable SSD yang satu ini tentunya menarik untuk dilihat lebih jauh.

Satu hal yang langsung menarik perhatian dari AGI Portable SSD ED238 tidak dipungkiri lagi merupakan desainnya yang terlihat sangat premium serta ukuran yang tergolong kecil untuk sebuah portable SSD.

Perangkat ini memiliki bodi dengan dimensi hanya 64,1 x 28,5 x10mm serta bobot 30 gram saja atau bisa dikatakan sedikit lebih besar dibandingkan ibu jari orang dewasa. Hal ini tentunya membuatnya sangat mudah sekali dibawa ke mana saja.

AGI Portable SSD ED238 (3)

Tidak hanya ringkas, bodinya pun menggunakan material dari aluminum yang mana menjadi faktor utama kenapa penyimpanan portable ini terlihat sangat premium. Bodinya terasa kokoh dan berkualitas ketika digenggam yang mana memberikan keyakinan lebih terhadap ketangguhannya.

Pastinya desain industrial yang dihadirkan sangat terlihat modern sekali. Selain itu penyimpanan portable ini juga memiliki lubang pengait yang bisa dimanfaatkan jika perlu menggantung atau mengamankannya ke suatu hal.

AGI Portable SSD ED238 mendukung antarmuka USB-C 3.2 Gen2 untuk menjamin transfer data berkecepatan tinggi. Dalam paket penjualan disediakan kabel USB-C to USB-C yang hanya sepanjang 25 cm saja serta adapter USB-C to USB-A sehingga bisa terhubung ke berbagai jenis perangkat.

AGI Portable SSD ED238 (1)

Untuk kapasitas penyimpanannya sendiri sebesar 1TB sehingga dapat leluasa menyimpan banyak data yang selalu mudah untuk diakses. Lalu bagaimana dengan kecepatan data transfer dari AGI Portable SSD ED238?

Berdasarkan pengujian menggunakan Crystal Disk Mark 8, AGI Portable SSD ED238 berhasil mencatatkan angka sekuensial di 1008,67 MB/s untuk Read dan 958,22 MB/s untuk Read. Angka yang bisa dikatakan cukup sesuai dengan apa yang diklaim oleh AGI dimana mencapai 1.050 dan 1.000 MB/s secara berurutan.

AGI Portable SSD ED238 Crystal Disk Mark

Kecepatan transfer data yang dimiliki oleh AGI Portable SSD ED238 pun sangat bersaing sekali dengan SK hynix Tube T31 yang mana merupakan stik SSD dengan bentuk mirip flashdrive pada umumnya. Oleh karena itu kecepatan tersebut sesuai dengan apa yang bisa diharapkan dari SSD portable.

Sementara itu pada pengujian copy file secara langsung, membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja untuk menyalin backup dari game Steam berukuran 95GB dengan rata-rata kecepatan di kisaran 525 MB/s. Kecepatan transfer akan bervariasi tergantung jumlah file, namun pastinya jadi tidak perlu menunggu lama hingga proses transfer selesai.

AGI Portable SSD ED238 Transfer Data

Sebagai SSD portable yang memiliki garansi selama 3 tahun, AGI Portable SSD ED238 pun menjagokan total masa tulis hingga mencapai 300 TBW (Terabytes Written) yang mana termasuk biasa saja dan bahkan seharusnya bisa lebih tinggi lagi untuk kapasitasnya yang mencapai 1TB.

Namun secara teori jika menulis data 100GB setiap harinya, maka membutuhkan waktu sekitar 8 tahun untuk menghabiskan batas TBW tersebut. Angka yang mungkin sudah jauh lebih dari cukup untuk pengguna yang tidak terlalu aktif menulis ke SSD.

AGI Portable SSD ED238 secara keseluruhan merupakan solusi penyimpanan SSD portable yang atraktif berkat desain premium dalam bodi yang ringkas, namun tetap menawarkan tingkat transfer data yang cepat.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar