ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M15 5G, Ponsel 5G yang Terjangkau!

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M15 5G - Header

Gadgetren – Hadir dengan banderol harga Rp2.699.000, Samsung Galaxy M15 5G memang bisa menjadi salah satu pilihan yang paling terjangkau saat kita memerlukan ponsel berjaringan 5G dari Samsung.

Perangkat dari lini keluarga Samsung Galaxy M tersebut di sisi lain apalagi membawa spesifikasi yang sangat menarik. Untuk sebuah ponsel yang dibanderol Rp2 jutaan, spesifikasi dan dukungan yang dibawanya lumayan tinggi.

Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut. Kita tentu tidak ingin menyesal setelah meminangnya.

Kelebihan Samsung Galaxy M15 5G

1. Konfigurasi Mesin Menarik

Berbeda dengan ponsel-ponsel buatan Samsung di masa lalu, lini perangkat Samsung Galaxy kini membawa konfigurasi mesin yang semakin menarik. Galaxy M15 5G menjadi salah satu di antara buktinya.

Pada dapur pacunya, Galaxy M15 5G sudah mengandalkan MediaTek Dimensity 6100+ yang dapat dipacu dengan kecepatan sampai 2,2GHz. Chipset 5G ini mempunyai kinerja yang mumpuni untuk menangani berbagai macam kebutuhan.

Chipset bermanufaktur 6nm ini setidaknya mempunyai kinerja yang hampir setara dengan MediaTek Helio G99 atau Qualcomm Snapdragon 695. Saat diuji dengan menggunakan aplikasi AnTuTu versi 10, Dimensity 6100+ mampu memperoleh skor di kisaran angka 400 ribuan.

Oleh Samsung, chipset ini dipadukan bersama RAM sebesar 6GB yang bisa diperluas dengan memori virtual sampai total 12GB. Kinerja Galaxy M15 5G makanya sudah sangat mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang.

Tidak hanya sampai di situ, Galaxy M15 5G juga hadir dengan dukungan penyimpanan data yang besar. Perangkat tersebut mempunyai media internal berkapasitas 128GB yang masih bisa diperluas dengan kartu MicroSD sampai 1TB.

2. Layar Super AMOLED Beranimasi Tinggi

Layar dari Galaxy M15 5G juga mempunyai spesifikasi yang tidak kalah menarik. Perangkat Samsung tersebut sudah menggunakan panel Super AMOLED yang mendukung kecerahan layar sampai 800nits.

Dipadukan bersama teknologi Vision Booster andalan Samsung, layar Galaxy M15 5G menawarkan visibilitas yang sangat baik. Berbagai konten akan ditampilkan dengan jelas apa pun kondisi pencahayaan saat pemakaian.

Pengaturan animasi yang ditawarkan oleh layar Galaxy M15 5G juga tergolong tinggi. Perangkat tersebut dapat mengakomodasi berbagai konten seperti game atau video dengan refresh rate hingga 90Hz.

Dengan ukuran 6,5 inci, layar Galaxy M15 5G mampu menampilkan berbagai macam konten dengan baik. Gambar juga akan ditampilkan dengan jelas karena panelnya sudah mendukung resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).

3. Baterai Jumbo

Seperti berbagai ponsel di lini Galaxy M, perangkat tersebut hadir dengan dukungan baterai yang mumpuni. Galaxy M15 5G memiliki penyimpanan daya berkapasitas 6.000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga tiga hari.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Samsung, perangkat tersebut bahkan mampu bertahan sampai seharian penuh untuk bermain game Free Fire. Baterainya juga dapat menangani pemutaran musik hingga selama 128 jam atau video selama 25 jam.

Meskipun baterainya berkapasitas sangat besar, pengisian Galaxy M15 5G tidak akan berlangsung lama. Perangkat tersebut dilengkapi dengan teknologi 25W Fast Charging yang dapat mempersingkat durasi waktu mengisi daya.

Teknologi 25W Fast Charging pada Galaxy M15 5G hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi baterai sampai berkapasitas 50 persen. Jadi, perangkat bisa segera digunakan tanpa perlu menunggu lama.

4. Kamera Lengkap

Diperkuat dengan tiga buah lensa, kamera belakang Galaxy M15 5G menawarkan dukungan yang lengkap. Perangkat tersebut mendukung berbagai opsi pengambilan gambar yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Ketiga lensa belakang Galaxy M15 5G di antaranya meliputi lensa 50MP, ultrawide 5MP, dan makro 2MP. Konfigurasi ini dapat menangani pengambilan gambar mulai dari standar, sudut pandang yang lebar, hingga obyek-obyek berukuran kecil.

Untuk melengkapi dukungan fotografinya, Galaxy M15 5G di sisi lain juga mempunyai kamera depan beresolusi 13MP. Sudah cukup untuk menghasilkan foto atau video selfie yang layak dipamerkan di media sosial.

5. Hadirkan Jaringan 5G

Hadirnya jaringan 5G di perangkat tersebut juga menjadi salah satu keunggulan yang tidak boleh dilewatkan. Galaxy M15 5G soalnya tergolong sangat murah untuk sebuah ponsel yang menawarkan koneksi mutakhir ini.

Di sisi lain, Dimensity 6100+ yang digunakan Galaxy M15 5G secara teknis dapat menangani proses unduhan dengan kecepatan transfer data sampai 3,3Gbps. Tiga kali lebih unggul jika dibandingkan dengan teknologi 4G yang paling tinggi.

6. Pembaruan Panjang

Mengikuti jejak perangkat menengah Samsung yang sudah meluncur sebelumnya, Galaxy M15 5G juga membawa dukungan pembaruan yang tergolong panjang. Bakal sangat cocok untuk pengguna yang ingin menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Dalam hal ini, sistem operasi yang digunakan pada Galaxy M15 5G akan diperbarui sampai sebanyak empat kali. Ditambah dengan peningkatan patch keamanan yang akan dilakukan hingga selama lima tahun.

Galaxy M15 5G padahal sudah menggunakan sistem operasi generasi terbaru. Sejak peluncurannya, perangkat kelas menengah ke bawah tersebut berjalan dengan Android 14 yang dibalut antarmuka One UI 6.1.

Kekurangan Samsung Galaxy M15 5G

1. Desain Layar Ketinggalan

Di balik keunggulan layarnya, Galaxy M15 5G sayangnya mempunyai tampilan panel yang lumayan ketinggalan jika dibandingkan dengan sebagian besar perangkat di masa sekarang. Ponsel tersebut masih menggunakan desain khas lini entri Samsung yang disebut Infinity-U.

Samsung dalam hal ini kembali menempatkan modul kamera depan Galaxy M15 5G pada sebuah poni atau notch kecil serupa tetesan air. Sebagian besar perangkat di masa sekarang padahal hadir dengan punch hole yang terlihat lebih modern.

2. Slot Kartu Hibrida

Mendukung pemakaian SIM ganda dan MicroSD, tempat kartu yang disediakan oleh Galaxy M15 5G juga menggunakan slot berjenis hibrida. Ini mengartikan bahwa kita hanya dapat menggunakan dua buah kartu secara bersamaan.

Oleh karena itu, kita nanti harus memilih antara memasang dua nomor secara bersamaan atau mengganti satunya dengan kartu Micro SD untuk memperluas penyimpanan saat menggunakan perangkat tersebut.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar