ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis Motherboard dan VGA Seri TUF Gaming Edisi Back To (The) Future

ASUS Rilis Motherboard dan VGA Seri TUF Gaming Edisi Back To (The) Future

Gadgetren – ASUS Republic of Gamers (ROG) secara resmi telah meluncurkan motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF terbarunya yang mencakup TUF Gaming Z790 -BTF WiFi dan TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti Super BTF White OC Edition.

Motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF ini ingin menghadirkan pendekatan baru untuk para gamer extreme dengan konsep “Back To (The) Future” yang menghilangkan sambungan kabel dari motherboard ke kartu grafis seperti kabel pemasok daya, penyambung drive SATA 2,5 inci, penyambung kipas casing, dan kabel penyambung tombol front panel dan port I/O.

Mengenai ketersediaannya, motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF sudah bisa dipesan di Indonesia melalui kanal penjualan online di situs ASUS ROG Store. Setelah itu motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF dapat dibeli dalam waktu dekat melalui ROG Flagship Store maupun partner pilihan ASUS ROG.

Soal harga, motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF ini dijual secara bundling dengan jumlah yang terbatas di Indonesia seharga mulai Rp24.759.000. Selain itu juga terdapat case komputer edisi BTF untuk seri TUF Gaming yang dibanderol Rp2.060.000 untuk warna hitam dan Rp2.150.000 untuk warna putih.

Setiap pembelian motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF ini, pembeli juga akan berkesempatan mendapatkan merchandise menarik yang tersedia secara terbatas.

Bicara soal spesifikasi unggulannya, motherboard TUF Gaming edisi BTF menawarkan pengalaman konektor tersembunyi dengan pendekatan Advanced BTF melalui kartu grafis yang kompatibel dengan slot kartu grafis berdaya tinggi.

Motherboard TUF Gaming edisi BTF menyediakan Intel Socket LGA1700 yang mendukung prosesor hingga Intel Core generasi 14 dan menggunakan chipset Intel Z790. Selain itu prosesor terdapat slot ekspansi PCIe 5.0 x 16, PCIe 4.0 x16, dan slot PCIe 4.0 x 4.

Untuk memori RAM-nya menggunakan slot 4 x DIMM dengan teknologi DDR5 dengan AEMP II. Sementara penyimpanan menggunakan slot 4 x M.2 dan port 4 x SATA 6Gb/s.

Motherboard-ASUS-TUF-Gaming-BTF-1.

Tak hanya itu, motherboard seri TUF Gaming edisi BTF juga menyediakan Q-Release atau tuas fisik untuk membuka kait pengaman slot PCIe dengan satu ketukan, sehingga menyederhanakan proses pelepasan kartu PCIe dari motherboard ketika pengguna ingin meng-upgrade ke kartu grafis baru atau perangkat lain yang kompatibel.

Untuk memastikan komponen-komponen seperti CPU, RAM, kartu grafis, penyimpanan dapat berfungsi secara normal saat pengaktifan, motherboard memiliki lampu indikator pemecahan masalah Q-LED bila terdapat kesalahan. Lampu ini juga dapat memberi peringatan ketika memori belum terpasang dengan benar.

Sistem pendinginan menghadirkan heatsink VRM yang diperbesar untuk mengoptimalkan performa termal dan kontrol kipas yang dapat dikonfigurasikan melalui utilitas Fan Xpert 4 di Armoury Crate atau melalui ASUS UEFI BIOS.

Tak ketinggalan, tersedia dukungan port Display dan HDMI untuk menghadirkan gambar beresolusi tinggi hingga 4K pada 60fps. Terdapat pula konektor Thunderbolt 4 dan port USB Type-C 20 Gbps.

VGA-TUF-Gaming-NVIDIA-GeForce-RTX-4070-Ti-Super-BTFWhite-OC-Edition-16GB-GDDR6X-1

Sementara itu kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 4070 Ti Super BTF White OC Edition didesain dengan warna putih yang memiliki Aura Sync dan pembuang panas atau heatsink yang besar.

Chasis kartu grafis ini menggunakan material alumunium dan tersertifikasi Military-grade capacitors (20K). Kartu grafis ini dapat menghantarkan daya tanpa kabel hingga 600 watt ke motherboard.

Bersamaan dengan peluncuran motherboard dan kartu grafis seri TUF Gaming edisi BTF, ASUS juga memperkenalkan mouse gaming kelas profesional yaitu ROG Keris II Ace White yang dibanderol Rp1.809.000, dijual secara terpisah.

ROG Keris II Ace White hadir dalam warna putih dan hitam dengan desain futuristik yang memiliki bobot sekitar 54 gram. Mouse ini menggunakan sensor optik ROG AimPoint Pro dengan resolusi hingga 42.000 DPI, memberikan presisi yang tinggi untuk berbagai jenis permainan.

ASUS-TUF-Gaming-Z790-BTF-WiFi-

Selain itu memiliki kecepatan pelacakan hingga 750 IPS (inches per second) dan akselerasi 50g. Kemudian dilengkapi dengan tombol Optical Micro Switch yang diklaim tahan hingga 100 juta klik. Mouse ROG Keris II Ace White menyediakan beragam konektivitas yaitu kabel USB, nirkabel 2.4 GHz, dan Bluetooth.

Kompatibel dengan perangkat Windows 11, mouse ROG Keris II Ace White juga mendukung  Aura Sync RGB lighting yang dapat disesuaikan melalui software Armoury Crate untuk sinkronisasi dengan perangkat ROG lainnya.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.